Site icon Vocasia

8 Manfaat Public Speaking Bagi Mahasiswa

Kemampuan berkomunikasi merupakan suatu hal penting dimiliki oleh setiap orang agar pesan yang disampaikan oleh komunikator dapat dengan mudah ditangkap oleh komunikan. Kemampuan tersebut harus dimiliki oleh seorang pelajar atau mahasiswa.

Namun, tidak semua mahasiswa memiliki kemampuan tersebut karena berbagai alasan salah satunya tidak percaya diri untuk berbicara di depan orang banyak. Hal tersebut akhirnya membuat mahasiswa abai akan manfaat public speaking.

Padahal, apabila kita mengetahui manfaat public speaking, kita dapat menguasai teknik public speaking sehingga kepercayaan diri kita untuk berbicara di depan orang akan meningkat dan turut meningkatkan nilai dalam diri kita.

Melalui artikel ini, kita akan membahas pentingnya public speaking bagi mahasiswa. 

Pengertian Public Speaking

Pengertian public speaking (freepik)

Public speaking terdiri dari dua kata, yaitu public dan speaking. Public artinya masyarakat umum atau orang banyak, sedangkan speaking artinya berbicara. Artinya, public speaking adalah seni berkomunikasi secara lisan yang dilakukan oleh seseorang ke sekelompok orang secara langsung bertatap muka. Contoh public speaking yaitu pidato, moderator, MC (Master of Ceremony), dan saat melakukan presentasi.

Public speaking memiliki berbagai tujuan sesuai dengan kebutuhannya yaitu menyampaikan informasi, memengaruhi dan membujuk orang serta memotivasi. Kita sadari atau tidak, public speaking sudah kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti berbicara dengan teman, mengeluarkan pendapat dalam rapat, dan presentasi didepan kelas.

Manfaat Public Speaking Bagi Mahasiswa

Manfaat public speaking bagi mahasiswa (freepik)

Public speaking sangat penting bagi kehidupan sehari-hari karena kita akan mendapatkan momen yang mengharuskan kita untuk berbicara di depan umum, seperti pada saat memimpin rapat, mengeluarkan pendapat di dalam kelas atau presentasi di depan kelas, dan semacamnya.

Gagasan, ide, informasi atau hal lainnya akan tersampaikan dengan baik apabila kita mempunyai kemampuan public speaking yang baik pula. Selain itu, kita juga akan lebih percaya diri, mampu menjadi pemimpin, dan memotivasi orang lain.

Tak hanya itu, public speaking memiliki manfaat lain, loh. Berikut manfaat public speaking bagi mahasiswa.

1. Menyampaikan Pesan dengan Lebih Efektif

Komunikasi yang baik terjadi ketika pesan yang ingin kamu sampaikan bisa diterima secara jelas oleh pihak lain. Kalau kamu memiliki kemampuan public speaking yang baik, tentunya kamu bisa mengetahui bagaimana cara menyampaikan informasi secara lebih efektif.

2. Melatih Kemampuan Critical Thinking

Apabila kamu mempunyai kemampuan public speaking, otomatis kamu lebih percaya diri untuk menyampaikan pendapat di ruang publik. Hal tersebut akan melatih kemampuan kamu untuk berpikir kritis atau critical thinking. 

Dengan bertukar pendapat dalam ruang publik, kamu terlatih untuk berpikir lebih kritis, terutama saat mengatur cara komunikasi yang baik serta menanggapi pendapat berbeda dengan lebih bijak.

Baca juga | Critical Thinking: Pengertian, Manfaat, Dan Cara Membentuknya

3. Mempermudah Belajar di Dalam Kelas

Ketika berada di dalam kelas, tak jarang kita melakukan sesi presentasi dan diskusi. Nah, seringkali saat akan melakukan presentasi tiba-tiba kita merasa gugup bahkan takut untuk berbicara padahal kita memiliki banyak pertanyaan atau jawaban di dalam kepala kita. Akhirnya, kita memilih untuk memendam pertanyaan atau jawaban tersebut.

Apabila kita sudah menguasai teknik public speaking seperti memahami topik pembicaraan, berani untuk berbicara atau bahkan sampai kita bisa mempengaruhi orang lain maka prosesnya akan lebih mudah dan tidak merasa terbebani.

4. Meningkatkan prestasi di Dalam Kelas

Public speaking akan membantu mahasiswa untuk meningkatkan prestasi. Sebagai contoh, ketika kita aktif untuk selalu menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh dosen atau memberikan pertanyaan dan menyampaikan pendapat kita di dalam kelas, dosen akan mengenal kita menandai bahwa kita merupakan mahasiswa yang aktif.

Dengan begitu saat dosen ingin memberikan nilai, beliau ingat akan keaktifan yang kita lakukan di kelas sehingga dosen tersebut pastinya akan memberikan nilai yang lebih.

5. Berperan Aktif Selama Masa Kuliah

Mempunyai kemampuan public speaking yang bagus dapat membuat kamu lebih percaya diri serta aktif selama mengikuti kegiatan kuliah. Hal dasar terkait  tugas kuliah seperti presentasi sampai sidang skripsi akan terbantu apabila kemampuan public speaking kamu mendukung.

Selain itu, manfaat public speaking akan berguna apabila kamu mengikuti organisasi atau klub di luar kegiatan kuliah. Dengan memiliki kemampuan public speaking, pendapat yang kamu utarakan akan lebih luwes dan jelas di dalam forum atau rapat.

Baca juga9 Cara Membagi Waktu Kuliah Dan Organisasi Bagi Kamu Yang Aktif Di Kampus

6. Mempermudah Pergaulan

Sebagai mahasiswa kita pasti membutuhkan teman, paling tidak teman untuk sharing mengenai perkuliahan. Maka dari itu, kita perlu berkenalan. Memiliki kemampuan public speaking artinya kita memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

Kemampuan tersebut bisa menguntungkan kalian untuk berkenalan dan bergaul dengan teman yang lain.

7. Menjalin koneksi lebih luas

Eksistensi kita dalam ruang publik akan semakin mudah dilihat apabila kita lancar dalam public speaking. Kamu juga akan lebih mudah melakukan pendekatan ke orang baru selama berkuliah.

Berkat hal itu, kamu bisa menjalin koneksi dengan orang-orang baru serta memperkuat hubungan dengan teman lama kamu.

8. Memperoleh peluang karir lebih luas

Pintu-pintu kesempatan yang lebih luas akan terbuka lebar untuk kamu apabila kamu memiliki kemampuan public speaking yang baik, contohnya dalam bidang karier. Kemampuan public speaking yang kamu asah sejak menjadi mahasiswa akan menunjang karier kamu sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Kemampuan public speaking kamu bahkan sudah terlihat ketika wawancara kerja. Jika kamu terbiasa berbicara di ruang publik atau di depan orang banyak, kamu akan lebih terlihat percaya diri dan kamu dapat mengambil hati interviewer secara lebih profesional akan jadi lebih tinggi.

Baca juga | Berikut Contoh Kelebihan Dan Kekurangan Diri Sendiri Yang Seimbang Untuk Persiapanmu Wawancara Kerja!

Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan public speaking penting untuk dimiliki oleh mahasiswa karena dapat membangun rasa kepercayaan diri, meningkatkan kemampuan berpikir kristis, dan memotivasi orang lain. Alasan mahasiswa yang enggan untuk berbicara di depan umum adalah karena merasa tidak percaya diri dan rendahnya teknik dalam berbicara.

Maka dari itu, kita harus menjauhkan pikiran negatif dan belajar untuk berpikir positif bahwa kita mampu. Kita juga harus menerima masukan dan nasihat dari orang lain. Persiapkan diri dengan baik sebelum berbicara di depan umum atau public speaking, dengan persiapan yang baik akan membantu pembicara mengantisipasi gangguan yang akan muncul ketika kita berbicara di depan umum.

Kamu bisa mengasah kemampuan public speaking dengan mengikuti kursus yang disediakan oleh Vocasia yaitu Reform Your Public Speaking Skill With DaffaSpeaks. Kamu akan belajar mengatasi rasa grogi, malu, serta takut yang kamu alami dan menjadi lebih percaya diri. Nantinya kamu akan lebih mampu menerapkan teknik public speaking dengan tepat dan efektif.

Exit mobile version