Tanggal:24 April 2024

Jangan Dibuang! Berikut 14 Manfaat Kulit Semangka

Mengonsumsi buah-buahan menjadi amunisi bagi tubuh. Setiap buah terdapat manfaat yang sangat banyak, salah satunya buah semangka. Setelah memakan buahnya, kamu pasti membuang bagian kulit semangka begitu saja. Eits, tunggu dulu! Kulit semangka ternyata juga bisa dimakan, lho! Bahkan kulit buah semangka punya manfaat yang tidak kalah pentingnya dari bagian dagingnya.

Buah Semangka Banyak Manfaat (Sumber: Pexels)

Memang masih sangat jarang diketahui oleh banyak orang, walaupun memiliki segudang manfaat yang tidak kalah dengan manfaat buahnya. Alasan banyak orang menghindari kulit putih pada semangka adalah karena berpikir bahwa bagian ini tidak dapat dimakan dan tidak memiliki nutrisi.

Padahal kenyataannya, kulit semangka memiliki nutrisi yang banyak dan berguna untuk tubuh. Manfaat kulit semangka tidak hanya untuk kesehatan namun, juga berguna untuk kecantikan serta menyembuhkan beberapa gangguan kesehataan. Kulit buah semangka adalah lapisan luar yang keras dan memiliki warna hijau. Kulitnya memiliki tekstur lebih keras namun tidak terlalu berair dibanding daging semangka.

Kulit semangka memiliki kalori rendah dan kandungan tinggi vitamin A, vitamin C, kalium, vitamin B6 dan seng. Selain itu, kulit semangka juga sarat dengan citrulline, klorofil, asam amino, likopen, senyawa fenolik dan flavonoid, dikutip dari Health Benefits Times.

Masih jarangnya orang yang mengetahui manfaat kulit semangka, mengakibatkan kulit semangka seringkali langsung dibuang setelah dimakan buahnya.

Manfaat Mengonsumsi Kulit Semangka (Sumber: Pexels)

Jika kamu belum pernah mencoba makan kulit semangka sebelumnya, kamu telah kehilangan salah satu bagian terbaik dari buah semangka karena banyaknya manfaat kulit semangka yang bisa didapat. Jadi, daripada membuang kulit semangka ke dalam kompos dapur, lebih baik pikirkan tentang manfaat kulit semangka. Lalu, apa saja manfaat kulit semangka, ya? Yuk, cari tahu, simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Kulit Semangka Untuk Kesehatan

Salah Satu Olahan Kulit Semangka (Sumber: Pexels)

Bagian terlezat dari buah semangka tentu terletak pada daging atau buahnya yang berwarna merah. Selain menimbulkan sensasi kesegaran, manfaat buah semangka terletak pada kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium.

Di sisi lain, kulit buah semangka yang kerap dibuang juga memiliki manfaat yang tidak kalah baiknya. Setiap 3 sentimeter kulit semangka mengandung 1,8 kalori. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari kulit semangka yang telah terbukti secara medis, di antaranya:

1. Meningkatkan Kebugaran Saat Berolahraga

Manfaat kulit semangka untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mendorong kinerja saat olahraga. Selain meningkatkan kinerja di tempat tidur, citrulline juga dapat meningkatkan kinerja saat berolahraga sebagai manfaat dari kulit semangka lainnya.

Citrulline ditemukan dapat meningkatkan pelebaran pembuluh darah. Suplemen citrulline meningkatkan pengiriman oksigen ke otot, yang dapat berpotensi meningkatkan kinerja saat olahraga. Manfaat kulit semangka berikutnya didapat dengan mengonsumsinya sebelum dan sesudah berolahraga. 

Makan kulit semangka sebelum berolahraga dapat mendorong kamu menjalani aktivitas dengan mudah, karena kulit semangka dapat meningkatkan pergerakan oksigen ke otot. Sedangkan konsumsi setelah olahraga dapat membantu mengatasi nyeri pada sendi dan otot sehingga membuat tubuh merasa lebih nyaman.

Baca JugaManfaat vitamin c untuk kesehatan

2. Menurunkan Tekanan Darah

Kemudian manfaat lain dari kulit semangka adalah untuk membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kulit semangka sangat kaya akan potasium, yang dapat membantu dalam menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh. Hal ini telah dibuktikan secara medis bahwa kalium adalah nutrisi yang dapat membantu mengurangi risiko hipertensi atau serangan jantung.

3. Kaya Serat

Manfaat lain dari kulit semangka adalah kaya akan serat. Manfaat kulit semangka yang kaya serat tidak hanya untuk menurunkan berat badan. Serat dalam kulit semangka juga membantu proses pencernaan dengan memudahkan perjalanan makanan dalam tubuh. Selain itu, juga bisa mencegah sembelit dan kondisi pencernaan lainnya. Serat juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat kulit semangka berikutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena, kulit putih pada semangka memiliki kandungan vitamin A, C, potassium, dan antioksidan. Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah dampak buruk dari radikal bebas. Dengan mengonsumsi daging putih semangka secara teratur, risiko terkena penyakit infeksi bisa lebih diminimalkan.

Baca JugaManfaat buah alpukat untuk kesehatan

5. Menjaga Kehamilan Pada Ibu Hamil

Manfaat kulit semangka berikutnya yang masih sangat jarang diketahui adalah untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Dalama beberapa studi menunjukan bahwa kulit semangka dapat mengurangi keluhan morning sickness yang menyebabkan ketidaknyamanan pada ibu hamil, seperti mual. 

Konsumsi kulit semangka juga mengurangi pembengkakan yang berhubungan dengan kehamilan karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Selain itu, manfaat kulit semangka untuk ibu hamil lainnya adalah mengurangi pembengkakan yang berhubungan dengan kehamilan, karena memiliki kandungan kalium yang tinggi. Pembengkakan tentunya akan mengurangi dan mengganggu aktivitas selama kehamilan.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kulit semangka untuk kecantikan berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Dalam kulit semangka terdapat banyak kandungan likopen, flavonoid, dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Sehingga konsumsi kulit semangka dapat meningkatkan tekstur kulit menjadi lebih kenyal dan juga mencegah berbagai kondisi penuaan kulit, seperti keriput, noda, dan bintik-bintik hitam.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat kulit semangka untuk kecantikan yang selanjutnya adalah meningkatkan pertumbuhan rambut. Arginine (asam amino) memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh, salah satunya adalah membantu sirkulasi darah di kulit kepala. Semangka secara alami mengandung banyak citrulline yang dapat meningkatkan kadar arginine. Oleh karena itu, kulit semangka memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kandungan vitamin A dan C dalam kulit semangka berperan penting dalam menyembuhkan jaringan ikat dan meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit rambut menjadi tetap sehat serta kuat. Rambut juga menjadi lebih lebat dan halus dengan konsumsi kulit semangka secara teratur.

Baca JugaManfaat kurma untuk kesehatan!

8. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Manfaat kulit semangka untuk kesehatan yang berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sama seperti buahnya, kulit semangka juga kaya akan serat yang berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kulit semangka juga sangat disarankan untuk kamu yang mengalami konstipasi atau sembelit dengan cara konsumsi kulit semangka secara teratur.

9. Meningkatkan Libido

Kulit semangka memang bukan termasuk viagra atau obat kuat alami. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kulit semangka dapat membantu pria mengatasi masalah disfungsi ereksi ringan sampai sedang. Hal tersebut memberikan efek pada performa kamu di ranjang lebih terjaga dan tahan lama. Citrulline yaitu asam amino yang khas pada semangka dan lebih banyak terdapat pada bagian kulit ketimbang buahnya. 

Kandungan citrulline inilah yang dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan libido, seperti cara kerja obat kuat. Untuk mendapatkan manfaat kulit semangka, cobalah memakannya bersama dengan jus lemon atau dengan memberikan bubuk cabai di atas kulit semangka.

10. Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

Manfaat kulit semangka selanjutnya dapat mencegah pembentukan batu ginjal, memiliki kandungan kalium yang tinggi, kulit semangka membantu melepaskan endapan racun dalam ginjal. Kalium juga diketahui dapat mengurangi asam urat dalam darah. Dengan begitu, risiko pembentukan batu ginjal pun ikut berkurang.

11. Membantu Mengendalikan Gula Darah

Manfaat kulit semangka tidak hanya menurunkan hipertensi namun juga mampu untuk mengendalikan gula darah. Semangka sangat cocok sebagai camilan ringan untuk para penyandang diabetes. Hal ini karena kandungan kalium dan magnesium yang membantu meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh. Hal ini turut berkontribusi terhadap menurunnya kadar gula darah, mengingat kandungan gula dalam kulit semangka tidak sebanyak daging buah semangka.

12. Membantu Meredakan Peradangan

Manfaat kulit semangka yang bisa digunakan untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah untuk meredakan peradangan. Kulit semangka memiliki kandungan likopen di dalam dagingnya yang berwarna putih yang berfungsi untuk mengatasi serta meredakan peradangan. beta karoten yang terdapat pada bagian putih semangka dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan gangguan usus besar.

13. Mencegah Penyakit Kronis

Masih sangat jarang diketahui manfaat kulit semangka yang selanjutnya adalah untuk mencegah penyakit kronis, hal ini karena kandungan sitrulin dan likopen di dalam daging putih semangka bisa bantu menetralkan radikal bebas yang ada dalam tubuh sebelum menyebabkan mutasi sel. Radikal bebas sendiri diketahui dapat memicu beberapa penyakit kronis, seperti kanker dan tumor

14. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kulit semangka juga bisa digunakan untuk kecantikan, yaitu membantu menurunkan berat badan. Saat kamu mengonsumsi kulit semangka, tubuh selain mendapat banyak nutrisi juga mendapat banyak serat yang berfungsi membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Kalori dalam kulit semangka juga membuat kamu merasa lebih cepat kenyang dan mempermudah proses penurunan berat badan kamu.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa digunakan dari kulit semangka untuk kesehatan. Setelah kamu mengetahui ini, jangan sia-siakan kulit semangka untuk kesehatan tubuh, ya.

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *