Copywriting adalah salah satu cara persuasif untuk memikat hati calon pelanggan. Teknik copywriting yang tepat sangat diperlukan untuk meningkatkan penjualanmu, terlebih saat ini dunia yang hampir serba digital, kamu harus memasarkan dagangan kamu melalui internet atau sosial media.
Hal tersebut yang harus kamu optimalkan adalah headline-nya. Tanpa headline atau judul yang menarik, kamu tidak akan bisa mendapatkan perhatian calon pelanggan. Jika kamu ingin membuat copywriting yang menarik, terlebih dahulu kamu harus memahami dan menentukan 3 hal berikut:
- Siapa target pasarnya?
- Apa keunikan yang dimiliki produk/jasa kamu?
- Apa jenis headline yang cocok untuk media ini?
Misalnya, kamu akan menjual produk skincare jenis serum pencerah wajah.
- Target pasarnya: Rata-rata yang pengguna skincare adalah wanita berusia 17 tahun keatas yang memiliki masalah kulit kusam.
- Produk: Serum pencerah wajah yang mengandung 5% Niacinamide dan salicylid acid, cocok untuk semua jenis kulit
- Media promosi: Instagram
Nah, setelah itu kamu harus menentukan jenis headline seperti apa yang harus dibuat. Berikut 15+ jenis headline copywriting yang harus kamu pahami:
Baca juga: Headline: Pengertian, Fungsi Dan Cara Menulisnya Agar Menarik Dalam Copywriting
1. Benefit Headline
Untuk menggaet pelanggan sebanyak-banyaknya, kamu harus memahami bahwa apa yang diinginkan konsumen adalah keuntungan yang maksimal dengan minimal budget. Contohnya:
- Beli 1 Toner dan dapatkan Diskon serum 30%
- Khusus hari ini, diskon 55%
- FREE ONGKIR SELURUH INDONESIA
- Beli 1 paket skincare dan dapatkan serum GRATIS
2. News Headline
Dengan news headline kamu dapat memberi informasi mengenai produk yang kamu jual, seperti launcing produk, baru, kandungan yang ada dalam produk, event, dll. cotohnya:
- Menurut penelitian dari Dermatolog, kandungan Niacinamide terbukti efektif untuk menghilangkan bekas jerawat
- Telah hadir! Sun screen spray pengunci make-up flawless dengan SPF 50++++
- Tips ampuh menghilangkan wajah beruntusan dalam 3 hari
- Fakta tentang penyebab wajah berjerawat
Baca juga: Ini Lho Contoh Copywriting Untuk Promosi Event Yang Menarik Dan Terbaru!
3. Selective Headline
Headline jenis ini untuk menyasar pada target pasar tertentu
Contohnya:
- Khusus bagi kamu yang ingin percaya diri tanpa wajah kusam.
- Skincare ini cocok untuk remaja berusia 15 tahun.
- Dengan kandungan ABC, serum ini aman bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.
- Beli skincare ga harus mahal, kamu bisa glow up dengan low budget.
4. Curiosity Headline
Headline jenis ini akan membuat calon pelanggan menjadi penasaran, inilah salah satu cara untuk menarik perhatian pelanggan.
Contoh Curiosity Headline
- Cara menghilangkan wajah beruntusan dalam 3 hari.
- Rahasia kulit sehat ala cewek korea
- Mau kulit glowing kaya artis korea? Pakai serum ini!
- Under 50k!! Kulit mulus ala jisoo backpink.
5. Fear Headline
Sesusai dengan namanya, headline jenis ini bertujuan untuk membuat pembaca ketakutan. Sebelum kamu menakut-nakuti mereka, kamu harus tahu apa masalah yang dialami mereka.
Contoh fear headline:
- Wapada!! Sinar UV matahari bisa mengakibatkan kanker kulit.
- Inilah bahayanya sinar matahari kalo kamu ga pakai sunscreen.
- Jangan salah pilih serum!! Inilah bahayannya untuk kulitmu.
- Dampak buruk jika kulitmu kurang terhidrasi
6. Command Headline
Headline jenis ini berfungsi untuk membuat pembaca melakukan tindakan tertentu.
Contonya:
- Yuk, pakai pelembab siang dan malam agar kulitmu terhidrasi
- Pakailah Sunscreen untuk melindungi kamu dari kanker kulit
- Cegahlah penuaan dini dengan Masker ini.
7. Quotation Headline
Headline Jenis ini yang mencantumkan kutipan atau quote sebagai headline untuk menarik perhatian.
- Pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar
- Beauty standard is fake, kalo kamu percaya diri
- Cantik itu ga harus putih
- Orang keren itu dia yang tahu apa passion-nya.
8. Question Headline
Headline jenis ini dibuat dengan menggunakan pertanyaan yang membuat siapapun yang membacanya akan menjawab, meskipun tidak secara lisan. Question headline ini akan membangun awareness, brand, dan kedekatan dengan pembaca.
Contoh Question Headline
- Udah pakai produk ini itu tapi jerawat tetep ga ilang?
- Mau skincare murah tapi aman?
- Apakah kamu sudah percaya diri dengan penampilanmu?
- Sudahkah kamu menemukan passion-mu?
- Lulus kuliah mau langsung dapet kerja?
Baca juga: 5 Cara Jitu Meningkatkan Brand Awareness, Ayo Terapkan Sekarang!
9. Gimmick Headline
Kamu pasti sering mendengar istilah gimmick. Gimmick adalah suatu trik yang berguna untuk perhatian dengan mengelabui lawan. Selain itu, gimmick juga sangat berguna untuk headline copywriting. Kamu bisa menggunakan permainan kata yang bersifat mengulangi bunyi, membuat orang terkejut, tipuan, maupun judul yang terkesan berlebihan. Hal ini yang mampu membuat pembaca tertarik pada copywriting-mu.
Contoh gimmick headline
- Muka Glowing dengan low budget!
- Nulis Copywriting anti pusing!
- SELAMAT KAMU BERUNTUNG!!
10. Claim Headline
Headline jenis ini, seolah-olah mengaku dan menyatakan sesuatu secara sepihak. Headline ini biasanya menggunakan kata-kata superlatif. Sebelum kamu menggunakan headline ini pastikan kamu punya fakta dan data untuk memperkuat headline kamu.
Contoh claim headline:
- 6 bulan belajar Data Science langsung dapat kerja.
- Bootcamp Digital Marketing termurah dan menjanjikan.
- Moisturizer Best seller No. 1 di indonesia
- Serum ini mapu menghilangkan bekas jerawat dalam seminggu
11. Treasure Headline
Headline ini bertujuan untuk menantang para pembaca untuk membuktikan kebenaran atas iklan yang ditampilkan.
Contohnya:
- Kamu yakin lulus kuliah langsung dapet kerja?
- Sanggupkah kamu melakukan career switching tanpa upgrade skill?
- Buktikan kamu bisa berkarir di dunia digital dengan mengikuti bootcamp ini!
12. You & I Headline
Sesuai namanya, Kamu dan Saya, headline yang satu ini digunakan agar seakan-akan kamu berbicara langsung dengan pembaca.
Contonya:
- Akhirnya saya bisa menghilangkan jerawat meradang pada wajah selama sebulan
- Mau tau gimana saya jadi data analyst cuma belajar selama 3 bulan?
- Inilah strategi saya dalam menghadapi career switching
13. Brand Name Headline
Headline jenis ini akan sangat cocok digunakan untuk merk yang sudah terkenal. Dengan begitu secara mudah orang-orang akan mengenali produk atau jasa yang ditampilkan pada iklan merupakan besutan dari perusahaan apa.
Contohnya:
- Nantikan Iphone 15 pro terbaru dari apple
- Keren!! Koleksi tas elegan terbaru dari Dior
- Inovasi terbaru! Wardah membuat Foundation anti luntur
- Dijamin nagih, Wafer keju dengan baluran saus coklat belgia dari Tango
14. Confrontational Headline
Headline ini bersisi kata-kata atau kalimat yang kontroversial atau yang berlawanan dengan mayoritas. Headline ini menarik orang untuk membaca dan melihat apakah artikel tersebut bisa mengubah atau justru memaksakan pendapat mereka yang sudah ada.
15. Direct Headline
Headline ini biasanya menyatakan tujuan dari sebuah artikel secara jelas. Jadi, pembaca langsung mengetahui isi atau maksud dari artikel tersebut dari judulnya. Dalam headline ini, biasanya menggunakan kata-kata langsung tanpa bertele-tele.
16. Non-Direct Headline
Kata-kata yang digunakan pada headline ini menggunakan bahasa atau pendekatan secara halus yang mengisyaratkan poin utama dalam keseluruhan artikel. Jadi, tidak langsung menggunakan kata kunci yang menjadi poin utama dalam artikel. Melainkan, mencoba membuat pembaca merasa penasaran sehingga tertarik untuk membacanya sampai akhir.
17. Testimonial Headline
ulasan dari pelanggan secara jujur dan objektif terkait produk/layanan yang kamu tawarkan. Biasanya, judul yang satu ini lebih mudah dipercaya oleh audiens karena berisi pernyataan yang lebih jujur dibanding kata-kata pada iklan.
Baca juga: 8 Rekomendasi Buku Copywriting Terbaik Untuk Pemula
Nah, itu dia 15+ jenis headline yang perlu kamu pahami. Apabila tulisan diatas kurang mencukupi untuk kamu pelajari, Vocasia menghadirkan kursus copywriting terbaik, cocok bagi kamu seorang pemula dan juga bagi yang ingin mendalaminya. Ayo tingkatkan skill copywriting-mu dengan klik tautan berikut.