Tanggal:August 9, 2022

Pengertian LAN, MAN, dan WAN Beserta Perbedaanya

Sobat Vocasia punya WiFi di rumah? Kalau iya, pernahkah kamu memperhatikan tulisan-tulisan yang ada di dekat kabel WiFi? Terdapat tulisan LAN di sana.

Kursus online IELTS Vocasia

Baca Juga:

LAN, MAN, dan WAN adalah semua singkatan dalam industri teknologi komputer. Biasanya bagi orang-orang yang tidak peduli dan hanya ingin memakai WiFi tanpa tahu struktur-struktur bagiannya pasti tidak mengerti istilah LAN, MAN, dan WAN. Nah, saat ini Vocasia akan membahas LAN dan teman-temannya, yaitu LAN, MAN, dan WAN.

Baca Juga | Inilah Sejarah Dan Perkembangan Internet Di Dunia

LAN, MAN dan WAN merupakan tiga jenis utama jaringan yang dirancang untuk beroperasi di area yang dicakupnya. Ada beberapa persamaan dan perbedaan di antara mereka. Salah satu perbedaan jaringan LAN, MAN, dan WAN adalah wilayah geografis yang dicakupnya. Yaitu LAN mencakup wilayah terkecil, MAN mencakup area yang lebih besar dari LAN, dan WAN terdiri dari yang terbesar.

Baca Juga | Apa Itu SSID? Berikut Fungsi Dan Cara Pengaturannya!

Pengertian LAN, MAN, dan WAN

1. LAN

Local Area Network (LAN) adalah suatu jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah lokal saja. Artinya, jaringan ini hanya dapat digunakan oleh pengguna di area LAN. LAN menghubungkan perangkat ke jaringan internet melalui perangkat jaringan sederhana.

Baca Juga:

Dalam jaringan LAN biasanya ditemukan kabel UTP, Hub, Switch, maupun Router. Contoh dari jaringan ini adalah komputer-komputer di sekolah, perusahaan, atau warung internet. Jaringan pada area yang terbatas tersebut biasanya merupakan jaringan LAN.

Baca Juga | 8 Peluang Kerja Untuk Lulusan Teknologi Informasi

Sebagai jaringan dengan area lokal, LAN mempunyai beberapa karakteristik yang mudah untuk diidentifikasi. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Tidak menggunakan jaringan telekomunikasi dari operator tambahan.
  • Jaringan LAN biasanya digunakan untuk kepentingan pribadi.
  • Administrasi pada jaringan LAN dilakukan melalui administrasi lokal.
  • Di dalam jaringan LAN biasanya terdapat satu komputer yang berfungsi sebagai server yang bertugas untuk mengatur sistem agar berjalan normal.

Baca Juga | Mengenal Deep Web

2. MAN

Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan komputer yang dapat mencakup area yang lebih luas dan menggunakan teknologi yang lebih canggih dari LAN. Jaringan MAN merupakan gabungan beberapa jaringan LAN yang mana menjangkau hingga 10 s.d. 50 km, jaringan MAN cocok dipakai untuk membangun jaringan antar perkantoran atau instansi yang masih dalam satu kota. Biasanya MAN dipakai untuk menghubungkan beberapa lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan sebagainya.

Baca Juga | 3 Cara Record Di Laptop

MAN digunakan karena kecepatan transfer data yang dinilai tinggi dan proses instalasi yang tidak terlalu rumit. Di dalam MAN, dibutuhkan operator telekomunikasi yang akan menjadi penghubung antar jaringan komputer. MAN sendiri mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  • Meliputi area yang lebih luas dari LAN, yakni 10 sampai 50 km.
  • Sebuah MAN umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menyediakan pelayanan kepada pengguna.
  • MAN bertindak sebagai jaringan berkecepatan tinggi sehingga memungkinkan untuk berbagi sumber daya daerah. Hal ini pun sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama.
  • Sekalipun MAN lebih besar dari LAN, teknologi yang dipakai biasanya sama dengan LAN.
  • MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output.

Baca Juga | Apa Itu Google Trends? Pengertian, Fungsi, Cara Menggunakannya

3. WAN

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang luas cakupannya dapat mencapai satu negara bahkan benua, jaringan ini merupakan gabungan dari LAN dan MAN yang wilayahnya dipisahkan secara geografis. Membangun jaringan WAN membutuhkan kabel serat optik (fiber optic), kabel telepon, atau bisa juga menggunakan satelit. Oleh karena jangkauannya yang luas, membuat WAN memerlukan biaya yang sangat besar.

Baca Juga | Hardware: Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Contohnya

WAN mempunyai transmisi kecepatan mulai dari 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, 625 Mbps atau bahkan lebih. Faktor yang menjadi pengaruh design dan performa jaringan ini ada pada siklus komunikasi semacam jaringan telepon atau satelit. Jaringan WAN mempunyai karakteristik tersendiri, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga: Data Entry: Pengertian, Tugas, Dan Skill Yang Wajib Dikuasai!

  • Umumnya digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang tidak dapat dihubungkan melalui jaringan LAN maupun MAN. Hal ini membuat WAN dapat digunakan secara luas.
  • Area jangkauan WAN sangat luas. Oleh karena itu, biasanya dalam WAN akan melibatkan operator telekomunikasi. Tujuannya adalah agar perangkat-perangkat dalam jaringan WAN dapat melakukan komunikasi satu sama lain.
  • Jaringan WAN dapat melakukan pertukaran paket data atau frame antar router atau switch dan jaringan LAN yang sudah dibangun.
  • Jaringan WAN ini bekerja pada layer fisik dan pada layer data link dari layer OSI.

Baca Juga | Apa Itu Technopreneurship?

Perbedaan LAN, MAN, dan WAN

Dari penjelasan di atas tentang pengertian dan perbedaan LAN, MAN dan WAN, inilah beberapa perbedaannya, antara lain:

Baca Juga:

1. Kecepatan Jaringan

Dilihat dari segi kecepatan transfer datanya, jaringan LAN memiliki kecepatan transfer data yang paling tinggi. Sedangkan jaringan MAN memiliki tingkat kecepatan menengah dan jaringan WAN kecepatan transfer datanya rendah.

Baca Juga | Komputer Server: Pengertian, Fungsi, Dan Spesifikasinya

2. Jangkauan Area Jaringan

Ketiga jaringan tersebut memiliki jangkauan area yang berbeda-beda, seperti jaringan LAN yang memiliki jangkauan area cukup kecil sekitar 1 km. Sedangkan jaringan MAN memiliki jangkauan area sekitar 50-100 km dan jaringan WAN memiliki jangkauan area lebih dari 100 km.

Baca Juga | Yuk, Ketahui Perbedaan Komputer Server Dan Komputer Client!

3. Media Komunikasi, Desain, dan Perawatan

Jaringan LAN lebih mudah didesain, dirancang dan dipelihara karena cakupannya kecil dengan media komunikasi kabel twisted pair. Sedangkan jaringan MAN dan WAN lebih sulit dan rumit dirancang dan dipelihara. MAN membutuhkan kabel coaxial dan serat optik, sedangkan WAN membutuhkan PSTN (Public Switched Telephone Network).

Baca Juga | Kupas Full Stack Developer Dan Bagaimana Prospek Kariernya?

Begitulah pengertian dari LAN, MAN, dan WAN serta perbedaan dari ketiganya. Apakah Sobat Vocasia sudah memahami perbedaannya dan fungsi dari masing-masing jaring tersebut? Jangan mudah menyerah dan terus belajar, ya!

Baca juga | 5 Fungsi Repeater Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Membeli!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *