Site icon Vocasia

15+ Jenis Headline Beserta Penjelasan dan Contohnya Lengkap!

Top view image of pencil and yellow notepaper with text COPYWRITING. Business and marketing concept.

Copywriting adalah salah satu cara persuasif untuk memikat hati calon pelanggan. Teknik copywriting yang tepat sangat diperlukan untuk meningkatkan penjualanmu, terlebih saat ini dunia yang hampir serba digital, kamu harus memasarkan dagangan kamu melalui internet atau sosial media.

Hal tersebut yang harus kamu optimalkan adalah headline-nya. Tanpa headline atau judul yang menarik, kamu tidak akan bisa mendapatkan perhatian calon pelanggan. Jika kamu ingin membuat copywriting yang menarik, terlebih dahulu kamu harus memahami dan menentukan 3 hal berikut:

  1. Siapa target pasarnya?
  2. Apa keunikan yang dimiliki produk/jasa kamu?
  3. Apa jenis headline yang cocok untuk media ini?

Misalnya, kamu akan menjual produk skincare jenis serum pencerah wajah.

Nah, setelah itu kamu harus menentukan jenis headline seperti apa yang harus dibuat. Berikut 15+ jenis headline copywriting yang harus kamu pahami:

Baca juga: Headline: Pengertian, Fungsi Dan Cara Menulisnya Agar Menarik Dalam Copywriting

Pixabay

1. Benefit Headline

Untuk menggaet pelanggan sebanyak-banyaknya, kamu harus memahami bahwa apa yang diinginkan konsumen adalah keuntungan yang maksimal dengan minimal budget. Contohnya:

2. News Headline

Dengan news headline kamu dapat memberi informasi mengenai produk yang kamu jual, seperti launcing produk, baru, kandungan yang ada dalam produk, event, dll. cotohnya:

Baca juga: Ini Lho Contoh Copywriting Untuk Promosi Event Yang Menarik Dan Terbaru!

3. Selective Headline

Headline jenis ini untuk menyasar pada target pasar tertentu

Contohnya:

4. Curiosity Headline

Headline jenis ini akan membuat calon pelanggan menjadi penasaran, inilah salah satu cara untuk menarik perhatian pelanggan.

Contoh Curiosity Headline

5. Fear Headline

Sesusai dengan namanya, headline jenis ini bertujuan untuk membuat pembaca ketakutan. Sebelum kamu menakut-nakuti mereka, kamu harus tahu apa masalah yang dialami mereka.

Contoh fear headline:

6. Command Headline

Headline jenis ini berfungsi untuk membuat pembaca melakukan tindakan tertentu.

Contonya:

7. Quotation Headline

Headline Jenis ini yang mencantumkan kutipan atau quote sebagai headline untuk menarik perhatian.

8. Question Headline

Headline jenis ini dibuat dengan menggunakan pertanyaan yang membuat siapapun yang membacanya akan menjawab, meskipun tidak secara lisan. Question headline ini akan membangun awareness, brand, dan kedekatan dengan pembaca.

Contoh Question Headline

Baca juga: 5 Cara Jitu Meningkatkan Brand Awareness, Ayo Terapkan Sekarang!

9. Gimmick Headline

Kamu pasti sering mendengar istilah gimmick. Gimmick adalah suatu trik yang berguna untuk perhatian dengan mengelabui lawan. Selain itu, gimmick juga sangat berguna untuk headline copywriting. Kamu bisa menggunakan permainan kata yang bersifat mengulangi bunyi, membuat orang terkejut, tipuan, maupun judul yang terkesan berlebihan. Hal ini yang mampu membuat pembaca tertarik pada copywriting-mu.

Contoh gimmick headline

10. Claim Headline

Headline jenis ini, seolah-olah mengaku dan menyatakan sesuatu secara sepihak. Headline ini biasanya menggunakan kata-kata superlatif. Sebelum kamu menggunakan headline ini pastikan kamu punya fakta dan data untuk memperkuat headline kamu.

Contoh claim headline:

11. Treasure Headline

Headline ini bertujuan untuk menantang para pembaca untuk membuktikan kebenaran atas iklan yang ditampilkan.

Contohnya:

12. You & I Headline

Sesuai namanya, Kamu dan Saya, headline yang satu ini digunakan agar seakan-akan kamu berbicara langsung dengan pembaca.

Contonya:

13. Brand Name Headline

Headline jenis ini akan sangat cocok digunakan untuk merk yang sudah terkenal. Dengan begitu secara mudah orang-orang akan mengenali produk atau jasa yang ditampilkan pada iklan merupakan besutan dari perusahaan apa.

Contohnya:

14. Confrontational Headline

Headline ini bersisi kata-kata atau kalimat yang kontroversial atau yang berlawanan dengan mayoritas. Headline ini menarik orang untuk membaca dan melihat apakah artikel tersebut bisa mengubah atau justru memaksakan pendapat mereka yang sudah ada.

15. Direct Headline

Headline ini biasanya menyatakan tujuan dari sebuah artikel secara jelas. Jadi, pembaca langsung mengetahui isi atau maksud dari artikel tersebut dari judulnya. Dalam headline ini, biasanya menggunakan kata-kata langsung tanpa bertele-tele.

16. Non-Direct Headline

Kata-kata yang digunakan pada headline ini menggunakan bahasa atau pendekatan secara halus yang mengisyaratkan poin utama dalam keseluruhan artikel. Jadi, tidak langsung menggunakan kata kunci yang menjadi poin utama dalam artikel. Melainkan, mencoba membuat pembaca merasa penasaran sehingga tertarik untuk membacanya sampai akhir.

17. Testimonial Headline

ulasan dari pelanggan secara jujur dan objektif terkait produk/layanan yang kamu tawarkan. Biasanya, judul yang satu ini lebih mudah dipercaya oleh audiens karena berisi pernyataan yang lebih jujur dibanding kata-kata pada iklan.

Baca juga: 8 Rekomendasi Buku Copywriting Terbaik Untuk Pemula

Nah, itu dia 15+ jenis headline yang perlu kamu pahami. Apabila tulisan diatas kurang mencukupi untuk kamu pelajari, Vocasia menghadirkan kursus copywriting terbaik, cocok bagi kamu seorang pemula dan juga bagi yang ingin mendalaminya. Ayo tingkatkan skill copywriting-mu dengan klik tautan berikut.

Exit mobile version