Tanggal:19 April 2024

LSI Keyword: Pengertian Hingga Cara Menemukannya Lengkap

Latent Semantic Indexing atau LSI Keyword adalah kata kunci atau kalimat yang dianggap relevan secara semantik oleh mesin pencari. Kumpulan keyword ini adalah salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh mesin pencari saat menetapkan peringkat situs di hasil pencari. Jadi, dengan memperhatikan LSI Keyword akan membuat kontenmu bisa mendapat peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari.

Nah, berikut ini penjelasan mengenai LSI Keyword mulai dari pengertian, manfaat, cara kerja, hingga cara menemukan LSI Keyword.

Apa itu LSI Keyword?

LSI Keyword adalah kata kunci atau kalimat yang dianggap relevan secara semantik oleh mesin pencari. Kumpulan keyword ini adalah salah satu faktor yang dipertimbangkan mesin pencari saat menetapkan peringkat situs di hasil pencarian.

LSI keyword bisa berupa sinonim dari sebuah kata kunci. Namun, tidak semua sinonim merupakan LSI Keyword. Misal, ketika kita menggunakan kata kunci ‘sepatu’, maka LSI Keyword yang bisa kamu gunakan tidak hanya ‘sepatu’. Alternatifnya kamu bisa menggunakan kata kunci lainnya seperti ‘acara formal’, ‘pria’, dan ‘fashion’.

Saat ini Google menggunakan algoritma Hummingbird. Dalam algoritma ini, keyword bukan satu-satunya penentu peringkat sebuah website. Keyword memegang peranan penting bagi SEO, namun Googe juga mendeteksi sejauh mana konten yang kamu buat relevan dengan apa yang pengguna cari.

Dengan kata lain, jika kamu menambahkan LSI Keyword, Google bisa memahami bahwa konten yang kamu buat memiliki konteks yang sesuai dengan kata kunci yang kamu gunakan.

Image: Freepik

Manfaat LSI Keyword

LSI Keyword adalah kata atau kalimat yang dianggap relevan secara semantik oleh mesin pencari. Secara umum, LSI keyword memiliki manfaat untuk menaikkan peringkat website pada mesin pencari. Misal, kamu membuat konten dengan keyword utama ‘cara membuat website’. Keyword utama akan menjadi pencarian utama pada Google, namun terdapat keyword lain juga yang memiliki relevansi dengan keyword utama, seperti ‘buat’, ‘website’, ‘web’, dan ‘buat website’.

Kata tersebut adalah LSI Keyword yang dianggap relevan dengan kata kunci utama. Dengan menyisipkan LSI Keyword dalam konten, tentunya akan meningkatkan relevansi konten. Konten yang lebih relevan akan memiliki kesempatan lebih besar untuk memiliki peringkat yang tinggi di mesin pencari Google.

Selain LSI Keyword ke dalam konten, kamu juga bisa memasukkannya ke dalam”

  • Title tags
  • Heading
  • Meta description
  • Image alt text

Dilansir dari Neil Patel dan Wordstream, beberapa manfaat atau kelebihan LSI Keyword adalah sebagai berikut:

  • Kualitas konten meningkat karena menggunakan banyak istilah yang terkait dengan kata kunci.
  • Konten tetap dinilai relevan tanpa perlu menggunakan keyword yang berlebihan.
  • Konten akan lebih mungkin ditemukan oleh banyak pengguna internet.
  • Search engine bisa memberikan peluang peringkat yang lebih tinggi, sebab ada banyak istilah yang bisa meningkatkan peringkat situs website tersebut.
  • Menghindari penalti dari Google akibat penggunaan kata kunci yang terlalu sering.

Baca juga| 5 Plugin Anti Copas WordPress Terbaik

Image: Freepik

Cara Kerja LSI Keyword

Dalam praktiknya, LSI menggunakan rumus-rumus matematika yang kompleks untuk memahami hubungan antar kata. Namun, kamu tidak perlu mengerti cara kerjanya secara harfiah. Kamu hanya perlu memahami cara kerjanya secara garis besar saja. Nah, berikut adalah cara kerja LSI Keyword:

  1. Mesin pencari akan mencari persamaan dari kata yang kamu gunakan. Contohnya, bulan memiliki dua makna, yaitu bulan sebagai satelit bumi dan bulan sebagai penanggalan waktu.
  2. Kata tersebut akan diidentifikasi menggunakan kata yang terhubung secara semantik. Contohnya, bulan satelit bumi terhubung dengan objek astronomi, orbit, dan planet. Sedangkan, bulan penanggalan waktu terhubung dengan konteks Januari, Februari, Maret, dan seterusnya.
  3. Mesin pencari akan mengelompokkan bulan satelit dan bulan penanggalan ke dalam kategori yang berbeda. LSI Keyword yang digunakan di konten akan menentukan jenis bulan yang kamu maksud.

Baca juga| Simak 9 Cara Mendapatkan Backlink Dofollow Berkualitas Ini!

Cara Menemukan LSI Keyword

Nah, setelah mengetahui tentang pengertian, manfaat dan cara kerja LSI Keyword, saatnya untuk mencoba mempraktikkan LSI Keyword. Namun, bagaimana cara memulainya? Berikut adalah beberapa cara untuk menemukan LSI Keyword.

1. Lihat Kata yang di-bold di SERP

Cara termudah untuk menemukan LSI Keyword adalah dengan melihat kata-kata yang di-bold di search engine result page atau SERP. Contohnya, keyword yang kamu gunakan adalah ‘sepatu olahraga’. Namun, kamu juga akan menemukan kata lain yang relevan dengan keyword ‘sepatu olahraga’ seperti ‘sepatu olahraga pria’.

2. Perhatikan Search Box

Cara lain untuk mencari LSI Keyword adalah memperhatikan search box atau kotak pencarian Google. Ketika mengetik suatu kata kunci di search box, ada banyak pilihan keyword lain yang akan kamu lihat. Keyword tersebut merupakan istilah yang banyak dicari oleh pengguna Google.

3. Cari Penelusuran Terkait

Jika kamu membuka SERP dan scroll hingga bagian paling bawah, kamu akan menemukan bagian ‘Search related to…’ atau ‘Penelusuran yang terkait dengan…’

Nah, kata kunci yang tercantum di bagian tersebut bisa kamu jadikan sebagai LSI Keyword di konten yang kamu buat. Contoh dari LSI Keyword adalah sebagai berikut.

Kata kunci yang digunakan yakni ‘rekomendasi film’. Maka, kamu akan menemukan keyword lainnya yang relevan dengan kata kunci tersebut. Alternatif lainnya, kamu bisa menjadikan istilah-istilah tersebut sebagai kata kunci di konten yang baru.

4. Perhatikan kolom ‘Orang Juga Bertanya’

Fitur Google lain yang tidak kalah menarik adalah kolom ‘People also ask’ atau ‘Orang juga bertanya’. Ketika kamu mencari suatu hal di Google, akan muncul fitur tersebut di SERP. Fitur tersebut menampilkan hal-hal yang banyak ditanyakan pengguna Google terkait kata kunci yang kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan kalimat dalam kolom tersebut sebagai LSI Keyword karena memiliki relevansi dengan konten yang kamu buat.

5. Manfaatkan Google Trends

Ketika bekerja di bidang content marketing, kamu tentu mengenal Google Trends. Produk Google yang satu ini bisa memberikan informasi kata kunci apa yang sedang tren atau banyak dicari pengguna pada pencarian Google. Jadi, kamu bisa memasukkan keyword yang ingin kamu gunakan. Kemudian, kamu akan menemukan berbagai kata kunci yang relevan dengan istilah tersebut.

Baca juga| Internal Link: Panduan Lengkap Untuk Optimasi SEO

Nah, itu dia informasi mengenai LSI Keyword. LSI Keyword adalah istilah yang memiliki kemiripan konteks dengan kata kunci yang kamu gunakan. Jenis keyword ini akan membantu web atau situsmu untuk mendapat peringkat yang lebih tinggi lagi di mesin pencari.

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *