Pengertian Digital Marketing
Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran produk serta layanan melalui media internet. Seiring perkembangan teknologi, pemasaran digital menjadi salah satu skill penting yang wajib dikuasai untuk memasarkan produk. Menurut American Marketing Association, digital marketing sebagai aktivitas, institusi, dan proses yang difasilitasi oleh teknologi digital untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai lebih kepada konsumen dan pemangku kepentingan lainnya. Menurut Chaffey (2009) menyebut bahwa digital marketing adalah kegiatan untuk mencapai tujuan pemasaran dengan bantuan teknologi digital. Kemudian di tulisannya yang terbit tahun 2013, ia menambahkan bahwa digital marketing adalah penggunaan teknologi untuk membantu aktivitas pemasaran guna meningkatkan pengetahuan pelanggan dengan menyesuaikan kebutuhan mereka.
Digital marketing sebenarnya hampir mirip dengan pemasaran pada umumnya. Namun yang membedakan dengan pemasaran konvensional adalah perangkat yang digunakan. Digital marketing bisa dilakukan di berbagai platform mulai dari website, email, bahkan hingga media social. Saat ini, digital marketing menjadi metode pemasaran yang paling ampuh untuk meningkatkan penjualan produk. Ini dikarenakan pengguna internet di dunia sudah mencapai sekitar 5,3 miliar yang artinya semakin banyak orang terhubung dengan internet sehingga memicu peningkatan kegiatan pembelian online.
Manfaat Digital Marketing
Terdapat beberapa manfaat digital marketing yang perlu diketahui sebagai berikut:
- Mempertemukan Konsumen Secara Online
Mencari iklan bukan lagi hal yang lazim dilakukan belakangan ini. Pada umumnya, kebanyakan orang akan menemukan produk yang mereka butuhkan melalui platform yang biasa mereka gunakan, termasuk media sosial dan yang lainnya. Penggunaan channel yang tepat sasaran dalam digital marketing akan memungkinkan kamu lebih mudah untuk bertemu dengan konsumen produk.
- Menciptakan Angka Penjualan yang Maksimal
Sistem pemasaran digital juga memungkinkan kamu menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan tidak terbatas. Hal ini akan membuat kitab isa memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan angka penjualan yang paling maksimal. Bahkan, bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi dari bisnis yang dijalankan.
- Menghemat Biaya Pemasaran
Meski menggunakan sistem digital yang modern, penggunaan sistem pemasaran ini justru bisa menghemat pengeluaran bisnis. Tidak akan membutuhkan banyak tenaga untuk memasarkan produk, bahkan meski sudah menjangkau pasar yang lebih luas. Kondisi ini akan memungkinkan untuk menekan biaya bisnis, sementara di lain sisi kamu mendapatkan peningkatan penjualan dan keuntungan dari bisnis tersebut.
- Meningkatkan Layanan Bagi Konsumen Real Time
Sistem digital marketing akan memungkinkan kamu bertemu dengan konsumen real-time yang pada umumnya menginginkan layanan cepat. Kondisi ini akan membuat peluang besar mendapatkan pasar yang lebih luas, termasuk proses penjualan yang jauh lebih cepat dan efisien.
- Menjangkau Pengguna Smartphone
Tingginya angka pengguna smartphone merupakan pasar yang sangat menjanjikan untuk bisnis. Bukan hanya di Indonesia, penggunaan smartphone sebagai akses informasi utama terbilang merata di seluruh dunia. Digital marketing akan memungkinkan kamu menjangkau konsumen yang luas.
- Menciptakan Keuntungan yang Lebih Besar
Di dalam prakteknya, konsumen yang melakukan pembelian online biasanya akan menjadi loyal setelah pembelian pertamanya. Konsumen seperti ini akan melakukan pembelian kembali dalam jumlah yang lebih banyak, bahkan bisa mencapai 4 kali lipat dari jumlah pembelian pada umumnya.
- Meningkatkan ROI
Saat menggunakan layanan digital marketing, maka biaya pemasaran bisnis bisa ditekan. Jumlah biaya pemasaran yang dibutuhkan akan jauh lebih kecil, jika dibandingkan dengan menggunakan layanan pemasaran konvensional. Semua ini akan berpengaruh pada kondisi keuangan bisnis, dimana bisa meningkatkan jumlah keuntungan (ROI) secara keseluruhan.
- Membantu Memenangkan Persaingan Pasar
Penggunaan layanan digital marketing juga bisa membantu agar tetap eksis di dalam dunia bisnis yang digeluti. Bisa menggunakan channel yang paling tepat untuk pasar yang sesuai dengan produk, sehingga konsumen tetap bisa terhubung dengan baik. Semua ini akan membantu kamu mengatasi ketatnya persaingan di dalam bisnis yang dijalankan tersebut.
Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing
Langkah Melakukan Digital Marketing
Setelah mengetahui pengertian, tujuan, manfaat dari digital marketing, setelah itu terdapat beberapa Langkah yang perlu diketahui untuk memulai digital marketing, antara lain:
- Membuat website dengan konsep serta desain yang sesuai dengan bisnis yang dimiliki
- Membuat content website sesuai dengan target market
- Membuat akun media social mengenai bisnis yang dimiliki sesuai dengan target market
- Membuat content marketing untuk website dan media social
- Menerapkan SEO untuk website
- Menerapkan SEM untuk website
- Menggunakan iklan di media social seperti Facebook Ads, Instagram Ads, atau Youtube Ads.
Kursus Digital Marketing
Vocasia
Vocasia merupakan online educational marketplace and learning management system platform untuk berbagai keahlian dan pengetahuan yang terstruktur, salah satunya adalah mengenai Digital Marketing. Vocasia dapat digunakan secara luas baik untuk individu maupun komunitas dengan harga pelatihan yang terbilang terjangkau.
Hubspot Academy
Hubspot Academy merupakan salah satu platform kursus digital marketing. Untuk para pemula yang ingin belajar, salah satu kelas yang direkomendasikan adalah “Inbound Digital Marketing”. Terkait kedalaman materi, kursus ini memiliki 11 modul dalam bentuk teks dan video dengan total durasi 4 jam. Di akhir pembelajaran akan ada sertifikat digital dari HubSpot yang bisa dicantumkan di akun LinkedIn.
Niagahoster Course
Materi digital marketing di Niagahoster Course itu beragam dan dikemas secara ringan. Durasinya pun tidak terlalu lama, sekitar 30 menit hingga 2 jam. Jadi bagi pemula, materi digital marketing cukup mudah dipahami dan tidak menguras waktu. Selain itu, juga dapat memantau progress belajar. Meski berhenti di pertengahan materi pun, progress tetap tersimpan. Fitur ini memungkinkan untuk mengawasi progress belajar dari waktu ke waktu. Hal ini tentu bagus untuk mengukur produktivitas belajar.
Udemy
Udemy adalah platform e-learning yang cukup populer. Salah satu bidang materi yang menarik banyak peminat, tak lain adalah kursus digital marketing. Tak hanya untuk pemula, Udemy juga menyediakan kursus pemasaran digital untuk tingkat menengah dan ahli. Topik yang ditawarkan mulai dari SEO, affiliate marketing, social media marketing, Google Ads, dan banyak lagi.
Coursera
Mirip seperti Udemy, Coursera juga menyediakan berbagai kursus digital marketing berdasarkan tingkat pemahaman hingga durasi pembelajaran. Meski di Coursera jumlah kelas digital marketing lebih terbatas, tersedia berbagai jenis produk pembelajaran untuk mendapatkan sertifikat profesional, sertifikat kelulusan, sertifikat universitas, dan banyak lagi.