Tanggal:22 July 2024
keuntungan kartu kredit

Wajib Tahu! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit

Tak dapat dipungkiri, kartu kredit masih menjadi salah satu pilihan masyarakat karena segudang manfaat dan kelebihan yang ditawarkan. Kehadiran kartu kredit juga memudahkan pemiliknya untuk bertransaksi, baik secara online ataupun offline. Akan tetapi, kamu juga perlu bijak dan hati-hati saat menggunakan kartu kredit agar ia tidak menjadi beban finansial di kemudian hari.

keuntungan kartu kredit

source: freepik

Berdasarkan data Bank Indonesia, sebenarnya pertumbuhan penggunaan kartu kredit di Indonesia mengalami perlambatan sejak 2015. Hingga akhir 2018, terdapat 17,28 juta keping kartu kredit yang beredar. Angka ini hanya naik 0,2 persen dari tahun sebelumnya. Salah satu penyebabnya adalah perkembangan teknologi pembayaran digital atau fintech.

Nah, bagi kamu yang berencana mengajukan penggunaan kartu kredit ke bank, kamu perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kartu kredit. Yuk, cari tahu selengkapnya pada artikel berikut!

Baca juga | Daftar Perusahaan Fintech yang Terdaftar di OJK

Kelebihan Kartu Kredit

keuntungan kartu kredit

source: freepik

1. Bisa bayar belakangan

Keuntungan pertama dari kartu kredit adalah memungkinkanmu untuk membeli sesuatu meski sedang tidak memiliki uang cash, terutama jika kamu membutuhkannya segera. Kamu bisa membayar tagihan kartu kredit pada akhir periode yang telah ditentukan. Usahakan untuk membayarnya tepat waktu agar reputasi rekeningmu tetap aman, ya.

Baca Juga | Ini Dia 7 Metode Pembayaran Online Paling Populer Di Indonesia

2. Poin reward

Ada banyak kartu kredit yang memberikan poin reward bagi nasabahnya. Poin-poin ini didapatkan setiap nasabah melakukan transaksi dengan kartu kredit. Selain itu, banyak pula kartu kredit yang memberikan promo lainnya, seperti cashback dan diskon.

Promo ini sering terjadi saat membeli tiket pesawat dan hotel menggunakan kartu kredit. Kalau kamu mampu memanfaatkannya dengan baik, kartu kredit akan memberikan keuntungan yang cukup besar untukmu.

Baca Juga | Giveaway: Pengertian, Jenis, Dampak, Cara Membuat, Dan Contohnya

3. Terjamin aman

Keuntungan lain dari kartu kredit adalah adanya sistem keamanan yang terjamin. Apabila kamu kehilangan kartu kredit, perusahaan kartu kredit dapat menahan transaksi yang kemungkinan dilakukan oleh orang lain dengan kartu kreditmu. Perusahaan kartu kredit juga dapat memberitahumu jika ada transaksi mencurigakan dari kartu kreditmu.

Baca Juga | Daftar Perusahaan Fintech Yang Terdaftar Di OJK

4. Sarana membangun reputasi

Kamu mungkin membutuhkan lebih dari satu kartu kredit. Untuk itu, kamu bisa membangun reputasi yang baik dengan membayar kredit sesuai jatuh tempo yang seharusnya.

Dilansir dari Forbes, perusahaan kartu kredit biasanya memberikan info ke agen pelaporan kredit jika kamu ingin membuat kartu kredit baru. Informasi yang diberikan salah satunya adalah tentang kedisiplinanmu membayar kredit. Apabila kamu memiliki reputasi yang baik, besar kemungkinan kamu diizinkan untuk membuat kartu kredit yang lain.

Baca Juga | 7 Cara Mudah Membangun Brand Sendiri, Dijamin Berhasil!

Kekurangan Kartu Kredit

keuntungan kartu kredit

source: freepik

Kartu kredit bagaikan pisau bermata dua karena selain memiliki segudang manfaat, kartu kredit juga tak terlepas dari sisi negatif dan kerugian. Hal itu akan terjadi bila kartu kredit digunakan secara serampangan tanpa perhitungan yang matang.

Berikut kekurangan kartu kredit yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menggunakannya:

Baca Juga | Dijamin OJK, 7 Aplikasi Dompet Digital Teraman

1. Banyak iuran tambahan

Saat menggunakan kartu kredit, ada beberapa jenis iuran yang harus kamu bayarkan kepada perusahaan. Biaya-biaya ini jumlahnya bisa lebih besar daripada menggunakan layanan peminjaman uang lainnya.

Beberapa iuran di antaranya yaitu, annual percentage rate atau presentase bunga tahunan (APR), biaya layanan, dan penalti yang harus kamu bayarkan bila terlambat membayar pinjaman. Bahayanya, kalau kamu tidak mampu membayarnya, utangmu akan terus bertambah dan menjadi beban di kemudian hari.

Baca Juga | Penjelasan Lengkap Jenis-Jenis Pajak Yang Berlaku Di Indonesia

2. Berkaitan dengan skor kredit

Skor kredit adalah hal yang dapat menentukan apakah pengajuan peminjamanmu diterima atau ditolak. Kalau kamu memiliki skor kredit yang baik, kamu berkesempatan membuka kartu kredit lain dan melakukan pinjaman.

Penggunaan kartu kredit berkaitan erat dengan skor kredit. Setiap nasabah yang telat membayar, maka skor kredit akan turun. Skor kredit yang rendah bisa menjadi masalah ketika kamu sedang sangat membutuhkan sesuatu, tetapi kamu tidak bisa membayarnya dengan kartu kredit.

Baca Juga | Apa Itu Unique Selling Point (USP)?

3. Kecanduan untuk berutang

Kartu kredit memang memudahkanmu untuk membeli atau membayar sesuatu. Tapi, hal ini memungkinkan kamu merasa nyaman untuk berutang. Ia dapat membuatmu sulit mengontrol diri untuk membayar atau membeli sesuatu tanpa uang cash pada saat itu. Banyak pengguna kartu kredit terjebak dalam masalah ini.

Untuk itu, jika benar-benar ingin memanfaatkan kartu kredit dengan baik, kamu harus ketat mengontrol dirimu dalam mengelola keuangan.

Baca Juga | 6 Hal Penting Dalam Mengelola Keuangan UMKM Dengan Sederhana

4. Bisa menjadi konsumtif

source: freepik

Selain dapat membuat seseorang ketagihan untuk berutang, kartu kredit juga dapat menimbulkan hasrat untuk konsumtif. Pasalnya, kartu kredit memiliki banyak promo diskon, cashback, dan penawaran menarik pada saat transaksi. Ini bisa membuat hasrat penggunanya untuk berbelanja semakin besar dan bisa menjebak penggunanya menjadi konsumtif.

Baca juga | Hedonisme: Pengertian, Ciri, dan Tips Menghindarinya

Itu dia kelebihan dan kekurangan penggunaan kartu kredit yang perlu kamu pertimbangkan. Apabila kamu sudah stabil secara finansial, kartu kredit bisa menjadi opsi yang baik untuk mengelola management financial-mu. Yang terpenting, kamu harus bijak dan berani bertanggung jawab dalam menggunakan kartu kredit.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga | Tugas Dan Tanggung Jawab Manajer Keuangan

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *