Tanggal:17 September 2024

MACAM-MACAM APLIKASI BELANJA ONLINE

Aplikasi belanja online memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya karena sangat mudah digunakan.

Hingga saat ini, kehadiran e-commerce di Indonesia telah berkembang pesat dengan menghadirkan  fitur, tampilan, dan kemudahan penggunaan yang berbeda.

Semua penyedia e-commerce berlomba-lomba memberikan fitur terbaik dan termurah agar masyarakat dapat menggunakan aplikasi belanja online untuk memenuhi kebutuhan belanjanya. 

Semua orang pasti mengharapkan aplikasi belanja online yang lengkap dan terpercaya. Berikut beberpa aplikasi belanja online lengkap dan terpercaya 2023 berikut:

Shoppe

Siapa yang tak mengenal Shoppe. Aplikasi Shopee  pertama kali diluncurkan di Singapura  pada tahun 2015 sebagai toko online sebagai C2C atau e-commerce konsumen ke konsumen.

Shopee telah menjangkau berbagai negara Asia seperti Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Taiwan, dan Filipina. 

Shopee kini tidak hanya menjadi e-commerce C2C, tetapi juga  B2C (Business To Consumer) setelah memperkenalkan Shopee Mall, sebuah platform yang menawarkan berbagai macam barang kebutuhan konsumen dari berbagai merek ternama. 

Belakangan ini, Shoppe semakin dikenal masyarakat di berbagai dunia terutama setelag penunjukan Blackpink (girl band Korea Selatan) sebagai brand ambassador. T

erlebih dengan berbagai fitur menarik seperti penjualan kilat, promosi tanggal ganda (misal 1.1, 2.2, 3.3, dst…), voucher gratis ongkir, dan klaim garansi menjadikan Shopee diakui sebagai aplikasi belanja online lengkap dan terpercaya. Terhitung sudah lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia telah mengunduh Shopee. 

 Tokopedia 

Tokopedia adalah platform e-commerce terbesar di Indonesia dan perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang dikenal dengan warna hijau dan simbol burung hantu.

Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya pada 17 Agustus  2009 dengan misi pemerataan ekonomi digital untuk membantu komunitas bisnis khususnya UMKM untuk meningkatkan penjualan mereka di platform online. Tokopedia telah menjadi unicorn paling berpengaruh di Indonesia dan Asia Tenggara. 

Tokopedia memilih boyband BTS asal Korea Selaran sebagai brand ambassador. Tokopedia memberi pelanggan kemudahan berbelanja online sesuai jargonnya yaitu: ‘Waktunya Belanja Indonesia’. Tokopedia menyediakan banyak  promo dan diskon menarik untuk membuat belanja lebih hemat.. 

Tokopedia bahkan telah melebarkan sayapnya dengan bermitra dengan GoJek pada 2021 yang kini digabungkan namanya menjadi GoTo, yang merupakan kepanjangan dari GoJek dan Tokopedia. GoTo  mulai go public di bursa efek (IPO) pada  April 2021. 

Listing GoTo di Bursa Efek Indonesia memungkinkan publik untuk melihat tidak hanya kemampuan perusahaan dari setiap aplikasi, tetapi juga bisnis inti dan keuangan perusahaan itu sendiri.

Lazada

Lazada merupakan anak perusahaan Alibaba Group dan sama-sama menjadi salah satu penyedia e-commerce B2C terbaik dan termurah.

Lazada didirikan di Jerman pada tahun 2012 oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant kemudian diakuisisi oleh Alibaba pada tahun 2016. Lazada telah menjangkau hampir setiap negara di Asia, termasuk Indonesia, Filipina, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Thailand. 

Sama seperti marketplace belanja online lainnya, Lazada juga menawarkan berbagai fitur menarik seperti diskon, promosi event, dan LazMall di mana pengguna bisa mendapatkan berbagai macam barang dari brand ternama. Fitur LazMall ini terbukti menjadikan Lazada salah satu aplikasi belanja online terbaik dan terpercaya. 

Lazada juga merupakan pilihan yang tepat bagi  pedagang maupun konsumen umum untuk mendapatkan berbagai barang dengan harga termurah.

Lazada menjual berbagai kebutuhan pokok seperti peralatan rumah tangga, bahan masakan, peralatan rumah tangga, gadget, aksesoris dan  lainnya, beserta diskon menarik untuk membantu pelanggan menghemat pembelian. Saat ini, Lazada telah diunduh  oleh lebih dari 100 juta pengguna di Google Play Store. 

Bukalapak

Bukalapak merupakan aplikasi belanja online  terlengkap dan terpercaya terutama di antara kalangan masyarakat Indonesia. Marketplace ini didirikan pada 10 Januari 2010 oleh Achmad Zaky (CEO) dan Muhammad Fajrin Rasyid (CFO).

Bukalapak adalah e-commerce C2C yang sangat populer di Indonesia yang menyediakan banyak promo menarik dan berbagai jenis produk dengan harga termurah.

Pada mulanya, platform marketplace ini  berfokus untuk memungkinkan usaha  kecil dan menengah (UMKM)  mengembangkan bisnisnya secara digital, namun kini  mampu bersaing dengan Tokopedia, Shopee, dan pasar lainnya.

Selain itu, Bukalapak kini juga mulai mengembangkan bisnis B2B dengan berkontribusi pada pengembangan produk dan layanan untuk pemerintah dan perusahaan serta berinvestasi di perusahaan lain. 

Bukalapak juga menyediakan fitu BukaMall dimana melalui fitur ini pengguna akan lebih mudah mendapatkan barang murah dan bergaransi.

Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah Bukharapak dimana fitur ini memungkinkan konsumen  mendapatkan barang bekas dengan kualitas terbaik serta dilengkapi sistem tawar menawar.

Bukalapak terus berinovasi untuk kenyamanan pengguna dengan menawarkan promosi, diskon, dan penawaran fantastis lainnya. Aplikasi ini dinilai sangat ramah dan sederhana untuk digunakan.

BliBli

BliBli merupakan marketplace dari Indonesia yang didirikan pada tahun 2010 tetapi secara resmi mulai beroperasi sejak 25 Juli tahun 2015. Pendiri dan pemilik toko online ini adalah Kusumo Martono dan pemiliknya yaitu Martin Hartono.

BliBli adalah marketplace C2C dan B2C yang memberikan kesempatan bagi para pedagang atau pelaku usaha lainnya untk menjual produknya ke konsumen di seluruh Indonesia. BliBli banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena keamanan transaksinya dan voucher gratis ongkos untuk pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia.

Ditulis Oleh Julia Rosela Kapisa (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *