Tanggal:24 April 2024

Sarkas: Pengertian dan Contohnya

Sarkas adalah upaya terselubung untuk menyamarkan perasaan marah, takut, atau terluka. Kata sarkas bisa menjadi sindiran terhadalp seseorang atau kondisi tertentu. Istilah sarkas melibatkan membangun atau mengekspos kontradiksi antara makna yang dimaksudkan.

Baca Juga | 28 Contoh Ungkapan Bahasa Inggris Berupa Sindiran Untuk Seseorang!

Tak jarang, komentar sarkas bisa menimbulkan konflik, sarkas mengungkapkan sengatan kebencian yang beracun, menyakiti orang lain, dan merusak hubungan. Niat di balik apa itu mungkin untuk bercanda atau main-main, tetapi sering kali ada unsur permusuhan atau penilaian yang tidak tersamarkan. Sarkas biasanya diutarakan ketika seseorang ingin menyindir sesuatu namun ia ingin mengatakannya dengan cara yang halus atau lucu.

Sarkas biasanya bisa jadi cara untuk menyindir atau mengungkapkan sesuatu yang mengganjal di hati. Biasanya, sarkas muncul ketika hal-hal tidak berjalan seperti yang diharapkan. Yuk, simak rangkuman Vocasia mengenai apa itu sarkas di bawah ini!

Baca Juga | Kata-Kata Promosi Di Facebook Yang Menarik Untuk Bisnismu

Pengertian Sarkas

Sarkas dapat mengatakan banyak hal yang berbeda tentang karakter. Karakter sarkastik yang paling umum adalah sinis, sedikit pahit, menyendiri, dan mungkin sombong. Sarkasme sering digunakan untuk mengejek atau mengolok-olok orang, baik dengan bercanda maupun dengan sungguh-sungguh.

Sarkas biasanya bergantung pada isyarat verbal kata yang diucapkan (seperti nada suara mengejek untuk efek empati) dan konteks. Seperti halnya sindiran, sarkasme tergantung pada pendengar atau pembaca untuk terlibat dalam lelucon. Sarkas adalah ucapan yang tidak tulus.

Untuk memahami apa itu sarkas, seseorang mengandalkan nada suara pembicara, ekspresi wajah, dan pengetahuan mereka tentang apa yang dimaksud pembicara dan bagaimana perasaan pembicara tentang hal itu. Namun, beberapa orang berjuang untuk memahami sarkasme dan cenderung berpikir pembicara benar-benar berarti apa yang dia katakan.

Baca Juga | Kata – Kata Promosi Whatsapp Yang Menarik Untuk Olshop Anda

Asal-Usul Sarkas

Istilah sarkas berasal dari bahasa Yunani sarkasmós yang diambil dari kata sarkázein. “Sark” berarti “daging”, dan “asmos” yang berarti “merobek”. Jadi secara harfiah, sarkasme berarti “merobek daging”.

Dalam bahasa Yunani sarkas adalah “mencabik daging, menggigit bibir dengan marah, mencibir”. Sarkas bisa berarti menggigit bibir dalam kemarahan. Menurut Merriam-Webster, sarkasme “dirancang untuk memotong atau memberi rasa sakit.”

Baca Juga | Memahami Market Development Strategy

Dalam KBBI, sarkas atau sarkasme didefinisikan sebagai kata-kata pedas untuk menyakiti hati orang lain. Ia bisa berupa cemoohan atau ejekan kasar. Menurut Cambridge Dictonary, sarkas berarti penggunaan kata-kata yang jelas-jelas berarti kebalikan dari apa yang mereka katakan. Ia dibuat untuk menyakiti perasaan seseorang atau untuk mengkritik sesuatu dengan cara yang lucu.

Baca Juga | 3 Pengertian Asimilasi Menurut Ahli, Contoh Dan Faktor Pendorongnya

Contoh Sarkas

Sarkas adalah komentar ironis atau satir yang ditempa oleh humor. Berikut contoh kalimat sarkas:

– Oh ya, kamu sangat membantu. Terima kasih banyak untuk semua bantuannya.

Kalimat sarkas ini dikatakan pada seseorang yang tidak melakukan apa-apa untuk membantu. Maksud dari kalimat tersebut adalah ebalikan dari apa yang dikatakan. Ironi verbal tersebut ditambah nada mengejek membuatnya menjadi sarkasme.

Baca Juga | Apa Itu Kuliah Kerja Nyata (KKN)? Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Sasarannya

– Aku membuat pilihan jenius untuk menjual mobilku tepat sebelum memutuskan untuk pindah rumah.

Sarkasme tidak selalu harus kejam atau kejam. Itu juga bisa lucu, menyenangkan. Seperti dalam contoh kalimat di atas, apa itu sarkas bisa berupa mencela diri sendiri. Sekali lagi, ironi verbal ditambah nada suara membuat sarkasme ini.

Baca Juga | Tips Serta Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Ketika sesuatu yang buruk terjadi:

“Oh, ini adalah persis apa yang saya butuhkan saat ini!”

Baca Juga | Kenali Perbedaan Simpati Dan Empati Beserta Contohnya!

Ketika seseorang melakukan sesuatu terlalu lambat:

“Bisakah Anda melakukannya lebih lambat?”

Baca Juga |  Apa Sih Perbedaan Fiksi Dan Non Fiksi? Berikut Pengertian Dan Contohnya

Ketika ada sesuatu yang tidak menarik

“Saya senang bisa berada di sini selama tiga jam ke depan.”

Baca juga | Mengenal Istilah Listing Dan Perbedaannya Dengan Delisting Dan Relisting

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *