Tanggal:18 April 2024
manfaat minyak zaitun untuk wajah

9 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Sejak ribuan tahun lalu, minyak zaitun diyakini memiliki segudang manfaat untuk wajah. Sebagai contoh, ia bisa dipakai untuk mengatasi kulit kering kering dan bibir pecah-pecah. Sebagai informasi, minyak ini dibuat dari penggilingan buah zaitun yang asalnya dari Mediterania, lho.

Minyak zaitun mengandung lemak, vitamin E, antioksidan, dan vitamin K. Tak hanya itu, ia juga memiliki kandungan zat besi, kalsium, dan kalium, namun kadarnya sangat sedikit. Melihat kandungan nutrisi dalam minyak zaitun tersebut, tak heran jika minyak alami ini memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan kulit wajah. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

1. Melembapkan kulit

source: freepik

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang pertama adalah mampu menjaga kelembapan dan mengatasi kulit wajah yang kering. Minyak ini juga diduga dapat dijadikan pelembap untuk kulit yang terpapar sinar matahari.

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun tipis-tipis ke wajah. Bila minyak zaitun yang dioleskan terlalu tebal, lap dengan tisu agar tidak menyumbat pori-pori dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Baca juga | 9 Rekomendasi Skincare Lokal untuk Kulit Kering

2. Sebagai pembersih wajah

source: freepik

Selain dapat melembapkan, siapa sangka minyak zaitun juga bisa berfungsi sebagai cleanser. Khasiatnya, ia dapat membersihkan kulit wajah dari kotoran dan makeup serta menghasilkan kulit yang bersih dan cerah.

Pembersih wajah berbasis minyak zaitun untuk wajah ini cocok diaplikasikan pada tipe wajah kering. Keuntungannya, kamu juga tidak perlu memakai makeup remover tambahan bila menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih.

Baca juga | 9 Facial Wash yang Cocok untuk Remaja

3. Mencegah dan mengatasi jerawat

manfaat minyak zaitun untuk wajah

source: freepik

Meskipun ada beberapa perawatan yang lebih advance dan profesional untuk mengatasi jerawat, namun kamu juga dapat mengobati jerawat di rumah, lho. Ya, kamu dapat menggunakan minyak zaitun untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun ke area kulit. Kemudian gunakan jari untuk memijat kulit guna membantu penyerapan yang lebih baik. Minyak ini dapat diaplikasikan ke kulit sekitar 5 – 10 menit, tetapi jangan meninggalkannya pada kulit selama lebih dari 10 menit, ya.

4. Melembapkan bibir

manfaat minyak zaitun untuk wajah

source: freepik

Manfaat selanjutnya adalah melembapkan bibir. Caranya pun sangat mudah, tambahkan setetes minyak zaitun untuk melembapkan bibir secara alami. Gunakan di bibir kamu sebelum tidur untuk merawat bibir yang kering dan pecah-pecah. Dengan menggunakannya secara rutin, masalah bibir tersebut bisa segera diatasi.

Meski kamu tidak memiliki masalah bibir kering dan pecah-pecah, tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan ini sebelum tidur malam. Karena selain melembapkan, kamu juga akan mendapatkan bibir yang cerah dan merah merona, lho.

Baca juga | 10+ Rekomendasi Lip Balm Terbaik, Bibir Merah, Lembap, Dan Sehat (Terbaru Tahun 2022)

5. Mempertebal alis

manfaat minyak zaitun untuk wajah

source: freepik

Kurang percaya diri dengan alis yang tipis? Tenang, minyak zaitun dapat mempertebal alis karena mengandung asam lemak serta vitamin E dan K yang semuanya berfungsi untuk menebalkan, melembutkan, melembapkan, memperbaiki, dan melindungi alis. Vitamin A dan E juga dapat membantu rambut alis kamu tumbuh lebih cepat dan lebih tebal serta membantu membuatnya tetap gelap.

Caranya pun sangat sederhana, kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke bagian alismu tipis-tipis sebelum tidur. Kemudian pijat perlahan agar minyak terserap sempurna oleh kulit alismu.

6. Menumbuhkan bulu mata

Minyak zaitun kaya akan asam lemak esensial yang bertindak sebagai emolien untuk menumbuhkan, melembapkan, dan melembutkan bulu mata kamu. Cara termudah untuk mengoleskan minyak zaitun adalah dengan menggunakan sikat bulu mata yang sudah dibalur minyak lalu sapukan ke bulu mata secara perlahan. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal, ya!

Baca juga | 5 Cara Membuat Minyak Kemiri Mudah Dan Murah, Bisa Dilakukan di Rumah Loh!

7. Mencegah penuaan

Saat diaplikasikan ke kulit, antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun akan bekerja dan mencegah penuaan dini, lho. Seiring bertambahnya usia, pastinya kulit mulai mengendur dan mengembangkan kerutan. Tanda-tanda penuaan ini bisa diperlambat dengan minyak zaitun. Hal ini karena kandungan antioksidannya, minyak zaitun dapat mengurangi penuaan kulit dan kerutan.

8. Scrub kulit wajah

Kamu bisa membuat scrub wajah alami dengan menggunakan campuran minyak zaitun dan garam laut, lho. Hal ini sangat bermanfaat jika kulit kamu memiliki tipe kulit bersisik dan kering,

Caranya, campurkan 3 sdt minyak zaitun murni dengan 5 sdt garam laut. Lalu, pijat dengan lembut ke area sisi hidung dan bagian wajah lainnya yang kering. Campuran garam dan minyak bisa mengelupas kulit kering sambil meningkatkan kelembapan di wajahmu.

Baca juga | Rekomendasi 11 Scrub Wajah Terbaik

9. Mengurangi risiko kanker

Minyak zaitun mengandung zat squalene dalam jumlah besar. Zat ini akan membantu mencegah atau memperbaiki kerusakan kulitmu yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet penyebab kanker kulit.

Itu dia beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga | Yuk, Simak Manfaat Kurma bagi Kesehatan!

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *