Site icon Vocasia

Menunjukkan Perbandingan dalam Bahasa Inggris dengan 4 Jenis Comparative Degree, Sudah Tahu?

4 Jenis Comparative Degree. Sumber: pexels.com

Kehidupan sehari-hari memungkinkan kita untuk melakukan suatu perbandingan baik mengenai seseorang, benda, dan hewan yang sering digunakan dalam berkomunikasi. Perbandingan dilakukan dengan adanya pertimbangan antara perbedaan maupun persamaan yang terdiri minimal dua benda sebagai bahan perbandingan.

Apakah kamu tahu, dalam Bahasa Inggris ternyata kalimat perbandingan ini disebut sebagai comparative degree? Apa itu comparative degree? Simak lebih lanjut di bawah ini, yuk!

Arti Comparative Degree

Pengertian comparative degree. Sumber: pexels.com

Comparative degree dalam bahasa Inggris merupakan suatu nama yang diberikan dalam grammar yang berfungsi dalam membandingkan dua orang, binatang, benda, ataupun hal. Comparative degree termasuk kedalam the second/middle degree of comparison (derajat perbandingan tingkat kedua) pada adjective dan adverb.

Degree of comparison yang pertama adalah positive, sedangkan yang ketiga adalah superlative. Perbedaan diantara ketiganya adalah jumlah perbandingan dalam suatu benda.

Selain itu, terdapat beberapa fungsi comparative degree dalam suatu kalimat yang perlu kamu ketahui dan sebelum menggunakannya dalam percakapan sehari-hari, antara lain:

Selain itu, dalam comparative degree dikenal dengan 4 jenis yang dapat kamu pelajari lebih lanjut. Berikut di bawah ini penjelasan 4 jenis comparative degree untuk menyatakan perbandingan satu benda terhadap benda lainnya, simak yuk!

1. Equality degree

Jenis ini merupakan tingkat perbandingan dalam comparative degree yang dibentuk dengan adjective atau adverb dalam bentuk positif dengan menunjukkan dua orang atau benda yang mempunyai kualitas yang sama. 

Contoh kalimat: Cania is as short as Sarah.

2. Inequality degree

Jenis ini merupakan tingkat perbandingan dalam comparative degree dan kebalikan dari equality degree, yaitu perbandingan sesuatu dengan kualitas yang tidak sama atau berbeda. 

Contoh kalimat: Shifa is not as so easy going as Nayla.

3. Progressive degree

Jenis ini merupakan tingkat perbandingan dalam comparative degree yang membandingkan dua adjective atau adverb dengan tujuan untuk menunjukkan bahwa salah satu dari adjective atau adverb mengalami kemajuan atau penurunan. Hal tersebut dapat diukur dapari berbagai aspek seperti bentuk, kuantitas, kualitas, dan sebagainya. Untuk mengetahui atau membentuk pola perbandingan ini kita harus meletakkan definite article the sebelum adjective atau adverb.

Contoh kalimat: The longer the journal, the more difficult it is to be read. 

4. Parallel Degree 

Jenis ini merupakan tingkat perbandingan dalam comparative degree yang yang menjelaskan tentang kualitas atau kuantitas adjective atau adverb yang terus meningkat atau menurun pada waktu yang bersamaan. Pola pembentukan kalimat parallel degree sangat sederhana hanya dengan mengulang bentuk adjective atau adverb dengan menggunakan kata penghubung and

Contoh: My kitten is getting bigger and bigger.

Setelah mengetahui 4 jenis comparative degree, berikut rumus atau formula yang dapat kamu gunakan untuk memudahkan kamu membuat suatu kalimat perbandingan.

Itu dia 4 jenis comparative degree yang dapat kamu pelajari lebih lanjut. Comparative degree akan berguna bagi kamu untuk membandingkan dua hal benda baik benda hidup atau mati. Selain itu, beberapa rumus yang tertera di atas bisa kamu terapkan dalam percakapanmu sehari-hari, ya!

Untuk membaca artikel lainnya kamu dapat klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Pelatihan tersebut akan membantu kamu dalam mengukur seberapa jauh penguasaan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Tunggu apalagi! Segera ikuti untuk dapatkan banyak penawaran diskon kursus sampai dengan 80%!

Exit mobile version