Tanggal:August 9, 2022

Icon Komputer: Pengertian, Fungsi, beserta Cirinya

Bidang ilmu komputer tak hanya mengutamakan aspek kodingnya saja. Aspek visual juga sangat penting dalam mempermudah para penggunanya. Termasuk dengan penggunaan icon dalam suatu aplikasi. Icon adalah tampilan suatu objek atau gambar yang merepresentasikan fungsi dari objek itu sendiri. Adanya icon sangat mempermudah kamu sebagai pengguna dalam mengakses suatu hal tertentu. Hal ini disebabkan karena adanya bantuan visual yang membantu kamu merasa familiar terhadap objek icon tersebut. Tentunya icon memiliki peranan penting dalam mendukung kinerja suatu fitur atau aplikasi tertentu.

Baca Juga | 7 Jenis Sistem Operasi Yang Biasa Dipakai Di Komputer

Membuat sebuah icon membutuhkan identitas atau ciri tertentu. Hal tersebut memiliki fungsi untuk membedakannya dengan icon dari aplikasi atau merek lain. Pasalnya, icon memang digunakan sebagai tanda atau lambang yang memang harus berbeda dengan yang lainnya. Kamu dapat melihat perbedaan icon pada saat membuka komputer. Dalam taskbar maupun dekstop memiliki tampilan icon yang berbeda-beda. Namun, apakah kamu tahu lebih dalam mengenai fungsi dari adanya icon? Yuk, mengenal lebih dalam fungsi icon pada komputer melalui penjelasan berikut.

Baca Juga | Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Kompatibel Di Play Store

Fungsi Icon pada Komputer

1. Sebagai lambang dan identitas

Ilustrasi Identitas Power Point (pixabay)

Setiap objek tentu diwakilkan oleh sebuah lambang tertentu. Lambang tersebut direpresentasikan melalui wujud icon pada komputer. Setiap lambang yang dibuat tentu saja memiliki makna tersendiri. Makna yang tersirat mencerminkan identitas dari icon tersebut. Lambang dan identitas tersebut menjadi fungsi utama adanya perbedaan icon satu dengan yang lain. Kamu sebagai pengguna komputer pun dapat membedakan antar icon dengan mudahnya berkat lambang yang berbeda.

Baca Juga | 10+ Cara Presentasi Yang Baik Dan Benar Untuk Menarik Audience

2. Representasi ciri fisik

Ilustrasi Ciri Fisik Microsoft (pixabay)

Saat memperhatikan masing-masing icon dalam perangkat komputer, tentu kamu akan melihat ciri fisik yang berbeda. Pasalnya, icon diciptakan untuk mewakili ciri fisik dari objek atau aplikasi yang bersangkutan. Misalnya aplikasi Alarms & Clock yang memiliki icon dengan gambar jam. Lalu aplikasi Word 2016 dan Excel 2016 yang memiliki icon berupa selembar kertas dengan tanda huruf W dan X besar di dalamnya. Representasi ciri fisik ini akan membantu kamu mengenali tampilan luar dari masing-masing aplikasi. Tentu saja dalam pembuatan icon disesuaikan dengan kegunaan aplikasi atau fitur yang bersangkutan.

Baca Juga | Yuk, Pelajari Serba-Serbi Profesi System Analyst!

3. Representasi fungsi

Ilustrasi Fungsi Wifi (pixabay)

Fungsi lain dari icon adalah sebagai representasi dari fungsi aplikasi itu sendiri. Misalnya, pada icon software Windows Defender. Kamu dapat melihat langsung bahwa icon tersebut menggambarkan fungsi dari program tersebut. Aplikasi tersebut berfungsi sebagai pelindung komputer dari serangan virus maupun malware. Lalu icon WiFi yang memiliki fungsi sebagai penghubung atau penyedia jaringan komputer. Pada hakikatnya, identitas icon tersebut menggambarkan fungsi, manfaat, struktur, dan hal lain dari objek. Di mana di dalamnya memiliki kandungan makna tersirat maupun tersurat dari penciptanya. Karena bentuk visual selalu memiliki rasa estetika dan makna tersendiri yang syarat untuk dipelajari penggunanya.

Baca Juga | 11 Jenis Database Beserta Contohnya

4. Memudahkan pengguna

Ilustrasi Kemudahan Pengguna Menemukan Icon (pixabay)

Semakin sering kamu melihat icon tersebut, tentu semakin mudah mengenali dan familiar pula dengan objek tersebut. Hal ini tentu menguntungkan bagi pihak marketing yang dinilai sukses memperkenalkan objek tersebut kepada pengguna. Contohnya pada aplikasi yang memiliki nama rumit. Kamu akan dibuat kesulitan untuk mengingatnya. Di sinilah fungsi dari icon membantu pengguna seperti kamu dalam mengingatnya. Hal ini dikarenakan sebagian besar manusia lebih mudah mengingat gambar daripada nama yang cukup rumit. Dengan begitu, kamu cukup mencari icon yang diingat untuk mengakses aplikasi tersebut. Adanya icon pada setiap aplikasi sangat memudahkan para pengguna menemukan dan mengaksesnya dengan mudah.

Baca Juga | Mengenal DHCP Server: Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerjanya

5. Mempercepat pengguna

Ilustrasi Kecepatan Mengakses (pixabay)

Keberadaan icon membuat kamu menemukan suatu objek dengan cepat. Kamu dapat mengingat visual dari icon tersebut dan menemukannya dengan lihai. Contohnya pada icon yang ada pada desktop komputer. Dan kamu cukup mengklik ganda icon yang ingin dicari. Kamu sebagai pengguna tidak perlu kesusahan mencari aplikasi yang ingin dibuka melalui kolom pencarian. Hal ini sangat mendorong efisiensi waktu dalam mengerjakan suatu hal. Kamu menjadi lebih cepat dan lebih mudah menemukan hingga mengakses aplikasi tersebut. Dikarenakan aspek visual memiliki peranan penting dalam benak setiap orang hingga dapat mempercepat penemuan sebuah aplikasi.

Baca Juga | 7 Rekomendasi Website Penyedia Icon Gratis

Ciri Icon yang Baik

Dalam setiap pembuatan icon memiliki cirinya masing-masing. Ciri yang berbeda tersebut harus mampu menyiratkan kesan dan gambaran yang baik. Adanya tampilan icon yang sesuai tentu saja akan memunculkan beragam kemudahan di mata para penggunanya. Berikut ciri icon yang baik antara lain:

  • Terdiri dari bentuk besar yang diberi detail
  • Detail tidak berlebihan
  • Konsisten
  • Mudah dikenali
  • Seimbang
  • Berkepribadian
  • Selaras dengan merek

Baca Juga | Cara membuat Favicon untuk Situs Web Anda

Nah, itu dia penjelasan mengenai pengertian icon serta fungsi dan cirinya. Kamu bisa lebih mengenal icon sebagai lambang pada sebuah perangkat lunak komputer. Pembuatan sebuah icon pun tak bisa sembarangan. Tentunya harus memperhatikan fungsi-fungsi yang tersirat di dalamnya. Kamu juga bisa mempelajari beragam fungsi dan ciri icon yang baik, ya. Hal itu supaya saat terjun di dunia grafis, kamu bisa menggunakan pengetahuan ini. Semoga bermanfaat!

Baca Juga | Tutorial Cara Mendesain Ikon

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *