Tanggal:25 April 2024

Media Digital: Pengertian, Pentingnya, Jenis dan Contohnya

Media digital adalah format konten yang dapat diakses oleh perangkat digital yang dapat disimpan, diakses, dan dimanipulasi dengan menggunakan media elektronik. Media digital memiliki banyak keunggulan dibandingkan media tradisional seperti media cetak. Lebih interaktif, lebih menarik, dan lebih mudah diakses.

Seiring berjalannya waktu, media digital terus berkembang dan selalu ada cara baru dan inovatif untuk menggunakannya. Media digital telah mengubah cara kita berkomunikasi dan mengonsumsi informasi. Hal tersebut dapat memungkinkan semua orang dapat saling terhubung dan berbagi pemikiran dan ide secara instan.

Apa itu Media Digital

Secara bahasa, media artinya sarana, alat, atau saluran. Digital artinya berkaitan dengan atau menggunakan komputer atau internet. Dengan demikian, pengertian media digital adalah media yang menggunakan komputer dan internet.

Media digital adalah informasi yang dibagikan melalui perangkat atau layar digital. Pada dasarnya, media digital adalah segala bentuk media yang bergantung pada perangkat elektronik untuk pembuatan, distribusi, tampilan, dan penyimpanan.

Bentuk media digital dapat dibuat, dimodifikasi, dan didistribusikan melalui perangkat elektronik. Media digital yang umum digunakan adalah perangkat lunak (software), video game, video, website, media sosial, dan iklan online. Media digital juga dipahami sebagai informasi yang dibagikan melalui perangkat atau layar digital.

Pentingnya Platform Media Digital

1. Memfasilitasi Interaksi Sosial

Media digital telah memungkinkan orang untuk terhubung satu sama lain dari seluruh dunia. Dengan bentuk media digital, memungkinkan untuk dapat berkomunikasi satu sama lain secara instan, yang memudahkan untuk membangun hubungan dan berinteraksi dengan orang-orang yang tidak pernah ditemui sebelumnya.

2. Mengoptimalkan Media Sosial dan Pengenalan Brand

Media digital telah memudahkan bisnis untuk menjangkau pelanggan mereka dan dapat menjual produk dan layanan pegiat bisnis. Hal ini akan memudahkan bisnis untuk menciptakan dan mempertahankan kehadiran online yang kuat.

3. Meningkatkan Lapangan Bisnis UMKM

Media digital telah meratakan lapangan bermain untuk usaha kecil dan menengah seperti UMKM. Bisnis kecil dan menengah sekarang dapat bersaing dengan bisnis yang lebih besar menggunakan teknik pemasaran digital seperti pemasaran media sosial dan optimisasi mesin pencari.

4. Menyelaraskan Cara Konsumen Berbelanja

Media digital telah mengubah cara konsumen berbelanja. Konsumen sekarang dapat meneliti produk dan layanan secara online sebelum mereka melakukan pembelian. Ini telah membuatnya penting bagi bisnis untuk memiliki kehadiran online.

5. Meningkatkan Komunikasi dan Kolaborasi

Media digital telah meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antar manusia. Pada hal ini, memungkinkan semua orang dapat berbagi ide dan mengerjakan proyek bersama dari seluruh dunia. Ini memudahkan untuk tetap terhubung dan bekerja sama dalam proyek.

Baca juga| Pengertian Social Media Engagement Dan Strategi Meningkatkannya

Image: Freepik

Jenis Media Digital

Media non digital mencakup beberapa jenis teknologi komunikasi, beberapa diantaranya telah ada selama ratusan tahun. Koran, majalah buku, dan bahan cetak lainnya termasuk diantara jenis pertama media tradisional. Bentuk-bentuk media tersebut bertahan, bergabung pada abad ke-19 oleh telegraf dan pada abad ke-20 oleh radio dan televisi, contoh pertama dari media massa.

Era digital, bagaimanapun, berarti seperangkat metode dan perangkat transmisi media yang sama sekali baru, dengan lebih berkembang setiap tahun. Saat ini, sebagian besar jenis media digital termasuk ke dalam salah satu subkelompok tutama ini adalah:

1. Audio

Bentuk audio media digital termasuk stasiun radio digital, podcast, dan buku audio. Puluhan juta orang Amerika berlangganan layanan radio digital seperti Apple Music, Spotify, Tidal, Pandora, dan Sirius, yang menyediakan berbagai jenis musik dan memungkinkan pengguna untuk mendengarkan database jutaan lagu sesuai permintaan.

2. Video

Banyak outlet media digital bersifat visual, mulai dari layanan streaming film dan televisi seperti Netflix hingga simulator bedah realitas virtual yang digunakan pada institusi medis. Salah satu perusahaan terbesar yang bermain di media digital visual adalah YouTube yang menampung milyaran video. Diluncurkan pada tahun 2005, situs web ini adalah salah satu tujuan yang paling populer di internet.

3. Media Sosial

Media sosial mencakup situs-situs seperti Twitter, Facebook, Instagram, LinkedIn, dan Snapchat, yang memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi satu sama lain melalui pos teks, foto, dan video, berkomentar dan meninggalkan like untuk menciptakan percakapan seputar budaya pop, olahraga, berita, politik, dan peristiwa sehari-hari dalam kehidupan pengguna.

4. Periklanan

Pengiklan telah memasuki lanskap media digital, memanfaatkan kemitraan pemasaran dan ruang iklan sedapat mungkin. Internet telah beralih dari pengguna iklan pop-up dan autoplay, yang membanjiri situs web awal dan mengusir pengunjung. Sebaliknya, pengiklan melihat konten asli dan metode lain untuk menjaga konsumen tetap berinvestasi tanpa menjual produk mereka secara berlebihan.

5. Berita, Sastra, dan Lainnya

Secara tradisional, orang mengonsumsi teks melalui buku, surat kabar cetak, majalah, dan sejenisnya. Meskipun media digital telah menjamur, keinginan untuk pengalaman pembaca semacam itu tetap ada. Penelitian menunjukkan bahwa 38% orang dewasa membaca berita online.

Baca juga| Intip Prospek Kerja Menjanjikan Sosial Media Specialist

Image: Freepik

Strategi Media Digital

Strategi media digital adalah rencana tindakan yang menguraikan bagaimana kamu akan menggunakan program media digital untuk mencapai tujuan bisnis di era digital saat ini. Ketika membuat strategi media digital, kamu perlu mempertimbangkan jenis konten apa saja yang akan kamu buat, siapa target audiens yang ingin dituju, dan bagaimana kamu akan mendistribusikan konten yang dibuat,

Kamu juga perlu mempertimbangkan jenis pemasaran digital serta teknik periklanan online apa yang akan kamu gunakan untuk mempromosikan konten. Strategi media digital perlu disesuaikan dengan tujuan bisnis yang spesifik. Itu juga harus cukup fleksibel untuk berubah seiring perubahan lanskap digital.

Contoh Perusahaan Media Digital

Ketika dunia digital telah mengambil alih lanskap bisnis modern, beberapa perusahaan paling berharga di dunia berada di bidang teknologi. Banyak dari perusahaan ini memiliki kepentingan dan divisi yang beragam, termasuk dalam berbagai bentuk media digital dan usaha terkait. Dengan demikian, perusahaan media digital teratas adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia.

1. Google

Google didirikan tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin, dimulai sebagai mesin pencari baru yang revolusioner, yang mendorong pertumbuhan salah satu merek paling berharga di dunia. Google telah menjadi besar, banyak perusahaan teknologi nasional. mengembangkan segala sesuatu yang berhubungan dengan internet, termasuk browser web sendiri (Chrome), laptop (Chromebook), kacamata pintar, dan streaming televisi internet (Chromecast).

2. Netflix

Netflix diluncurkan pada tahun 1997 sebagai layanan penyewaan film berbasis online, di mana orang dapat memesan DVD dan mengirimkan ke rumah mereka. Pelanggan membuat daftar film yang diinginkan, dan Netflix mengirimi mereka DVD dari daftar tersebut. Pengguna dapat menyimpan DVD selama yang mereka inginkan, menerima film berikutnya dalam daftar mereka setelah kembalinya yang pertama.

Netflix telah berkembang dari distributor film pihak ketiga menjadi raksasa streaming online, dengan lebih dari 150 juta pelanggan membayar untuk campuran televisi, film, dan konten asli. Merek ini telah meluncurkan sensasi budaya pop seperti “Orange Is the New Black,” “Stranger Things,” dan “BoJack Horseman.”

3. Apple

Apple telah berkembang dari perusahaan komputer khusus dengan pemasaran yang elegan menjadi salah satu kekuatan teknologi yang dominan di planet ini. 

Didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak pada tahun 1976, Apple menghabiskan seperempat abad pertama keberadaannya sebagai perusahaan komputer terdepan meskipun sedang berjuang, dengan beberapa produk mengesankan yang tidak pernah cukup populer. 

Kemudian, dengan pengenalan iMac pada tahun 1998, diikuti oleh iPod tiga tahun kemudian, dipasarkan dengan strategi brilian Jobs yang mendorong intrik dan permintaan, Apple pindah ke garis depan pasar gadget. 

Pada tahun-tahun sejak itu, produk seperti iPhone, iPad, dan Apple Watch telah membuat Apple tetap kuat. Jutaan orang Amerika mengonsumsi media digital dalam jumlah besar setiap hari melalui produk Apple mereka, seperti iTunes dan Apple TV.

4. Media Sosial

Facebook dan Twitter adalah dua situs media sosial terbesar. Instagram, YouTube, Snapchat, dan TikTok juga memiliki basis pengguna yang substansial dalam ratusan juta atau lebih. 

Menurut Survei Penelitian Pew 2018, 75% dari semua orang dewasa AS menggunakan YouTube dan 68% menggunakan Facebook. 

Lebih dari 94% anak berusia 18 hingga 24 tahun menggunakan YouTube, dan 80% dari mereka menggunakan Facebook. Pemain utama di dunia bisnis memiliki merek-merek ini. 

Misalnya, Facebook memiliki Instagram dan platform lain seperti WhatsApp. Selain itu, Google memiliki beberapa usaha web termasuk YouTube. Ketika generasi yang tumbuh dengan media sosial bertambah tua dan pengguna baru bertambah dewasa, jumlah orang di platform ini kemungkinan akan terus bertambah.

Baca juga| Mengelola Bisnis Digital Marketing Dengan Facebook Business Manager

5. Ecommerce: Amazon

Amazon tetap menjadi raksasa perdagangan digital, dengan kehadiran yang sangat besar di bidang media digital. Perusahaan ini, pada kenyataannya, adalah salah satu yang terbesar di dunia berdasarkan nilai pasar menurut Investopedia. 

Dari Amazon Prime dan layanan streaming yang menyertainya hingga asisten pribadi, layanan cloud, dan iklan digital, perusahaan ini memiliki kehadiran online yang luas. Ini tercermin dalam pertumbuhannya, dengan pendapatan tiga kali lipat antara 2017 dan 2018, dari $ 117,9 miliar menjadi $ 232,9 miliar.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *