Tanggal:29 March 2024

Mengenal Sistem Informasi Lebih Dalam

Sistem informasi sangat erat dengan proses pengolahan data. Dalam aktivitas sehari-hari, tentu saja setiap orang perlu memperkaya informasi berbasis data. Sistem informasi secara umum dikenal sebagai alat untuk mempermudah proses penggunaan data atau pemrosesan data dalam suatu organisasi, institusi, maupun badan usaha.

Kursus online belajar grammar vocasia

Pemrosesan data tersebut digunakan untuk berbagai kepentingan khususnya dalam aspek pengambilan keputusan. Dalam hal ini, kamu harus belajar mengenal terkait sistem informasi. Sistem informasi adalah serangkaian komponen yang terintegrasi untuk mengumpulkan, memproses, dan juga menyimpan data.

Saat terjadinya proses pengolahan berbagai rangkaian komponen sistem informasi tentu akan menghasilkan berbagai macam informasi. Informasi tersebut seperti halnya pengetahuan dan produk-produk digital yang bisa kamu jumpai sehari-hari. Perusahaan dapat menggunakan sistem informasi atau SI sebagai alat untuk mengatur operasional secara internal. Hal ini meliputi interaksi dengan pelanggan, pemasok barang, serta pesaing di marketplace.

Data menjadi sangat penting dalam menciptakan suatu informasi. Namun, apakah kamu tahu aneka komponen di dalam sistem informasi tersebut? Yuk, simak penjelasannya!

Baca Juga | Apa Itu Sistem Informasi Pemasaran? Pengertian, Jenis Dan Komponennya

Komponen Sistem Informasi

1. Perangkat keras komputer

Ilustrasi Perangkat Keras (pexels)

Komponen utama dan pertama dari sebuah sistem informasi adalah adanya perangkat keras berupa komputer dan perangkat kabel lainnya. Umumnya, komponen ini dibangun dengan sistem komputer terdistribusi dengan server pemrosesan paralel. Perangkat komputer menjadi komponen yang sangat penting dalam hal pengintegrasian data hingga terhubung dengan server.

Hal ini yang nantinya berperan secara otomatis untuk proses input data dari komputer pengguna menuju server utama. Melalui perangkat komputer tersebut, seluruh proses pengolahan data akan dilakukan secara efektif. Server yang terhubung juga akan mempercepat pemrosesan data menjadi sebuah informasi tertentu.

Baca Juga | Hardware: Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Contohnya

2. Perangkat lunak komputer

Ilustrasi Perangkat Lunak (pexels)

Perangkat lunak atau aplikasi digunakan untuk menjalankan pemrosesan data secara otomatis. Tentu saja olah data tidak bisa berlangsung hanya mengandalkan perangkat keras komputer. Perlu adanya perangkat lunak atau aplikasi yang dijalankan di dalamnya. Umumnya, perangkat lunak dalam sistem informasi dibagi untuk sistem dan aplikasi.

Perangkat lunak dalam komputer sistem informasi dapat bertugas untuk mengelola perangkat keras, data program, dan sumber daya sistem lain. Kemudian, perangkat lunak juga mampu menyediakan sarana bagi pengguna seperti kamu untuk mengontrol penggunaan grafis. Perangkat lunak aplikasi dalam sistem informasi biasanya berbentuk suatu program yang dirancang untuk menangani tugas-tugas tertentu.

Baca Juga | Apa Itu Software? Yuk Kenali Lengkap Beserta Fungsinya

3. Telekomunikasi

Ilustrasi Data Server Telekomunikasi (pexels)

Adanya berbagai proses pengolahan data tak luput dari sistem telekomunikasi yang baik. Untuk sinkronisasi sistem informasi dengan seluruh perangkat komputer di dalam organisasi, diperlukan adanya integrasi telekomunikasi. Sinkronisasi tersebut perlu dilakukan agar berbagai perangkat komputer dalam terhubung menjadi satu wadah. Umumnya, komponen telekomunikasi berbentuk portabel atau kabel seperti koneksi internet lokal area (LAN), sensor, dan beberapa perangkat untuk melacak proses produksi atau operasional organisasi.

Sistem informasi memerlukan komponen telekomunikasi karena sifatnya yang mengumpulkan banyak data dan mengolahnya menjadi informasi. Informasi ini juga nantinya dapat diakses secara terintegrasi oleh semua pengguna dalam suatu organisasi atau perusahaan tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya jaringan kuat agar dapat menunjang kinerja sistem informasi dengan optimal.

Baca Juga | Begini Perkembangan Revolusi Teknologi Komunikasi

4. Basis data dan penyimpanan

Ilustrasi Basis Data (pexels)

Basis data dan penyimpanan sangatlah penting dalam komponen sistem informasi. Ruang penyimpanan dan basis data yang baik berguna untuk membuat sistem informasi bekerja optimal. Tanpa adanya basis data dan ruang penyimpanan yang cukup, informasi yang dihasilkan tidak dapat maksimal dan terbatas. Oleh karena itu, keberadaan basis data merupakan kumpulan data yang saling terkait dan teratur menjadi bagian penting bagi sistem informasi.

Basis data ini seperti halnya catatan karyawan dalam suatu organisasi serta katalog produk yang pernah ada dalam perusahaan tersebut. Basis data (database) dapat digunakan untuk mendukung operasional dan fungsi manajemen suatu perusahaan dari waktu ke waktu. Adanya basis data juga dapat digunakan untuk proses evaluasi atas informasi terkini dengan data di masa lampau. Seluruhnya terhubung menjadi satu dan memiliki peranan penting dalam pemrosesan data ke depan.

Baca Juga | 11 Jenis Database Beserta Contohnya

5. Sumber daya manusia dan prosedur

Ilustrasi Sumber Daya Manusia (pexels)

Pemrosesan data tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang cakap sebagai bagian teknis dalam pengelolaan sistem informasi. Sumber daya manusia harus mampu mengatur keseluruhan sistem terkait teknis agar semua proses dapat berjalan dengan maksimal. Saat kamu tergabung dalam suatu organisasi, tentu saja harus dilatih untuk memanfaatkan sistem informasi secara maksimal. Hal ini ditujukan agar operasional organisasi atau perusahaan dapat berjalan lebih cepat dan efisien. Oleh karena itu, diperlukan pula adanya prosedur penggunaan atau pengoperasian sistem informasi oleh banyak pengguna.

Baca Juga | 9 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi yang Banyak Dibutuhkan!

Tujuan Sistem Informasi

Tujuan sistem informasi tentunya selalu berkaitan erat dengan proses pengolahan data. Data harus mampu diproses dengan baik dan menghasilkan sebuah informasi tertentu. Berikut beberapa tujuan adanya sistem informasi ialah :

  • Mengumpulkan data masukan
  • Menyimpan data
  • Menghasilkan luaran informasi

Nah, itu dia pemahaman seputar sistem informasi. Kamu dapat lebih dulu memahami pengertiannya. Lalu pelajari juga komponen penting di dalam sistem informasi. Hal tersebut sangatlah penting dalam penciptaan sebuah informasi bagi kepentingan berbagai pihak. Semoga menambah pengetahuan kamu, ya.

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *