Tanggal:20 July 2024

Apa Itu Ilmu Filsafat? Berikut Pengertian, Cabang Dan Penggolongannya

Bagi kamu yang awam, pasti akan bertanya-tanya, “apa itu ilmu filsafat?”. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hukumnya.

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Bagi orang-orang yang sudah tidak asing dengan ilmu filsafat ini, umumnya mengatakan bahwa filsafat merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang menarik untuk disimak, dipelajari, serta dikaji. Sebab bukan tanpa alasan, filsafat melahirkan pemikiran-pemikiran tentang berbagai macam hal dengan pendekatan yang lebih dalam dan bermakna.

Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa pemikiran-pemikiran bijak para ahli seperti Socrates, Plato, Immanuel Kant, dan masih banyak lagi. Bahkan pemikiran-pemikiran dasar yang dikemukakan para filsuf zaman dahulu, masih menjadi rujukan dalam melihat berbagai permasalahan di dunia modern ini, lho.

Lantas, sebenarnya apa itu ilmu filsafat? Apa saja cabang-cabang dari ilmu ini? Serta bagaimana penggolongannya? Nah, untuk menjawab semua pertanyaan itu, kami telah merangkumkan semuanya untukmu. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Baca juga: Hubungan Filsafat Fenomenologi dengan Filsafat lainnya dalam Pendekatan Kualitatif

Apa itu Ilmu Filsafat?

Apa Itu Ilmu Filsafat? Sumber: unsplash.com

Istilah ilmu filsafat merupakan bentuk serapan bahasa Arab “falsafah”, serapan bahasa Belanda “folsofie”, dan serapan bahasa Yunani “philosophia” yang dikemukakan Phytagoras, filsuf Yunani pada Abad ke-6 SM. Dalam serapan bahasa Yunani istilah ilmu filsafat terdiri dari dua kata “philos” yang artinya cinta atau sahabat, dan kata “shopia” yang artinya kebijaksanaan, kearifan, dan pengetahuan.

Berdasarkan pengertian para ahlinya, Aristoteles berpendapat bahwa filsafat adalah ilmu (pengetahuan) yang meliputi kebenaran yang terkandung didalamnya ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika. Sementara Socrates menyebutkan bahwa filsafat adalah ilmu yang berupaya untuk memahami hakikat alam dan realitas ada dengan mengandalkan akal budi.

Nah, sebenarnya ada empat hal yang melahirkan filsafat, yakni ketakjuban (keheranan) terhadap alam sekitar, ketidakpuasan atas jawaban mitos terhadap gejala alam, hasrat bertanya manusia untuk mempertanyakan segalanya, serta keraguan terhadap jawaban yang ada seraya ingin memperoleh jawaban yang lebih benar (Rapar, 1995).

Baca juga: Filosofi Stoicism: Kunci Hidup Bahagia

Cabang-Cabang Ilmu Filsafat

Cabang-Cabang Ilmu Filsafat. Sumber: unsplash.com

Cabang-cabang filsafat yang utama di antaranya sebagai berikut.

1. Metafisika Umum (Ontologi)

Metafisika adalah cabang filsafat yang mempelajari hakikat realitas terdalam dari dari segala sesuatu baik yang bersifat fisik maupun non fisik.

2. Epistemologi

Epistemologi merupakan suatu cabang filsafat sistematis yang membahas pengetahuan. Ahli epistemologi mempelajari sumber pengetahuan, termasuk intuisi, argumen a priori, ingatan, pengetahuan perseptual, pengetahuan diri dan kesaksian.

3. Metodologi

Metodologi merupakan cabang filsafat sistematis yang membahas metode. Metode adalah suatu tata cara, teknik, atau jalan yang telah dirancang dan dipakai dalam proses memperoleh pengetahuan jenis apa pun.

4. Logika

Logika adalah cabang filosofi yang membahas penalaran. Penalaran adalah suatu corak pemikiran khas yang dimiliki manusia dari pengetahuan yang ada untuk memperoleh pengetahuan lainnya, terutama sebagai sarana dalam pemecahan suatu masalah.

5. Etika

Etika merupakan satu cabang filsafat sistematis yang membahas moralitas. Moralitas ialah suatu himpunan ide mengenai hal-hal yang baik atau buruk pada perilaku manusia dan hal-hal yang benar atau salah pada tindakan manusia.

6. Estetika

Estetika merupakan cabang ilmu filsafat yang membahas keindahan. Estetika adalah ilmu yang membahas bagaimana keindahan dapat terbentuk, serta bagaimana dapat merasakannnya.

Baca juga: Apa Itu Marxisme? Pengertian, Sejarah, dan Contohnya

Penggolongan Ilmu Filsafat

Penggolongan Ilmu Filsafat. Sumber: unsplash.com

Penggolongan dalam ilmu filsafat ini dapat memudahkan kamu untuk mengenali berbagai kategori isu atau topik yang dilihat dari sudut pandang filsafat. Menurut Driyarkara, penggolongan ilmu filsafat adalah sebagai berikut.

  1. Tentang Keberadaan: Filsafat ilmu yang membahas keberadaan tergolong dalam metafisika atau ontologi. Bagian ini melihatkan pembahasan apakah arti dari keberadaan, apakah kesempurnaan, apakah tujuan, apakah sebab dan akibat, apa yang menjadi dasar terdalam mengenai berbagai macam hal.
  2. Tentang Ketuhanan: Ilmu filsafat yang membahas tentang Ketuhanan termasuk dalam golongan theologia naturalis. Ini merupakan konsekuensi terakhir dari seluruh pandangan filsafat.
  3. Tentang Pengetahuan: Ilmu filsafat yang membahas logika atau cara mempelajari asas atau hukum-hukum yang harus ditaati. Hal ini dilakukan agar manusia dapat berpikir dengan benar dan mencapai kebenaran.
  4. Tentang Manusia: Ilmu filsafat yang membahas tentang manusia disebut dengan antropologi metafisika.
  5. Tentang Dunia Material: Ilmu filsafat yang berhubungan dengan dunia material termasuk dalam golongan kosmologi.
  6. Tentang Kesusilaan: Ilmu filsafat yang membahas tentang kesusilaan termasuk dalam etika atau filsafat moral.

Baca juga: Ikigai: Sebuah Makna tentang Hidup

Nah, demikianlah pembahasan mengenai apa itu ilmu filsafat beserta dengan cabang dan penggolongannya. Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ilmu filsafat adalah upaya untuk pengoptimalan menemukan kebenaran tentang problematis yang ada, melalui pemikiran yang logis dan masuk akal. Bagaimana, tertarik mempelajari ilmu ini?

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *