Site icon Vocasia

Cara Penggunaan dan Penjelasan tentang Future Perfect Tense

Cara Penggunaan dan Penjelasan tentang Future Perfect Tense. Sumber: unpslash.com

Jika sebelumnya kamu telah mempelajari present perfect tense, mungkin tense yang saat ini akan kamu pelajari memiliki suatu korelasi. Artikel ini akan membahas future perfect tense lengkap dengan cara penggunaanya. Untuk memahaminya, mari simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Rekomendasi Buku Bahasa Inggris untuk Belajar

Penjelasan Tentang Future Perfect Tense

Belajar Future Perfect Tense. Sumber: unsplash.com

Future Perfect Tense adalah suatu tense yang digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa yang mulai dikerjakan pada waktu lampau dan akan segera selesai pada waktu yang akan datang. Penggunaan future perfect tense dilakukan dengan mencantumkan keterangan waktu yang jelas di masa depan, contohnya dalam bentuk jam, next day, etc. Keterangan waktu dipakai untuk memberikan kejelasan bahwa peristiwa tersebut akan selesai sebelum peristiwa lain terjadi.

Umumnya, ekspresi waktu ‘by’ sering digunakan bersamaan pada future perfect tense, dengan arti ‘tidak lebih dari atau pada’. Kamu bisa menggunakan beberapa keterangan waktu dalam future perfect tense dengan by next… (menjelang…), by next week (menjelang minggu depan), by Sunday (menjelang hari Minggu), by tomorrow (menjelang besok), by next month (menjelang bulan depan). 

Future perfect tense dapat mudah kamu pahami ketika telah memahami bentuk present perfect tense terlebih dahulu. Masih ingatkah kamu cara penggunaan present perfect tense? Present Perfect Tense digunakan untuk menghubungkan sesuatu dari masa lalu ke masa kini. Hal tersebut sama artinya dengan sebuah aksi yang telah selesai saat ini dan penting, pengalaman hidup, dan aksi yang belum selesai.

Nah, setelah me-refresh ingatan present perfect tense, kita menggunakan future perfect tense untuk menjelaskan penyelesaian yang serupa tapi berlangsung di masa depan. 

Baca juga: Cara Mudah Belajar Sejarah

Rumus dan Contoh Future Perfect Tense

Penggunaan Future Perfect Tense. Sumber: unsplash.com

Future Perfect Tense menggunakan formula kalimat yang cukup mudah untuk disusun karena memiliki struktur yang sama untuk setiap orang. Pada dasarnya, formula kalimat yang digunakan yaitu dengan  will + have + bentuk past participle dari verb (kata kerja) utamanya. 

Past participle dari verb digunakan dengan menambahkan imbuhan berupa sufiks -ed. Sementara, irregular verbs memiliki bentuk past participles yang bervariasi yang butuh waktu untuk mempelajari seluruhnya.

Berikut di bawah ini tabel rumus penggunaan future perfect tense.

Kalimat positif (+)

S + will + have + V3

Kalimat negatif (-)

S + will + not + have + V3

Kalimat interogatif (?)

will + S + have + V3

Baca juga: Tanda Rekan Kerja Tidak dapat Dipercaya

Setelah mengetahui rumusnya, untuk lebih mudah memahaminya ini dia beberapa contoh kalimat future perfect tense. Simak, yuk!

Baca juga: Kosakata Bahasa Inggris dan Cara Membacanya beserta Artinya

Demikian penjelasan mengenai future perfect tense. Selain itu, artikel lain juga banyak membahas berbagai tense yang bisa kamu temui dalam tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Vocasia adalah salah satu platform edukasi secara online yang bersertifikat dengan menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dan tentunya kamu berkesempatan untuk belajar bersama mentor-mentor berpengalaman!

Nikmati segala penawaran khusus di Vocasia berupa potongan harga untuk mengikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir dalam berbagai kemampuan! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Tips agar Lolos Seleksi Polisi

Exit mobile version