Tanggal:19 April 2024
jenis kurma

10 Jenis-jenis Kurma beserta Manfaatnya

Saat Ramadan, umat muslim disarankan untuk memakan buah kurma sebagai kudapan pembuka saat berbuka. Bukan tanpa alasan, hal itu karena buah kurma memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Namun di balik manfaatnya itu, ternyata jenis kurma pun cukup beragam, lho.

Setiap jenis kurma memiliki ciri khas dan khasiatnya masing-masing. Lantas, apa saja ya? Vocasia sudah merangkumnya untukmu. Simak, yuk!

Baca juga | Yuk, Simak Manfaat Kurma bagi Kesehatan!

Deretan Jenis Kurma Terbaik

Tahukah kamu bahwa di dunia ini ternyata ada sekitar 3.000 jenis kurma? Namun menurut Food and Agriculture Organization (FAO), dari jumlah tersebut hanya 200-400 jenis kurma yang bisa dikonsumsi.

Sedangkan di Indonesia sendiri, jenis kurma yang dapat beredar di pasaran cukup beragam. Setidaknya ada sepuluh jenis kurma di Indonesia. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Kurma ajwa

source: tagar.id

Kurma ajwa merupakan jenis kurma yang sering dikonsumsi Nabi Muhammad SAW. Sehingga, ia sering kali disebut sebagai kurma nabi. Ia memiliki rasa yang mirip dengan kismis dan tidak terlalu manis.

Jenis kurma ini memiliki tekstur yang lembut dan kering. Salah satu manfaatnya adalah sebagai anti inflamasi yang bisa mencegah kerusakan sel. Selain itu, ia juga memiliki kandungan antioksidan untuk mencegah radikal bebas seiring dengan tingginya kandungan glikosida dan flavonoid yang dimiliki. Kurma yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak ini juga memiliki kandungan gula yang bersifat monosakarida sehingga aman dikonsumsi oleh orang dengan diabetes tipe-2.

2. Kurma medjool

source: ramadantempo

Kurma medjool memiliki ukuran yang besar dan harga yang cenderung lebih mahal. Jenis ini berwarna cokelat gelap kehitaman dan teksturnya lunak jika disentuh.  Saat dikeringkan, kadar gulanya meningkat dan mempengaruhi tingkat kemanisan yang dihasilkan. Bagian luar kurma medjool terlihat seperti ‘berdebu’, tetapi itu sebenarnya adalah gula alami yang dikeluarkan oleh buah tersebut.

Kurma ini mengandung serat yang tinggi sekaligus berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin B6, tembaga, zat besi, kalium, dan magnesium. Dengan kandungannya itu, ia memiliki beberapa khasiat seperti menjaga kesehatan jantung, membantu melancarkan pencernaan, dan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Baca juga | 6 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

3. Kurma sukkari

jenis kurma

source: detiktravel

Kurma sukkari ini bertekstur sangat lembut sehingga langsung meleleh di mulut saat digigit. Tidak mengherankan, kurma sukkari merupakan salah satu jenis kurma yang paling digemari. Rasanya pun lebih manis dari kurma kebanyakan.

Kurma sukkari memiliki warna cokelat keemasan dengan kulit yang layu. Di dalamnya terkandung serat, vitamin, dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh. Harganya juga lebih terjangkau dibandingkan macam-macam kurma lainnya.

4. Kurma khalas

jenis kurma

source: bangkapos

Kurma khalas memiliki tekstur yang sangat lembut dan cenderung lengket. Kurma yang berukuran tidak terlalu besar ini memiliki warna yang cenderung cokelat kemerahan. Untuk rasanya, ia cukup manis. Apalagi jika sudah matang, rasa manisnya bisa seperti karamel. Kurma khalas ini juga memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan, di antaranya baik untuk pencernaan, memiliki antioksidan dan vitamin A, serta memiliki kandungan zat besi yang baik bagi orang-orang dengan riwayat darah rendah. Di Timur Tengah dan Afrika Utara, kurma Khalas ini biasa dikonsumsi sehari-hari, lho.

5. Kurma barhi

jenis kurma

source: tokopedia

Kurma berhee atau biasa disebut barhi merupakan kurma yang berasal dari Timur Tengah dan Afrika Utara. Bentuk kurma barhi lebih kecil dan memiliki tekstur yang renyah dengan lapisan kulitnya yang tipis. Daging kurma barhi juga terasa lembut.

Kandungan nutrisi kurma barhi hampir sama dengan jenis kurma lain yaitu kaya akan serat, zat besi, kalium, vitamin B, flavonoid, dan antioksidan. Antioksidan dalam kurma barhi yaitu flavonoid yang bermanfaat mengurangi risiko diabetes, Alzheimer, serta kanker. Selain itu, kurma barhi ini berguna dalam mengontrol gula darah karena adanya pemanis alami.

6. Kurma bam

jenis kurma

source: bukalapak

Kurma bam ini sering disebut juga sebagai kurma anggur atau kurma madu. Bila dilihat sekilas, kurma jenis ini mirip dengan kurma ajwa, tetapi bentuknya lebih besar, memiliki tekstur yang lebih lembut, dan rasa lebih manis. Kurma yang banyak tumbuh di Iran ini juga memiliki khasiat bagi kesehatan, yaitu untuk meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi tekanan darah, dan memiliki kandungan mineral dan lemak baik bagi tubuh.

7. Kurma safawi

jenis kurma

source: lazada

Kurma safawi ini memiliki tekstur kulit luar yang kering dan keriput. Tapi, setelah digigit dagingnya tebal, legit, dan kenyal. Rasanya juga cukup manis. Manfaat kesehatan yang terkandung dalam kurma safawi yaitu mengandung mineral yang tinggi dan beragam vitamin. Bahkan, kurma ini bisa dijadikan sebagai obat alami untuk yang cacingan. Selain itu, kandungan seratnya juga tinggi dan memiliki kadar vitamin A dan B yang tinggi sehingga baik untuk mata, rambut, dan kulit.

8. Kurma anbara

Selanjutnya adalah kurma anbara yang tak kalah berkhasiat bagi kesehatan. Kurma yang berasal dari Arab Saudi ini memiliki tekstur bagian luar yang kering dan bagian dalam yang lembut. Kurma jenis ini termasuk jarang ditemukan di Indonesia jika dibandingkan dengan kurma ajwa, medjool, dan sukari.

9. Kurma khudri

jenis kurma

source: shopee

Kurma khudri tampak keriput pada lapisan kulit luarnya. Ia memiliki warna cokelat gelap hingga hitam dan rasanya cukup manis. Ukuran kurma ini bervariasi, mulai dari kecil hingga besar. Kurma khudri dipercaya tetap segar untuk waktu yang lama dan harganya lebih terjangkau. Beberapa kandungan nutrisi di dalamnya adalah zat besi, kalium, magnesium, asam folat, dan vitamin.

10. Kurma muda

jenis kurma

source: hellosehat

Sesuai dengan namanya, kurma muda memang dijual ketika belum matang. Kurma ini memiliki warna kuning gading dan memiliki tekstur agak keras. Kurma muda biasanya dimanfaatkan untuk obat kesuburan wanita dan cocok untuk dikonsumsi wanita yang sedang melakukan program hamil.

Itu dia beberapa jenis kurma serta manfaatnya. Mana jenis kurma favoritmu? Komen di bawah, ya!

Baca juga | 10 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *