Tanggal:26 April 2024

Mengenal Yahoo: Pengertian, Sejarah, dan Fitur

Masih ingat dengan Yahoo? Saat mendengar kata “Yahoo”, kamu pasti akan langsung mengingat akun email-mu zaman dulu. Pada tahun 2000-2014, semua orang memiliki Yahoo email dan semua orang sangat aktif menggunakan Yahoo email.

Email yang orang-orang miliki pada saat itu sangat berguna untuk semua aplikasi, karena email akan dibutuhkan saat pembuatan aplikasi ataupun saat mendaftar sesuatu melalui daring. Yahoo adalah satu-satunya email yang paling terkenal pada tahun 2000-2014 walau memang ada perusahaan lain yang mempunyai fitur email. Namun, ternyata Yahoo tidak hanya memiliki fitur email, lho.

Yahoo juga memiliki sejarah yang menarik, Sobat Vocasia. Mau tahu semua tentang Yahoo? Yuk, simak rangkuman Vocasia mengenai Yahoo di bawah ini!

Pengertian Yahoo

Yahoo Mail merupakan salah satu dari sejumlah layanan email yang tergolong lama dan sudah banyak dikenal banyak orang. Bahkan Yahoo ini sendiri sudah ada sebelum banyak orang mengenal Gmail yang merupakan besutan dari perusahaan Google. Yahoo ini pertama kali dirilis pada tahun 1994 silam, sementara Gmail baru saja dikenalkan pada tahun 1998 silam.

Meskipun begitu, Gmail mulai banyak digunakan mulai tahun 2000-an, karena sebelumnya banyak orang yang lebih akrab dengan Yahoo dibandingkan Gmail. Dengan adanya Yahoo ID, maka nantinya pengguna bakal langsung mendapatkan notifikasi apabila ada email masuk melalui layanan Yahoo Messenger (YM) tersebut.  Aplikasi ini memberkan penawaran berupa fasilitas koneksis PC – PC, PC – Phone, PC – PC Service, Webcam Hosting, File Transfer, Chat Rooms, hingga Tect Message Service.

Sejarah Yahoo

Awalnya adalah seorang mahasiswa Universitas Stanford, Jerry Yang dan David Filo, yang memulai proyek Yahoo tersebut. Mereka membuat sebuah situs yang saat itu masih belum mereka sebut sebagai Yahoo, melainkan “Jerry and Dave’s Guide to the World Wide Web” pada 1994. Yahoo sendiri merupakan sebuah singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”.

Kedua founder dari Yahoo mengatakan bahwa mereka menyukai penamaan Yahoo karena tidak rumit, kasar dan mudah untuk dilafalkan. Pada tahun 1995, situs merekapun mulai terkenal dan banyak digunakan oleh masyarakat. Dan, berkat itupula, terdapat beberapa perusahaan yang berniat untuk melakukan investasi di Yahoo! Beberapa perusahaan tersebut antara lain adalah Apple Computer, Atari, Oracle dan Cisco System.

Sebagai langkah awal, Jerry Yang dan David Filo memperoleh dana sebesar 2 juta USD. Selanjutnya, untuk lebih meningkatkan performa perusahaan, keduanya pun memutuskan untuk menunda kelulusan program doktoralnya. Mereka pun mengajak beberapa tokoh ternama untuk bergabung ke dalam Yahoo, di antaranya adalah Tim Google yang diangkat sebagai CEO serta Jeffrey Mallet sebagai COO.

Google sendiri merupakan alumni dari jurusan engineering Standford dan mantan pegawai Motorola. Berikutnya, Yahoo mendapat suntikan dana kedua dari Reuters Ltd. dan Softbank. Dan, pada April 1996, Yahoo berhasil memperoleh nilai IPO sangat tinggi dengan total pegawai sebanyak 49 orang.

Kini Yahoo dikunjungi hampir 700 juta orang per bulannya. Selain itu, para pengunjung dari situs ini pun berasal dari berbagai penjuru dunia, dan mereka melayani lebih dari 30 bahasa.

Fitur-Fitur Yahoo

1. Desain Tampilan

Antarmuka diubah dan dibangun dengan mempertimbangkan layar ponsel yang lebih tinggi memungkinkan untuk penggunaan satu tangan secara intuitif dengan bilah navigasi baru di bagian bawah layar.

2. Foto dan File Satu Tempat

Terdapat view yang memungkinkan akses dan navigasi mudah untuk semua lampiran surat, termasuk berkas penting, dokumen perjalanan, tiket acara, dan foto.

3. Manajemen Langganan Email

Dengan view khusus bagi yang berlangganan, pengguna dapat menelusuri email berlangganan mereka dan berhenti berlangganan newsletter apa pun dengan sekali tekan tanpa meninggalkan aplikasi.

4. Tema

Kini pengguna dapat memilih 14 warna berbeda yang tersedia dalam mode terang atau gelap.

5. Aksesibilitas

Mendukung pembaca layar, seperti Talkback di Android dan VoiceOver di iOS untuk pengguna dengan gangguan penglihatan, dan mendukung pengubahan ukuran teks guna meningkatkan kontras bagi pengguna dengan penglihatan yang kurang baik.

Baca juga: Lupa Password Yahoo, Tapi Nomor Sudah Ganti? Ini Dia Cara Mudah Mengatasinya!

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *