Tanggal:23 April 2024
Power nap adalah

Mengenal Power Nap: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya!

Rasa kantuk dapat melanda kapan saja dan di mana saja. Tak terkecuali saat kamu sedang bekerja. Tentunya hal itu akan membuat fokusmu terpecah dan pekerjaanmu jadi ikut terganggu. Salah satu cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasinya adalah melakukan power nap. 

Beberapa perusahaan raksasa dunia, seperti Google dan NASA telah memberikan ruang khusus untuk power nap bagi para karyawannya, lho. Mereka percaya bahwa power nap juga dapat membantu meningkatkan produktivitas.

Nah, sebenarnya apa sih power nap itu? Dalam artikel ini akan dibahas tentang apa itu power nap secara lengkap. Selamat membaca hingga akhir!

Baca juga : 12 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja, Dijamin Ampuh!

Pengertian Power Nap

Pengertian Power Nap (freepik)

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata power nap? Power nap adalah tidur singkat yang memiliki segudang manfaat jika dilakukan. Tidur singkat ini akan membantu meningkatkan fungsi otak. Selain itu, tidur singkat juga dapat menjaga stamina kamu.

Bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan, power nap dapat dilakukan saat jam istirahat kerja. Biasanya sekitar pukul 12.30-14.00. Sebenarnya durasi power nap sendiri belum ada ketetapan yang pasti. Namun, idealnya durasi power nap adalah sekitar 20-30 menit saja.

Perlu diingat bahwa jangan sampai kamu kebablasan dan tidur lebih dari 30 menit, ya. Hal itu akan mengakibatkan kamu terbangun dalam keadaan yang lesu. Tentunya keadaan tersebut akan berdampak pula pada produktivitas kamu di kantor. 

NASA pernah melakukan riset yang menyatakan bahwa power nap dengan durasi sekitar 26 menit dapat meningkatkan kewaspadaan seseorang sampai 54% dan performa kerja sampai 34%. Namun, banyak ahli lainnya yang ikut menegaskan bahwa power nap dengan durasi 20- 30 menit adalah yang terbaik dan memiliki banyak manfaat.

Baca juga : 8 Cara Mengatasi Gangguan Tidur, Efektif Kamu Coba!

Manfaat Power Nap

Manfaat Power Nap (freepik)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, power nap memang menyimpan segudang manfaat. Berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika melakukan power nap.

  • Membuat tubuh terasa lebih segar dan bertenaga
  • Memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik
  • Membuat rileks serta mengurangi rasa stres dan lelah
  • Mampu meningkatkan daya ingat
  • Meningkatkan produktivitas kerja
  • Menjaga stamina tubuh
  • Menurunkan potensi penyakit jantung dan stroke
  • Meningkatkan daya imun tubuh

Cara Melakukannya

Tentunya untuk mendapatkan manfaat dari power nap secara maksimal, kamu harus melakukannya sesuai anjuran, ya. Adapun cara yang dapat kamu terapkan dalam melakukan power nap seperti di bawah ini:

  • Beberapa perusahaan besar telah menyiapkan tempat tersendiri untuk power nap. Namun, jika tempatmu bekerja tidak menyediakannya, kamu tak perlu khawatir. Carilah tempat yang tidak berisik dan sepi untuk tidur. Jika tidak menemukannya, kamu bisa menggunakan earplug atau sejenisnya untuk mengurangi kebisingan.
  • Pilihlah ruangan yang gelap. Ruangan gelap akan mempermudah kamu untuk terlelap lebih cepat.
  • Setel gawaimu menjadi  mode senyap supaya tidak ada distraksi dari hal lain ketika tidur.
  • Jangan lupa pasang alarm supaya kamu tidak kebablasan tidur. Durasi tidur cukup 20-30 menit saja. Selain itu, kamu juga bisa meminta tolong kepada rekan kerjamu untuk membangunkanmu nanti.
  • Rilekskan tubuh dan pikiran. Buat dirimu senyaman mungkin dan cobalah untuk tidur.

Baca juga : 7 Faktor Penentu Produktivitas Karyawan, Faktor Internal dan Eksternal Saling Memengaruhi!

Nah itu dia pembahasan lengkap mengenai power nap. Semoga setelah membacanya, kamu jadi tahu apa itu power nap, ya. Kamu bisa menerapkan tata cara di atas untuk melakukannya dan dapatkan juga berbagai manfaatnya. Selamat mencoba!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *