Tanggal:18 April 2024

Apa Itu PayPal? Pengertian, Fungsi, Cara Daftar dan Cara Pakai, serta Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian PayPal

Menurut Pocket Lint, PayPal adalah layanan keuangan online yang memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi jual beli online dengan menggunakan akun. Nantinya di dalam akun tersebut dapat kamu tambahkan rekening bank, kartu kredit ataupun kartu debit untuk melakukan pembayaran menggunakan PayPal kapan pun kamu mau.

Selain melakukan pembayaran online, PayPal juga dapat digunakan untuk menerima uang secara online. Apabila kamu mempunyai teman yang mempunyai akun PayPal juga, maka kamu bisa menerima uang dari teman kamu lewat PayPal ataupun kartu kredit. Uniknya lagi, kamu bahkan bisa menjangkau pasar hingga luar negeri.

Ketika kamu melihat barang yang kamu sukai, tetapi penyedia produknya berada di luar negeri, kamu bisa menggunakan PayPal untuk membayar barang tersebut. Kini, PayPal telah digunakan oleh lebih dari 179 juta pengguna aktif dengan jangkauan 200 pasar dan 100 jenis mata uang di seluruh dunia.

Fungsi PayPal

PayPal menjadi salah satu alat transaksi online yang paling banyak dipilih dan digunakan secara global. Melalui PayPal, dengan mudah bisa mengirimkan sejumlah dana kepada orang lain yang juga memiliki rekening PayPal. Selain mengirimkan dana, kamu juga bisa menerima sejumlah transfer dari seseorang yang memiliki rekening PayPal.

Semua kemudahan ini tentu akan sangat berdampak positif bagi bisnis dan juga beragam urusan keuangan yang dijalankan. PayPal memang memiliki jangkauan yang luas dan bisa diakses di berbagai negara di dunia. PayPal membuat berbagai transaksi keuangan secara online menjadi lebih mudah dan cepat, semua orang bisa berkirim uang dan menerima uang dengan mudah melalui rekening PayPal yang mereka miliki.

Dengan begitu, beragam transaksi jual beli bisa dilakukan dengan mudah dan praktis, karena semua orang dapat membeli dan menjual berbagai barang kebutuhan mereka melalui situs online yang menjangkau hampir seluruh belahan bumi ini. PayPal membuat berbagai transaksi keuangan menjadi lebih mudah, itulah mengapa banyak situs online yang menggunakannya menjadi salah satu alat pembayaran di dalam toko mereka.

PayPal juga dapat membantu menjaga kerahasiaan data diri ketika melakukan berbagai kegiatan belanja online. Pembayaran melalui PayPal bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengirimkan atau memberi tahu berbagai informasi perbankan Anda. Informasi perbankan biasanya akan tersimpan di dalam kartu kredit atau rekening pribadi yang lainnya.

Transaksi belanja dapat berjalan dengan sangat lancar, dan Anda tetap bisa menjaga kerahasiaan informasi perbankanyang lainnya dengan aman. Sebab, menggunakan kartu kredit untuk belanja online tentu akan sangat riskan dan berisiko terhadap berbagai tindak kejahatan online yang belakangan ini marak terjadi.

Jika melihat angka penggunanya, maka PayPal menjadi salah satu alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Hal ini membuktikan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk ini begitu tinggi dan cukup besar. PayPal banyak digunakan sebagai sumber dana dalam melakukan berbagai transaksi online, baik itu pembayaran maupun penerimaan dana yang terjadi di dalam bisnis online.

Cara Daftar PayPal

Berikut ini tahapan pembuatan rekening PayPal:

  • Buka website resmi PayPal di paypal.com
  • Pada bagian atas website, pilih akun yang diinginkan yakni akun pribadi atau akun bisnis.
  • Setelah itu pilih daftar.
  • Masuk ke halaman baru, pilihlah jenis akun yang sesuai keinginan, misalnya akun ‘Primer’ yang dapat digunakan untuk transaksi jual beli online.
  • Isi data pribadi, lalu klik tombol ‘Setuju dan Buat Rekening’.
  • Muncul halaman verifikasi dan masukan kode yang dikirimkan, klik ‘Lanjutkan’ dan kemudian klik ‘Masuk ke Rekening Saya’ Anda akan masuk ke halaman akun rekening PayPal.
  • Lakukan konfirmasi dengan membuka email.
  • Buka email dan klik link yang dikirimkan PayPal.
  • Setelah terkonfirmasi, PayPal akan meminta Anda memasukan email dan password yang sudah didaftarkan.
  • Setelah login, isi kolom pertanyaan yang mudah diingat, lalu klik tombol ‘Kirimkan’
  • Akun PayPal sudah dibuat dan bisa digunakan sebagai transaksi.

Cara Pakai PayPal

Cara menggunakan rekening PayPal di Indonesia, umumnya tak berbeda dengan di negara-negara lain. Namun yang perlu diketahui, PayPal sedikit sulit untuk dimiliki, sebab nasabah harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu sebelum dapat mengakses PayPal.

Pasalnya akun PayPal harus terverifikasi menggunakan kartu kredit sebelum digunakan. Setelah mengoneksikan akun kartu kredit dengan PayPal, Anda bisa langsung menggunakannya untuk melakukan transaksi.

Kelebihan dan Kekurangan PayPal

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan PayPal:

Kelebihan Paypal

  • Gunakan PayPal Indonesia untuk mentransfer uang ke rekening PayPal lain atau rekening bank pribadi di berbagai negara dalam waktu kurang dari 24 jam.
  • Biaya pengelolaan per transaksi relatif murah. Tidak ada biaya administrasi untuk pengiriman uang antar rekening PayPal.
  • Memastikan keamanan. Data pembeli dan penjual serta informasi akun akan dijamin, dan akun PayPal dapat digunakan untuk berbelanja di situs e-commerce di seluruh dunia. Jadi belanja antar negara lebih mudah.
  • Beli barang dengan aman. Jika Anda telah membayar produk yang Anda pesan tetapi belum menerima pesanan, PayPal Indonesia dapat mengembalikan uang yang Anda transfer ke penjual.
  • Hanya dapat diakses melalui smartphone atau perangkat komputer.
  • Sering kali menawarkan diskon menarik untuk setiap pembelian di berbagai merek atau mitra e-commerce dengan PayPal, seperti Nike, HP, Walmart, dll.

Kekurangan PayPal

  • Mudah disalahgunakan. PayPal memungkinkan Anda untuk bertransaksi ke berbagai negara dengan cara yang sangat sederhana. Keterbukaan ini membuat mereka rentan terhadap penipuan atau perilaku kriminal lainnya.
  • Sulit untuk komplain. Sayangnya, tidak ada layanan pengaduan untuk PayPal Indonesia. Situs web yang tercantum adalah nomor PayPal untuk kantor Singapura.
  • PayPal belum menawarkan transaksi dalam beberapa mata uang penting, seperti Rupee India.
  • Transaksi dari PayPal ke akun non-PayPal akan dikenakan biaya sekitar 3% dari total nilai transaksi ditambah biaya admin $0,3. Proses pembekuannya lama.
  • Jika tanda-tanda penyalahgunaan ditemukan, PayPal akan menangguhkan akun. Pembekuan terkadang bisa berlangsung lama, bahkan berbulan-bulan.

Baca juga: Ini Dia 7 Metode Pembayaran Online Paling Populer Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *