Tanggal:25 April 2024

Pentingnya 7 Life Skill Bagi Kaum Milenial Yang Wajib Diketahui!

Life skill merupakan sebuah kemampuan yang wajib kamu miliki. Mengapa demikian? Sebab, hal ini dapat membantumu dalam menghadapi berbagai tantangan yang muncul di kehidupan sehari-hari. Baik di lingkungan rumah, dunia pendidikan, maupun di tempat kerja.

Keterampilan hidup ini sangat penting, khususnya kini bagi kaum milenial. Karena di zaman seperti sekarang ini, kamu sebagai kaum milenial akan dituntut untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri dan tangguh dalam proses menuju kedewasaan.

Menurut definisi World Health Organization (WHO), keterampilan hidup atau life skill adalah kemampuan untuk berperilaku yang adaptif dan positif, yang membuat seseorang dapat menyelesaikan kebutuhan dan tantangan sehari-hari dengan efektif. Berikut ini adalah life skills yang wajib dimiliki oleh kaum milenial. Simak yuk!

Baca juga: Filosofi Stoicism: Kunci Hidup Bahagia

7 Life Skill Yang Wajib Dimiliki Kaum Milenial

1. Mengenal Diri Sendiri

Kamu perlu mengenal diri sendiri. Seperti bagaimana karakter kamu, kekuatan dan kelemahanmu, apa yang kamu inginkan dan tidak sukai. Semakin baik kamu mengenal diri sendiri, semakin cepat pula kamu mampu menyadari ketika sedang merasa tertekan atau stres.

2. Problem Solving

Problem solving atau kemampuan memecahkan masalah akan sangat berpengaruh pada kualitas hidup. Pasalnya, persoalan-persoalan yang tak kunjung mendapati jalan keluar dapat mempengaruhi kesehatan mental kamu. Lambat laun, kesehatan fisik juga akan terganggu. Jadi, hal ini sangat penting untuk dikuasai.

3. Komunikasi

Komunikasi mengacu pada kemampuanmu untuk menyampaikan informasi kepada orang lain, baik secara lisan, tertulis, atau melalui bahasa tubuh. Beberapa jenis kemampuan communications yang perlu kamu pelajari ialah seperti bahasa tubuh atau body language, listening, literacy, kemampuan presentasi, kemampuan public speaking, dan komunikasi verbal.

4. Manajemen Waktu

Life skill yang satu ini membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan serta pengawasan produktivitas terhadap waktu. Kecakapan hidup yang satu ini mempunyai kaitan yang erat dengan produktivitasmu dalam menjalani hal yang sedang kamu kerjakan.

Baca juga: Gaya Hidup Minimalis yang Mudah untuk Diterapkan, Patut Dicoba!

5. Berpikir Kritis

Dengan berpikir kritis, kamu mencerna informasi secara lebih obyektif. Semakin kritis cara berpikir kita, semakin sehat juga kita jadinya. Sama seperti saat sekarang kita menghadapi pandemi. Dengan membanjirnya informasi, pemikiran yang kritis dapat memandu bagaimana kita harus bersikap.

6. Creative thinking

Ketika kamu mampu memandang atau melakukan sesuatu dengan cara yang benar-benar baru, saat itulah kamu kreatif. Kemampuan ini akan membantumu dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah secara sistematis. Ini juga akan membantu kaum milenial untuk menjadi lebih produktif dan siap dengan inovasi yang mampu memberikan hasil baik bagi setiap kegiatan dan pekerjaan.

7. Empati

Empati membuat kamu mampu memahami kebutuhan, perasaan, dan keinginan orang lain. Tidak hanya itu, empati juga dapat membuatmu mampu menerima, membayangkan bagaimana bila kamu berada pada posisi orang lain. Dengan empati, interaksi sosial akan menjadi lebih baik. Sebaliknya tanpa empati, komunikasi kamu dengan orang lain akan menjadi satu arah saja.

Itulah tujuh keterampilan hidup atau life skill yang sebaiknya diketahui dan dimiliki oleh kaum milenial. Jika kamu salah satu dari bagian kaum milenial, mari mulai mempelajarinya dari sekarang.  Semoga artikel ini bermanfaat, ya! Jangan lupa untuk baca artikel informatif lainnya!

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Kecerdasan Emosional Dalam Kehidupan Sehari-Hari

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *