Tanggal:20 April 2024

Yuk, Ketahui Apa itu Profesi Relationship Manager

Dunia perkantoran memiliki segudang profesi dengan perannya masing-masing. Masing-masing profesi tersebut juga mempunyai tujuan yang hendak dicapai demi kepentingan perusahaan. Salah satunya profesi relationship manager. Profesi relation manager memiliki tugas membangun relasi atau hubungan dengan klien dan konsumen perusahaan. Tanpa profesi ini, hubungan yang terjalin ke luar akan enggan terbentuk dengan baik. Kamu wajib tahu lebih dalam mengenai apa itu relationship manager. Relationship manager adalah bagian dari tim penjualan yang bertugas untuk membangun dan memelihara hubungan bersama klien dan konsumen perusahaan.

Relation manager dibentuk untuk mendukung kinerja tim penjualan. Tujuan membangun hubungan baik berorientasi pada kesuksesan penjualan produk. Sehingga, relasi tercipta dengan teratur, penjualan pun semakin meningkat. Profesi relationship manager diibaratkan sebagai sarana pembentuk sebuah kepercayaan kepada klien dan konsumen. Tanpa membangun sebuah kepercayaan, tentu akan sulit menciptakan penjualan secara maksimal. Kamu dituntut mahir dalam merangkul klien dan konsumen dengan baik. Rangkulan tersebut dapat merekatkan hubungan antar kedua pihak dengan bantuan relations manager. Yuk, pelajari lebih dalam mengenai profesi ini.

Baca Juga : 

Tugas Relationship Manager

1. Mengenal prospek perusahaan

Ilustrasi Mempelajari Prospek Perusahaan (pexels)

Sejatinya, tugas utama seorang relationship manager adalah untuk mengenal prospek perusahaan. Hal ini diperlukan karena banyak perusahaan yang tidak mengetahui identitas dan latar belakang calon konsumennya. Sehingga, adanya profesi relation manager akan membantu perusahaan mencari latar belakang konsumen. Setelah data konsumen didapat, tentu saja perusahaan akan mengetahui prospek yang bisa diambil. Kacamata relationship manager harus mampu mengulik seluk-beluk konsumen dan klien secara spesifik. Selain itu, mengenal prospek pun diperlukan agar perusahaan nantinya bisa memiliki hubungan yang lebih personal dengan konsumennya.

Baca Juga :

2. Membedakan profil konsumen

Ilustrasi Membedakan Profil Konsumen (pexels)

Tugas relationship manager yang selanjutnya adalah membedakan masing-masing profil konsumen perusahaan. Konsumen sering kali merepresentasikan nilai tingkatan yang berbeda bagi perusahaan, baik dari aspek sosial hingga aspek ekonomi. Perusahaan dapat menilai dan membedakan profil konsumen dengan sendirinya. Proses membedakan profil konsumen digunakan sebagai langkah penting membentuk pelayanan konsumen yang baik. Perusahaan akan menggunakan profil konsumen sebagai dasar tingkatan pelayanan yang diberikan. Perusahaan pun bisa menggunakan perbedaan profil sebagai dasar untuk menilai kebutuhan masing-masing konsumen. Tentu saja kebutuhan dan keinginan konsumen akan terpenuhi dengan baik.

Baca Juga :

3. Berinteraksi dengan konsumen

Ilustrasi Membangun Interaksi (pexels)

Relationship manager juga memiliki tugas wajib untuk berinteraksi dengan para konsumen perusahaan. Tuntutan profesi ini layaknya membangun sebuah citra dan kepercayaan dihadapan konsumennya. Relationship manager harus pandai membangun jalinan komunikasi dengan baik tanpa perbedaan apa pun. Seperti namanya yakni relationship, kamu harus mahir menempatkan konsumen pada posisi yang digemari. Konsumen wajib kamu jadikan sebagai raja dengan layanan yang terbaik. Tujuannya agar mampu memupuk rasa percaya dan loyalitas konsumen. Perusahaan pun dapat melancarkan visi misinya melalui jalinan interaksi yang telah terbentuk.

Baca Juga :

4. Mengusulkan solusi kepada konsumen dan klien

Ilustrasi Mengusulkan Solusi (pexels)

Sebagai seorang relationship manager kamu juga harus pintar mengusulkan sebuah ide atau solusi tertentu. Klien ataupun konsumen dengan sendirinya akan membawa sebuah cerita baik keluhan atau pengalaman. Kamu harus siap menampung segala keluh kesah yang dirasakan konsumen perusahaan. Setelah semua cerita kamu terima dengan maksimal, lanjutkan dengan pemberian solusi. Kamu dituntut terbuka dan memberikan solusi atas segala permasalahan konsumen. Tujuannya agar konsumen merasa mendapatkan pelayanan dengan baik. Kamu pun dapat semakin merekatkan hubungan konsumen dengan pihak perusahaan.

Baca Juga :

5. Identifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen

Ilustrasi Mengidentifikasi Kebutuhan Konsumen (pexels)

Tugas terakhir relationship manager yakni mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen. Kamu harus berusaha menjadi pendengar yang baik bagi setiap konsumen. Kamu pun bisa memancing konsumen agar mulai bercerita secara terbuka. Setelah semua gambaran kamu genggam, berilah layanan dan produk yang dibutuhkan. Relationship manager harus memiliki ketangkasan dalam memahami kebutuhan sekaligus keinginan konsumen. Melalui pemberian layanan, kamu bisa menjawab keinginan konsumen tersebut. Tahap evaluasi juga mampu diterapkan perusahaan dari gambaran dasar cerita para konsumen.

Baca Juga :

Kualifikasi Relation Manager

Saat kamu ingin menekuni profesi relationship manager, tentunya wajib memenuhi setiap standar kualifikasinya. Hal tersebut membantu perusahaan dalam menilai kinerja yang akan dilakukan kamu nantinya. Apa saja standar kualifikasi relation manager? Yuk, simak di bawah ini.

  • Kemampuan untuk membangun, membina, dan memelihara hubungan profesional yang baik
  • Pengetahuan mengenai untuk layanan pelanggan dan CRM (Customer Relationship Management) yang tinggi
  • Keterampilan komunikasi interpersonal yang mumpuni
  • Kemampuan analitis dan penelitian yang tajam
  • Pengetahuan tentang praktik terbaik manajemen hubungan
  • Kemampuan pemecahan masalah dan resolusi konflik yang cakap
  • Kesediaan untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang bisnis dan layanan terkait
  • Gelar sarjana dari studi bisnis, marketing, manajemen, dan bidang terkait lainnya seperti komunikasi
  • Pengalaman dalam peran penjualan atau layanan konsumen yang cukup
  • Ramah dan memiliki mindset yang berorientasi pada konsumen

Search Lebih Banyak : 

Nah, itulah pemaparan mengenai profesi relationship manager. Kamu bisa mempelajarinya dari pengertian lebih dulu. Relationship manager sangat dibutuhkan perusahaan dalam membantu menangani hubungan dengan para konsumennya. Kenali dan pelajari tugas relationship manager dengan baik, ya. Kamu juga wajib memahami standar kualifikasi profesi ini. Semoga bermanfaat!

Public relation masterclass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *