Tanggal:29 March 2024

Sudah Tahu? Ini 15 Manfaat Daun Seledri

Jenis sayuran yang kaya akan serat, air, mineral dan vitamin ini pasti sudah kamu kenal kan? Ya, daun seledri, sayuran yang termasuk bagian famili Apiaceae ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sayuran ini dikenal memiliki tangkai yang renyah dan bisa dipilih sebagai camilan rendah kalori. Lantas, apa saja sih manfaat dari daun seledri? Keep scrolling! 

Daun Seledri (Freepik)

1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat seledri yang pertama yaitu menurunkan tekanan darah. Kaya akan sumber serat ini yang bisa menjaga tekanan darah lebih stabil. Selain itu, seledri juga kaya akan fitokimia yang dikenal sebagai phthalides, senyawa ini diperkirakan dapat merelaksasi jaringan dinding arteri untuk meningkatkan aliran darah yang sehat. 

2. Membantu mengontrol kadar gula darah

Daun seledri mengandung ekstrak etil asetat yang dipercaya mampu menurunkan kadar glukosa darah. Sebanyak 20 persen kadar glukosa darah dapat menurunkan jika kamu mengonsumsi daun seledri secara rutin. Saat mengonsumsi seledri, kamu bisa mencampurnya dengan mentimun agar lebih segar. Tidak hanya itu, seledri dan timun sama-sama mengandung glikemik darah yang mana memiliki efek lambat terkait kenaikan pada gula darah. 

3. Menurunkan kadar kolesterol tubuh

Masalah kolesterol dapat diatasi oleh daun seledri. Seledri bermanfaat untuk menghambat perkembangan kolesterol jahat dalam tubuh. Senyawa 3-n-butylphthalide terkandung dalam daun seledri yang mampu mengatasi kasar lemak yang ada dalam darah. 

4. Mencegah kanker

Daun seledri mengandung antioksidan yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas pemicu kanker. Dalam daun seledri mengandung dua senyawa antikanker potensial yaitu apigenin dan luteolin. Apigenin berfungsi untuk menghancurkan radikal bebas dalam tubuh dan dapat menyebabkan kematian sel kanker, sedangkan luteolin berperan atas potensi efek antikanker. 

5. Mendukung kesehatan jantung

Potasium dan kalsium yang terkandung pada daun seledri berperan penting untuk kesehatan jantung. Selain itu, kandungan folat dan vitamin K yang terkandung dalam seledri juga diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan pembekuan darah yang efektif. Sayuran berserat seperti seledri sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung. 

6. Menjaga kesehatan organ hati

Untuk menjaga kesehatan organ hati, kamu wajib mengonsumsi daun seledri. Daun seledri mengandung ekstrak metanol dari biji seledri yang dapat melindungi hati dari kerusakan. Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat dalam seledri juga memiliki peranan penting untuk pengobatan berbagai masalah liver. 

7. Meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan

Daun seledri merupakan sayuran yang mengandung banyak air. Seledri juga mengandung serat dan bisa membantu melancarkan pencernaan. Tidak hanya itu, daun seledri juga bermanfaat untuk kesehatan usus. Ekstrak seledri bisa memerangi pembentukan luka yang terdapat pada jaringan usus. 

8. Sebagai anti peradangan

Manfaat daun seledri selanjutnya yaitu sebagai anti peradangan. Perlu kamu ketahui, daun seledri mengandung zat phyonutrient yang bisa membantu tubuh agar tidak mengalami peradangan. Zat ini juga berperan sebagai antioksidan yang bisa membantu tubuh menurunkan stres oksidatif loh. So, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi daun seledri. 

9. Menghidrasi tubuh

Manfaat seledri selanjutnya yaitu untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh dengan baik. Pada kandungan kalium dan mineral yang tinggi pada seledri bermanfaat untuk menghidrasi tubuh. 

10. Membantu program diet

Seledri sendiri termasuk jenis sayuran yang memiliki kalori rendah. Dalam satu tangkai seledri berukuran besar, hanya mengandung kalori sebesar 7 kkal saja. Jadi, ini lah yang membuat sayuran ini cocok untuk kamu yang sedang mengelola berat badan dan menuju berat badan ideal. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau bisa juga dengan membuat jus. 

11. Mencegah kerusakan sel dalam tubuh

Daun seledri juga bisa mencegah kerusakan sel dalam tubuh, loh. Seledri mengandung vitamin C yaitu beta karoten dan flavonoid yang bertugas melindungi tubuh dari radikal bebas yang berlebihan dan bisa merusak sel dalam tubuh. Konsumsi seledri secara rutin untuk memberikan perlindungan yang efektif pada tubuh. 

12. Mencegah pembentukan batu ginjal 

Salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung kalium dan antioksidan ini diketahui dapat mencegah penumpukan atau pengendapan mineral di dalam ginjal yang menjadi risiko terbentuknya batu ginjal. Selain itu, seledri juga banyak mengandung air dan kalium yang cukup tinggi sehingga bisa membuat tubuh lebih banyak membuang zat sisa dan racun melalui urine. Efek ini menjadikan seledri baik dikonsumsi untuk proses detoksifikasi sekaligus mencegah batu ginjal.

13. Mengurangi risiko gagal ginjal

Kamu tahu nggak? Kerusakan sel tubuh termasuk ginjal terjadi karena sering terpapar radikal bebas atau mengalami proses oksidasi. Apabila terjadi kerusakan pada ginjal, risiko terjadinga gagal ginjal akan lebih besar. Untuk mencegah hal tersebut, konsumsilah makanan sehat dan bergizi serta mengandung asupan antioksidan seperti daun seledri. 

14. Menetralkan asam

Daun seledri juga bermanfaat untuk menetralkan asam loh. Seledri mengandung mineral yang dapat menetralkan asam dari makanan yang telah kita konsumsi. Oleh karena itu, daun seledri bisa membantu mengatasi kenaikan asam di dalam tubuh. 

15. Mencegah dan mengobati penyakit Alzheimer

Biji seledri mengandung L-3-n-butylphthalide (3nB) yang merupakan senyawa yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan dapat meningkatkan kognisi dan memori. Biji seledri juga dapat mencegah dan mengobati penyakit alzheimer yang bisa menurunkan daya ingat serta kemampuan berpikir. 

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *