Site icon Vocasia

Jabatan Apa Saja Yang Ada Di Atas Kapal? Yuk Cari Tahu Agar Menambah Wawasan Kalian Seputar Pelaut

Kalian penasaran nggak sih dengan jabatan apa saja yang ada pada pekerjaan seorang pelaut?

Pada kali ini pembahasan dibawah akan membahas seputar jabatan seorang pelaut dari yang terendah hingga yang tertinggi. Oke langsung saja kita mulai pembahasannya.

Apa itu Pelaut?

Dilansir dari laman Wikipedia. Pelaut adalah orang yang bekerja di atas kapal sebagai bagian dari awaknya, dan dapat bekerja di salah satu dari sejumlah bidang yang berbeda yang terkait dengan operasi dan pemeliharaan kapal.

Hal ini mencakup seluruh orang yang bekerja di atas kapal. Selain itu sering pula disebut dengan Anak Buah Kapal atau ABK. Untuk dapat bekerja di atas kapal, seorang pelaut harus memiliki sertifikat khusus kelautan yang dikeluarkan oleh badan diklat kepelautan.

Profesi pelaut sudah lama ada, dan istilah pelaut memiliki asal-usul etimologis pada saat kapal layar menjadi moda transportasi utama di laut sejak jaman dahulu.

Jabatan Di Atas Kapal

Setiap pelaut atau awak kapal yang sedang bekerja di atas kapal memiliki jabatan tertentu dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing demi kelancaran operasional kapal tersebut.

Awak kapal umumnya dibagi dalam 4 kategori utama, yaitu departemen dek, departemen mesin, departemen stewart, dan departemen lainnya. Tanggung jawab utama terletak di tangan nakhoda selaku pemimpin pelayaran.

1. Departemen Deck

Jabatan perwira di departemen dek termasuk. Tetapi tidak terbatas pada nakhoda, mualim I, mualim II dan mualim III. Klasifikasi resmi untuk anggota yang tidak berijasah pada departemen dek adalah jurumudi dan kelasi.

Awak dek untuk sebuah kapal umumnya meliputi :

2. Departemen Mesin

3. Departemen Stewart

Exit mobile version