Tanggal:25 April 2024

Mengenal Profesi Account Manager dan Jobdesknya

Account manager adalah suatu pekerjaan yang menjembatani antara perusahaan dengan klien. Tanggung jawab mereka untuk memastikan semua kebutuhan dan memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi kepada peningkatan loyalitas klien. Hal itu dilakukan supaya mengamankan pendapatan perusahaan sesuai dengan target yang dicapai.

Untuk menjadi seorang account manager, kamu perlu menempuh pendidikan formal mulai dari jenjang sekolah dasar hingga sarjana. Tentunya harus didasarkan oleh kemampuan skill maupun pengalaman kerja yang sesuai, ya!

Profesi ini pasti sering kamu jumpai pada lowongan pekerjaan di media online, bukan? Account manager adalah profesi yang paling banyak dicari oleh generasi milenial saat ini. Profesi ini menuntut kamu untuk pandai bergaul dan memiliki komunikasi yang bagus. Sehingga, klien bisa memahami penjelasanmu dengan jelas.

Pada profesi account manager, kamu bisa bekerja di sebuah perusahaan besar seperti start up, agensi periklanan, perbankan, konsultan, media public relation, dan lain sebagainya. Akan tetapi, dalam proses kerjanya, kamu juga akan ber-partner langsung dengan divisi produk developer dan marketing agar strategi yang dijalankan bisa efektif.

Lantas, apa saja tanggung jawab maupun klasifikasi yang dibutuhkan bagi seorang account manager? Kamu tak perlu khawatir! Yuk, simak penjelasannya berikut ini hingga akhir!

Apa itu Profesi Account Manager?

Ilustrasi Pekerjaan Account Manager (Pixebay)

Account manager adalah sebuah posisi pekerjaan dalam suatu perusahaan yang bertugas untuk mendekatkan klien kepada jasa dan produk yang akan ditawarkan oleh perusahaan. Menjadi seorang account manager bukanlah hal yang mudah.

Seorang account manager harus mempunyai latar belakang pendidikan yang cocok sehingga bisa melaksanakan semua tugasnya dengan baik. Tak hanya berlatar belakang pendidikan saja agar bisa menempati posisi ini, tetapi juga memerlukan pengetahuan dan pengalaman dalam membuat rancangan bisnis serta kemampuan untuk meningkatkan pelayanan.

Tugas Seorang Account Manager

Account Manager Perusahaan (Pixebay)

Tugas utama seorang account manager yaitu untuk mengetahui dan memahami kebutuhan klien (pelanggan). Dengan cara ini, klien pun bisa memberitahukan kepada perusahaan supaya dapat diselesaikan dan dipenuhi kebutuhannya. Tak hanya itu, berikut beberapa tugas account manager lainnya.

1. Merencanakan strategi pemasaran

Nantinya, kamu akan berhubungan dengan divisi marketing dan product developer. Profesi ini juga memiliki tugas untuk merancang dan membuat strategi pemasaran yang efektif untuk sebuah perusahaan dan dapat diaplikasikan dengan baik pada target pasar yang dituju.

2. Membuat proposal bisnis

Account manager adalah pekerjaan yang dituntut untuk terus dekat dengan klien. Sehingga, sudah menjadi kewajibannya untuk membuat proposal rancangan bisnis yang bertujuan agar mendapatkan klien baru. Proposal yang dibuat nantinya akan menjadi sebuah penawaran yang diberikan oleh perusahaan kepada klien. Tentunya proposal tersebut harus dapat meyakinkan klien. Pembuatannya pun harus diketik dengan rapi, informatif, dan menarik.

3. Mamantau kepuasan pelanggan

Sebagai perwakilan perusahaan, seorang account manager secara tidak langsung bertanggung jawab atas kepuasan klien. Bagi perusahaan, kepuasan pelanggan adalah tujuan utama. Jika puas dengan kinerja perusahaan, ke depannya mereka dapat menjadi pelanggan yang loyal. Oleh karena itu, penting bagi pengelola akun untuk menjalin hubungan dan komunikasi pelanggan yang baik dalam upaya menjaga kepuasan pelanggan.

Baca juga: Mengelola Bisnis Digital Marketing dengan Facebook Business Manager

4. Mengelola anggaran pemasaran, pengeluaran, dan pendapatan

Untuk mengembangkan strategi, seorang account manager juga harus menentukan anggaran yang tepat. Suatu strategi tidak dapat berfungsi secara optimal tanpa adanya anggaran yang mendukung. Akibatnya, account manager juga harus bertanggung jawab untuk mengelola biaya anggaran pemasaran, pengeluaran, dan pendapatan. Keuangan merupakan hal yang esensial dalam perusahaan sehingga harus dikelola dengan baik.

5. Mengidentifikasi peluang bisnis baru

Account manager akan bertugas untuk mencari beberapa peluang bisnis baru. Mereka akan menganalisis mengenai kebutuhan pelanggan, memberikan informasi, solusi, atau alternatif produk dan jasa sesuai kebutuhan yang klien inginkan.

Kualifikasi Khusus bagi Account Manager

Kualifikasi Account Manager (Pexels)

1. Memiliki keterampilan mendengarkan dan komunikasi

Kriteria yang harus kamu penuhi jika ingin terjun pada profesi ini adalah kemampuan untuk berkomunikasi dan mendengarkan yang baik. Kemampuan ini sangat penting karena tugas mereka adalah mendengarkan keluhan dan saran semua klien. Selain itu, keterampilan berbicara juga diperlukan saat akan melakukan presentasi kepada klien dan pihak penting lainnya.

2. Berpikir kritis dan analitis

Menjadi seorang account manager berarti mampu berpikir kritis dan analitis. Alasannya, karena akan membantu menyeimbangkan kebutuhan pelanggan dengan sumber daya perusahaan. Untuk memiliki kemampuan ini, kamu bisa melatihnya dari kebiasaan seperti rasa ingin tahu yang tinggi, membaca buku, membangun networking, dan lainnya.

3. Mempunyai keinginan terus belajar

Account manager juga perlu melihat ketika ada perubahan yang terjadi. Mereka harus memberikan ide yang baru agar berkembang maju dan relevan bagi perusahaan, tim, dan terlebih lagi bagi klien. Diwajibkan mempunyai skill ini karena akan berpengaruh besar untuk perusahaan.

4. Pintar dalam manajemen waktu

Pada pekerjaan satu ini, sudah pasti akan berhubungan langsung dengan klien, bukan? Maka tak jarang akan diminta untuk memberikan penjelasan secara detail di waktu yang tidak menentu. Jika kamu kebetulan memiliki pekerjaan lain di waktu yang bersamaan, hal inilah yang akan membuatmu harus memiliki manajemen waktu yang baik. Usahakan kamu mendahulukan prioritas, terutama pada klien.

5. Dapat bernegosiasi

Karena account manager sering berjumpa dan mencari solusi untuk kepentingan bersama klien, kemampuan negosiasi merupakan hal mutlak yang harus dimiliki demi tercapai kesepakatan. Tentunya supaya menguntungkan antara perusahaan dan klien.

Nah, itulah penjelasan mengenai profesi account manager. Apakah kamu tertarik untuk terjun dalam profesi ini? Memilih karier ini merupakan keputusan yang tepat, lho! Kamu akan memiliki masa depan yang cerah.

Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan info lainnya dari Vocasia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *