Tanggal:20 April 2024

10+ Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula

Di dunia kerja, bahasa Inggris punya peran penting. Semakin jago bahasa Inggris kandidat, akan semakin tinggi pula nilainya di mata perusahaan. Tanpa harus les ke sana-sini dengan biaya ratusan ribu, sebenarnya kamu bisa belajar secara otodidak, lho. Kamu bisa memulai latihan bahasa Inggris melalui film, baca buku, atau mendengarkan musik.

Nah, latihan bahasa Inggris melalui musik ini bisa dibilang sebagai media pembelajaran yang paling menyenangkan. Karena kamu tidak hanya menikmati musiknya saja, tapi juga menyanyikan lagunya secara mirip dengan penyanyi asli. Oleh karena itu, dalam bahasan kali ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi judul lagu untuk belajar bahasa Inggris terbaik.

Baca Juga : Tips Belajar Pengucapan Bahasa Inggris Dengan Benar

Namun sebelum membahas daftar lagu untuk belajar bahasa Inggris, di bawah ini ada beberapa tips belajar bahasa Inggris lewat musik yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

  • Gunakan headphone
  • Ikut bernyanyi
  • Ulangi lirik yang sulit
  • Perhatikan gerakan lidah dan bibir penyanyi
  • Ucapkan lirik secara normal

Nah, setelah tahu tipsnya, kamu bisa mempraktikannya pada lagu-lagu di bawah ini. Lewat lagu-lagu tersebut, kamu bisa menambah kosakata baru, memperhatikan penggunaan grammar, dan banyak lagi, tanpa takut bosan atau mengantuk! Mau tahu apa saja lagu yang bisa bikin seorang pemula auto jago dalam berbahasa Inggris? Simak daftarnya di bawah ini, ya!

Baca juga: 

12 Rekomedasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris

12 Rekomedasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris. Sumber: pexels.com

1. Ed Sheeran – Shape of You

Ed Sheeran adalah salah satu penyanyi yang berasal dari Inggris, maka dari itu aksen yang digunakan saat menyanyi pun adalah aksen British. Jika kamu ingin belajar aksen tersebut dari sebuah lagu, pada lagu Shape of You, Ed Sheeran menunjukkan logat British dengan begitu baik. Sehingga, kamu bisa belajar pronunciation dalam aksen tersebut sambil mendengarkan suaranya yang merdu.

Baca Juga : 

2. Taylor Swift – Begin Again

Pada dasarnya, hampir semua lagu ciptaan Taylor Swift adalah lagu yang bisa kamu jadikan materi belajar. Selain karena liriknya adalah bahasa sehari-hari, hampir semua lagu Taylor memiliki alur cerita yang bisa kamu pahami hanya dari mendengarkan lagunya saja.

Jadi, cobalah mendengarkan lagu ini dan pahami bagaimana ceritanya. Jika kamu paham, berarti setidaknya kemampuan kamu dalam mendengarkan lirik lagu ini sudah cukup bagus. Jika belum, coba dengarkan beberapa kali sampai kamu mengerti alur cerita dari lagu ini.

Baca Juga :

3. Rich Brian – Kids

Rich Brian adalah penyanyi asal Indonesia, namun ia sudah sangat lancar berbahasa Inggris. Bahkan, karya-karyanya sudah dikenal luas hingga ke negara-negara lainnya. Lagu Rich Brian yang satu ini memang lebih banyak rap dan cenderung diucapkan dengan cepat. Namun, justru lirik yang diucapkan dengan cepat akan bagus untuk melatih kemampuan listening.

Cobalah untuk fokus dan jangan panik. Lalu tulis lirik yang bisa kamu tangkap dari lagu ini. Jika masih belum lengkap, cobalah untuk mendengarkannya beberapa kali. Mungkin untuk pertama kali, akan terasa susah tetapi lama-kelamaan kamu akan terbiasa mendengarkannya. Setelah itu, jika kamu mendengarkan lagu yang lebih perlahan, kamu akan lebih cepat menangkap tiap katanya, karena kamu sudah terbiasa dengan lagu ini.

Baca Juga :

4. Tangled – When Will My Life Begin

Film kartun Disney juga punya beberapa lagu yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris, salah satunya dari Tangled. Selain punya cerita unik, Tangled juga dikenal sebagai salah satu film Disney dengan koleksi lagu terindah lho, salah satunya adalah When Will My Life Begin.

Lagu yang dinyanyikan Mandy Moore (pengisi suara Rapunzel) ini menceritakan aktivitas sehari-hari Rapunzel, sehingga bahasa Inggris yang digunakan cukup sederhana. Selain itu, pronunciation Mandy Moore dalam lagu ini juga sangat jelas, sehingga kamu takkan kesusahan saat mendengarnya.

Baca juga: 

5. Westlife – My Love

My Love adalah lagu keluaran Westlife pada awal tahun 2000. Meski umur lagu ini udah 20 tahun, lagu ini tetap jadi favorit banyak orang lho! My Love punya nada yang sangat ear-catching, ditambah lagi dengan lirik yang romantis dan bisa dinyanyikan untuk siapa saja. Dan untuk pembelajar bahasa Inggris, ada beberapa kalimat menarik yang bisa dijadikan bahan belajar.

Baca Juga : Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Bagi Pemula

6. The Chainsmokers & Coldplay – Something Just Like This

Lagu untuk belajar bahasa Inggris satu ini benar-benar favorit! Sama seperti My Love-nya Westlife, lagu ini penuh metafora, tapi tetap menggunakan bahasa sehari-hari. Selain itu, yang membuat lagu dari Coldplay ini makin unik adalah banyaknya vocabulary berkaitan dengan dongeng, seperti myth, legend, testament, atau eclipse. Penguasaan kosakata bahasa Inggris-mu akan bertambah, deh!

Baca Juga : 75 Kosakata Bahasa Korea Sehari-Hari Dan Artinya

7. Richard Marx – Right Here Waiting

Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris lewat lagu yang punya tempo tidak terlalu cepat, lagu ini pas banget. Bahkan lagu ini sering digunakan oleh tempat les bahasa Inggris untuk menguji kemampuan listening.

Apabila kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan lagu ini, cobalah dengarkan kata demi kata dan coba tulis ulang semua lirik yang berhasil kamu dengarkan. Setelahnya, kamu bisa membedah tenses apa yang digunakan dari tiap kalimat dalam lagu tersebut.

Baca Juga : Trik Cepat Belajar Abjad Korea (Hangeul) Bagi Pemula

8. James Arthur – Say You Wont Let Go

Kamu masih kurang paham dalam menyusun kata dalam past tense? Tipsnya adalah kamu perlu juga memperbanyak kosa kata dalam past tense terutama kata kerja tak beraturan (irregular verb). Nah, lagu romantis Say You Wont Let Go dari James Arthur ini bisa membantu kamu. Dalam lagu ini kamu bisa menemukan kalimat-kalimat bentuk lampau, dan kata-kata seperti met, made, held, knew yang merupakan irregular verb.

Baca juga: 200+ Kosakata Bahasa Inggris dan Cara Membacanya!

9. John Legend – All of Me

Lagu untuk belajar bahasa Inggris satu ini benar-benar ramai pada masanya, karena keromantisan liriknya. Bukan hanya karena romantis sih, lagu ini juga bagus untuk kamu belajar bahasa Inggris. Grammar dalam lirik lagu ini tertata dengan baik dan lagu All of Me juga banyak menggunakan antonim.

Selain kaya pembendaharaan kata, lagu John Legend satu ini punya pronunciation yang jelas. Temponya yang tidak terlalu cepat, juga bisa memudahkanmu dalam mendengarkannya tanpa menengok lirik di Google.

Baca Juga : Mengenal 3 Huruf Jepang Dan Fungsinya, Yuk Pelajari!

10. Jason Mraz – I’m Yours

Lagu I’m Yours adalah salah satu lagu terbaik buat kamu yang baru belajar bahasa Inggris nih! Terutama buat kamu yang ingin memperluas penguasaan kosakata dalam bahasa Inggris. Pronunciation-nya Jason Mraz juga sangat jelas, jadi kamu takkan kesulitan membedakan kata per kata dalam lirik.

Baca Juga : 10 Cara Ampuh Belajar Bahasa Jepang Bagi Pemula

11. One Direction – Heart Attack

Melalui lagu Heart Attack dari One Direction, kamu bisa latihan pronunciation kosakata informal yang biasanya digunakan dalam percakapan sehari-hari. Heart Attack ini termasuk lagu yang nge-beat sehingga asyik dinyanyikan untuk nge-boost mood kamu saat sedang down. Kosakata yang dipakai juga mudah dipahami dan mengharuskan kamu untuk menyanyikannya dengan cepat.

Misalnya kata informal “tryna” yang berasal dari bentuk formal “trying” dan “sayin” dari “saying”. Pengucapan secara informasi tersebut muncul berkali-kali sehingga kamu bisa membiasakan diri untuk mengucapkannya sampai jago.

12. Adele – Water Under The Bridge

Penyanyi populer Adele juga mempunyai lagu untuk belajar bahasa Inggris yang efektif yaitu “Water Under The Bridge”. Judul lagunya jangan diartikan secara literal, ya, karena termasuk idiom dalam bahasa Inggris. Bagi kamu yang suka menghafal idiom dalam bahasa Inggris, maka bisa mendengarkan lagu Adele ini untuk menambah perbendaharaan kata.

Frasa water under the bridge di sini bermakna situasi, momen atau hubungan pada masa lalu yang tidak bermakna lagi untuk masa sekarang. Dengan mengenal banyak idiom, kamu punya kesempatan untuk meningkatkan kemampuan speaking. Idiom sangat efektif untuk mengutarakan maksud yang sebenarnya panjang dalam susunan kata yang lebih pendek. Selain itu, kamu bakal terlihat lebih keren, lho.

Baca juga: Jurusan Sastra Inggris? Berikut Prospek-Prospek Kerjanya!

Nah, itulah bahasan tentang lagu untuk belajar bahasa Inggris terbaik bagi pemula, yang tentunya bisa jadi teman belajarmu. Kalau kamu mau belajar dengan lebih serius lagi, kamu bisa langsung daftar course “Belajar Grammar Untuk Pemula” di Vocasia. Kursus ini akan membimbing kamu untuk menggunakan bahasa Inggris yang benar dan tepat berdasarkan grammar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *