Tanggal:21 July 2024

Ingin Bekerja di Startup? Kenali, 8 Pekerjaan yang Paling Dicari

Fenomena perkembangan startup di Indonesia sangat booming dan sudah mulai dilirik oleh beberapa pihak. Startup merupakan perusahaan berbasis teknologi informasi yang biasanya menyediakan jasa atau produk secara online maupun offline.

Oleh karena itu, banyak kaum milenial yang ingin bekerja di perusahaan startup. Pastinya, perusahaan membutuhkan karyawan dengan potensi dan prestasi yang baik. Jenis pekerjaan di startup beragam yang nantinya akan dibagi menjadi beberapa tim.

Tim yang kuat dan bekerja sama harus dimiliki oleh perusahaan startup, demi tercapainya tujuan perusahaan. Tentunya, setiap karyawan pada jenis pekerjaan di startup wajib memiliki kualitas utama yaitu, jujur, berani dan pandai berkomunikasi.

Baca Juga : Tips Membuat Bisnis Start Up

Lantas, jenis pekerjaan apa saja sih yang banyak di cari pada perusahaan ini? Nah, Vocasia akan memberikan informasinya untuk kamu. Disimak, ya!

8 Pekerjaan yang di Butuhkan Perusahaan Startup

1. Digital Marketing

Ilustrasi profesi digital marketing (Pixebay)

Pesatnya perkembangan teknologi sangat mempengaruhi berbagai hal dalam dunia bisnis termasuk sistem pemasaran. Digital marketing atau pemasaran berbasis teknologi berfokus pada promosi produk melalui media digital. Tujuan utama dari digital marketing adalah untuk menarik calon pelanggan dengan cepat, misalnya melalui teknik SEO (search engine optimization) atau iklan online melalui media sosial. Selain itu, dalam digital marketing, keterampilan lainnya yang diperlukan antara lain menggunakan media digital, membuat content marketing, email marketing, website optimasi dan sebagainya.

Baca Juga : Skill Yang Harus Dimiliki Digital Marketing

2. Data Analyst

Ilustrasi profesi data analyst (Pixebay)

Saat memulai bisnis, wajar jika para startup selalu mencari jenis pekerjaan ini. Analis data memainkan peran penting. Dimulai dengan pengumpulan, analisis, dan visualisasi data bisnis yang pada akhirnya membantu bisnis membuat keputusan. Posisi ini membutuhkan keterampilan seperti memahami bahasa pemrograman, matematika, analisis data dan interpretasi.

Baca Juga : Skill Data Analyst

3. Product Manager

Ilustrasi product manager (Pexels)

Product Manager adalah salah satu profesi yang paling banyak dicari di startup. Posisi Product Manager mirip dengan CEO mini dalam produk yang mereka produksi. Pekerjaan ini adalah otak atau pelaksana berbagai produk bisnis, terutama jika produk tersebut berupa teknologi. Setidaknya keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang manajer produk adalah pengodean, analisis, dan memiliki keterampilan kepemimpinan.

Baca Juga : Job Desk Manager

4. Business Development

Ilustrasi profesi business development (Pexels)

Selain membutuhkan seseorang di bidang profesional terkait teknologi, startup juga membutuhkan orang untuk pengembangan bisnis. Business development akan menganalisis strategi bisnis dan menghubungkan pelanggan, relasi, dan pasar. Keterampilan yang dibutuhkan untuk seorang business development ialah termasuk senang membangun hubungan dan memiliki keterampilan komunikasi dan negosiasi yang baik. Seiring mengembangkan bisnisnya, startup mencari kualifikasi untuk pekerja yang fleksibel dan berpikiran terbuka sebagai seorang business development.

Baca Juga : Job Desk Business Development

5. UI/UX Designer

Ilustrasi profesi ui/ux designer (Pixebay)

Saat ini prospek karier seorang desainer UI/UX sangat bagus. Hal itu karena banyak perusahaan yang membutuhkannya, terutama startup. Seorang desainer UI (User Interface) bertanggung jawab untuk membuat visualisasi dalam sebuah software, website, atau aplikasi yang berfokus pada desainnya. Saat bekerja harus mengutamakan estetika agar tampilan, aplikasi atau software tersebut tampil menarik, unik dan menarik. Sementara itu, desainer UX (user experience) memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kepuasan pengguna saat mengakses situs web, perangkat lunak, atau aplikasi.

Baca Juga : Skill UI UX Designer

6. Human Resource Development

Ilustrasi profesi human resource development (Pixebay)

Tidak kalah pentingnya dengan profesi lain yakni HRD. Tugas HRD adalah  membantu startup untuk mengoptimalkan rekrutmen karyawan baru yang paling kompeten. Hubunganmu dengan perusahaan dan perkembanganmu sebagai karyawan adalah tanggung jawab HRD.

Baca Juga : Perbedaan Personalia dan HRD

7. Software Engineer

Ilustrasi profesi software engineer (Pixebay)

Software engineer adalah salah satu pekerjaan yang paling dicari di startup. Seiring dengan banyaknya startup yang saat ini bergerak di bidang teknologi, kebutuhan akan profesi ini semakin meningkat. Untuk menjadi seorang software engineer, kamu memerlukan setidaknya keterampilan teknis berupa bahasa pemrograman seperti Ruby, Python, JAVA. Kemudian, kamu juga harus menguasai keterampilan untuk debugging perangkat lunak, pengujian perangkat lunak, penguasaan algoritma database.

Baca Juga : Tugas dan Tanggung Jawab Software Engineer

8. Sales

Ilustrasi profesi sales (Paxels)

Hampir semua startup bergerak dalam bidang penjualan produk yang dimiliki. Namun, masih sedikit startup yang memiliki sales yang andal. Beberapa startup belum menemukan karyawan yang memiliki pengalaman pemasaran. Ada banyak startup yang mencari calon karyawan yang memiliki skill seperti sales. Untuk berkarier menjadi sales, dibutuhkan skill seperti product understanding, presentation skill, hingga fokus pada target yang ditetapkan.

Baca Juga : Cara Sukses Menjadi Sales

Itu dia informasinya! Dari beberapa jenis pekerjaan tersebut, posisi mana nih yang sangat ingin kamu coba? Jangan sampai salah pilih, ya. Kenyamanan kerja sangat mempengaruhi hasil akhir, loh. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk baca artikel informatif lainnya, ya!

Baca Juga : Cara Kerja di Luar Negeri

 

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *