Tanggal:29 March 2024
jenis sistem operasi

7 Jenis Sistem Operasi yang Biasa Dipakai di Komputer

Saat ini, dua jenis sistem operasi yang populer digunakan, yaitu Windows dan MacOS. Keduanya merupakan sistem operasi bawaan laptop atau komputer sehingga memiliki jumlah pengguna yang banyak. Padahal, sebenarnya ada lagi beberapa jenis sistem operasi lainnya yang perlu kamu tahu, lho!

Sistem operasi sendiri merupakan perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari software dan hardware, serta sebagai daemon untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, kamu tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputermu, kecuali program booting.

Baca juga | Yuk Ketahui Perbedaan Software dan Hardware

Lantas, apa saja sih sistem operasi yang paling populer dan biasa dipakai oleh pengguna di seluruh penjuru dunia? Yuk, simak pemaparan Vocasia berikut ini!

Jenis Sistem Operasi Paling Populer

Adapun jenis-jenis operating system yang biasa digunakan di perangkat komputer:

1. Windows

source: merdeka

Microsoft Windows atau Windows adalah sistem operasi yang merajai perangkat lunak komputer yang ada di seluruh dunia. Windows sendiri merupakan sistem operasi ciptaan Microsoft yang berbasis pada pengguna grafik antarmuka (graphical user interface).

Sejak pertama peluncurannya, Windows memang cukup populer karena aplikasi grafis buatan Microsoft seperti Microsoft Excel dan Microsoft Word. Sampai saat ini, Microsoft memang telah mengeluarkan beberapa versi terbaru dari Windows yang lebih lengkap dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna personal komputer.

2. MacOS

jenis sistem operasi

source: wikipedia

MacOS adalah sistem operasi besutan Apple. Layaknya produk Apple lainnya, MacOS menyuguhkan tampilan interface yang sangat simpel dan mudah dipahami. Sistem operasi ini dapat digunakan di semua perangkat keluaran Apple. Menariknya, semua terkoneksi dalam satu Apple ID yang sama.

Sebagai contoh, jika ada seseorang menelepon ke iPhone-mu, kamu bisa mengangkatnya melalui Macbook. Dengan segala kecanggihan yang ditawarkan Apple, tak heran jika banyak orang memilih untuk menggunakan MacOS.

3. Linux

source: forbes

Selain Windows dan MacOS, salah satu jenis sistem operasi yang populer adalah Linux. Linux pertama kali diperkenalkan oleh seorang programmer bernama Linus Torvalds pada 1991. Sistem operasi ini menjadi salah satu sistem operasi favorit para programmer. Jadi, tak heran jika Linux banyak digunakan di server korporasi, sains, dan sistem komputer cloud, seperti ditulis oleh Chron.

Tak hanya itu itu, Linux juga bersifat open source yang berarti pengguna dapat memodifikasi dan mendistribusikannya secara bebas tanpa memerlukan lisensi. Dengan sistem open source tersebut, Linux bisa berkembang dengan sangat pesat karena dikembangkan oleh banyak orang.

Baca juga | 10 Perintah Dasar Linux yang Harus Diketahui Setiap Pengguna

4. Unix

jenis sistem operasi

source: hypertextual

Unix merupakan salah satu jenis sistem operasi yang sudah ada sejak lama. Biasanya, Unix digunakan sebuah komputer mini sebagai server jaringan. Hal itu karena Unix ringan dan sangat membantu dalam proses pemindahan kerja dari komputer satu ke komputer yang lain.

Salah satu kelebihan Unix adalah dapat digunakan lebih dari satu pengguna dalam waktu yang bersamaan (multiuser). Selain itu, sistem file dalam Unix juga bersifat hirarkial yang akan memudahkanmu dalam mengakses data. Sayangnya, Unix belum kompatibel untuk semua hardware.

5. MS-DOS

source: winsource

MS-DOS adalah pendahulu Microsoft Windows yang kita kenal saat ini. DOS merupakan awal mula metode sistem operasi komputer yang digunakan oleh IBM. Ssitem operasi ini sudah ada sejak beberapa dekade yang lalu dan mengalami masa kejayaannya pada tahun 1980-an.

Salah satu kelebihan DOS adalah memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar. Selain itu, DOS juga bisa digunakan di berbagai perangkat. Akan tetapi, DOS mengharuskan penggunanya melakukan perintah dalam bentuk teks sehingga pengguna perlu mengingat berbagai format perintah yang ada.

Kekurangan DOS lainnya yaitu belum mendukung aplikasi atau software grafis. Tampilannya juga masih hitam putih dan tidak bisa menampilkan gambar. Dengan berbagai kekurangannya tersebut, kini DOS kalah dari sistem operasi lainnya yang lebih canggih.

6. Chrome OS

jenis sistem operasi

source: kumparan

Chrome OS adalah salah satu jenis sistem operasi yang paling baru. Pasalnya, Google merilis sistem operasi ini pada Juni 2011. Chrome OS berbasis Linux hanya dapat digunakan di perangkat tertentu, seperti Chromebook.

Chrome OS mengusung tampilan yang minimalis. Selain itu, awalnya Chrome OS juga hanya bisa menjalankan beberapa aplikasi sederhana. Namun seiring berjalannya waktu, kini Chrome OS dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi Android. Sistem operasi ini terbilang cocok untuk keperluan personal dan bisnis.

Baca juga | 7 Produk Google dan Fungsinya

7. Android

source: unsplash

Meski Android lebih sering dikaitkan dengan teknologi smartphone, sistem operasi yang fleksibel ini juga ditemukan pada tablet convertible. Hasilnya, ketika kamu mengenakan keyboard dan mouse tambahan, tablet tersebut dapat dikategorikan sebagai sistem komputer berbasis Android.

Kelebihan dari sistem Android adalah sifatnya yang open source. Ia mendukung widget dari pihak ketiga dan efektif untuk keperluan multitasking.

Itu dia 7 jenis sistem operasi yang biasa digunakan di perangkat komputer. Ternyata sistem operasi tak hanya Windows dan Mac OS saja, ya? Semoga bermanfaat!

Baca juga | 7 Tips Membeli Laptop Baru

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *