Tanggal:21 July 2024
matlab

Mengenal MATLAB, Platform Pemrograman Serbaguna

MATLAB menjadi salah satu alternatif platform yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan seorang engineer. Hal ini didukung dengan adanya fitur pengolahan numerik, sehingga memungkinkan untuk mengolah angka dan bahasa pemrograman. Nah, bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak mengenai platform ini, simak paparan berikut ini! 

Baca juga: Mengenal Scratch Aplikasi Pemrograman Asyik Bagi Anak

Apa Itu MATLAB? 

matlab

ilustrasi MATLAB (sumber: pexels)

MATLAB pertama kali dirilis oleh MathWorks sekitar tahun 1970 yang banyak digunakan untuk mengolah angka dan bahasa pemrograman. Selain itu, MATLAB juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan teknik, matematika, dan sains. 

MathWorks mengungkapkan bahwa platform pemrograman ini berbasis matriks, sehingga memungkinkan untuk menganalisis data, membuat algoritma, serta menciptakan pemodelan dan aplikasi. 

Selain digunakan dalam pemrograman, MATLAB juga dimanfaatkan untuk mengembangkan deep learning, machine learning, serta hal-hal terkait lainnya. Secara umum, MATLAB dapat digunakan oleh berbagai kalangan, dimulai dari pelajar hingga profesional. 

Baca juga: Apa Itu Bahasa Pemrograman Python?

Kegunaan MATLAB 

sumber: pexels

Dummies pernah mengungkapkan beberapa fungsi dari MATLAB, diantaranya: 

1. Menyelesaikan Masalah Engineering 

Dalam ilmu teknik, matematika menjadi elemen terpenting, sehingga MATLAB akan menjadi platform yang sangat berguna dalam menyelesaikan berbagai masalah terkait engineering

MATLAB memungkinkan penyelesaian pengolahan angka dan model rumit. Selain itu, dengan platform pemrograman ini mampu merancang, mencoba, dan mengembangkan solusi dari tiap persoalan terkait engineering

2. Mengolah Permasalahan Aljabar Linear 

Aljabar linear dapat digunakan untuk menghitung return on investment (ROI). Ada pula beberapa manfaat lainnya, yaitu untuk memprediksi jumlah turnover perusahaan, kontrol inventaris, menyusun rencana finansial, serta membuat keputusan bisnis yang tepat.   

3. Analisis Numerik 

Bagian dari ilmu statistika ini berguna untuk membuat keputusan di berbagai ilmu teknik, seperti arsitektur, teknik sipil, hingga teknik industri. Oleh karena itu, MATLAB dianggap sebagai platform yang berguna untuk pengolahan data. 

Baca juga: Tips Belajar Pemrograman Bagi Pemula, Wajib Tahu!

4. Mengolah Data Riset 

Hasil riset dapat divalidasi melalui platform pemrograman ini dengan berbagai metode. Selain itu, platform ini juga memungkinkan untuk memvisualisasikan hasil risetnya. 

5. Simulasi 

Pemodelan maupun algoritma dapat diselesaikan dengan platform pemrograman ini untuk menyelesaikan problematika. Selain itu, platform ini dapat menyimulasikan hasil akhirnya untuk menguji keberhasilannya. 

Sistem MATLAB

Dilansir dari Cooperative Institute for Meteorological Satellite Studies terdapat beberapa bagian utama dari sistem MATLAB, diantaranya: 

1. MATLAB Language

Untuk mengolah berbagai program atau fungsi yang kompleks, platform pemrograman ini menggunakan high-level matrix atau array language

2. Working Environment 

Sistem ini merupakan kumpulan tool dan fasilitas yang tersedia untuk bekerja pada platform pemrograman ini. Tool dan fasilitas yang tersedia tersebut dapat digunakan untuk mengelola variabel yang nantinya akan berguna sebagai upaya mengimpor dan mengekspor data. 

3. Sistem Grafis 

Sebagaimana namanya, sistem dalam platform pemrograman ini berguna untuk memproses gambar, visualisasi data, membuat animasi, dan mempresentasikan grafis. 

Baca juga: 5 Website Untuk Belajar Pemrograman

4. Mathematical Function Library 

Fungsi matematis dari platform pemrograman ini menjadi salah satu keunggulannya. Kumpulan algoritma komputasional dimulai dari yang sederhana hingga kompleks tersedia di platform ini. Seluruh fungsi matematis ini dapat diproses dengan kecepatan yang tinggi, asal perangkat kerasnya mendukung. 

5. Application Program Interface (API)

API dalam platform pemrograman ini dapat memberi akses pada penggunanya untuk menulis program C dan Fortran. 

Demikian paparan mengenai MATLAB yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam pemrograman. Jika Anda tertarik mempelajari pemrograman, Anda dapat mengikuti kelas Training intensive pemrograman PHP dan database MySQL bersama vocasia. Anda akan dibimbing secara intensif dengan pembimbing yang kompeten di bidangnya. Tunggu apalagi? Daftarkan dirimu sekarang juga! 

Kursus membuat Aplikasi website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *