Tanggal:25 April 2024

4 Penyebab Polisi Dipecat

Bekerja menjadi seorang polisi merupakan pekerjaan yang diidamkan oleh banyak orang di luar sana. Alasan kebanyakan orang ingin menjadi polisi juga beranekan ragam, ada yang menganggap bekerja menjadi polisi akan mendapatkan gaji yang cukup besar, rekomendasi dari orang tua, ingin mengabdi kepada Bangsa Indonesia dan masih banyak lagi alasan lainnya.

Buat kamu yang bekeinginan menjadi seorang polisi, kamu harus menyiapkan diri sebaik mungkin karena persaingan dan syarat seleksi kepolisian yang sangat ketat. Dengan syarat yang ketat dan jumlah pendaftar yang banyak, maka dalam penyeleksian anggota polisi akan banyak peserta yang gagal atau tidak lolos seleksi polisi. Walaupun proses seleksi yang bisa dibilang sulit dan ketat, banyak orang tetap bersemangat sampai menyiapkan diri beberapa bulan sebelumnya agar bisa diterima.

Namun, pekerjaan ini juga tidak menjauhkan kamu dari pemecatan karena sebagai seorang polisi terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan seorang polisi dipecat baik secara hormat maupun tidak hormat. Sangat disayangkan jika hal ini terjadi kepada kamu kedepannya, mengingat bagaimana pengorbanan yang sudah kamu lakukan untuk diterima sebagai seorang polisi.

Buat kamu yang sudah menemukan artikel ini, merasa beruntunglah karena pada artikel ini Vocasia akan membahas hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan seorang polisi dicepat.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel Vocasia di bawah ini sampai tuntas!

1. Pelanggaran asusila

Pelanggaran asusila beresiko dipecat

Pelanggaran asusila beresiko dipecat – @rawpixel.com

Alasan pertama yang bisa membuat seorang polisi dipecat yaitu melakukan pelanggaran asusila. Kasus pelanggaran asusila memang masih kerapa terjadi di lingkungan masyarakat termasuk pada oknum di kepolisian sekalipun, misalnya seperti pelecehan seksual.

Hal ini tidak hanya melanggar hukum tetapi juga tidak baik secara norma dan adat budaya di Indonesia. Tak jarang oknum di kepolisian malukan pelanggaran ini dengan memanfaatkan jabatan mereka untuk merayu atau menggoda seorang gadis bahkan sampai melecehkan.

Pelanggaran ini sangat beresiko kepada pekerjaan polisi tersebut karena bisa menjadi dasar pemecatan seorang polisi mengingat polisi merupakan aparat penegak hukum. Jika polisi dipecar akibat pelanggaran asusila, polisi tersebut akan dipecat secara tidak hormat.

2. Pelaku kriminal

Alasan kedua yang bisa membuat seorang polisi dipecat yaitu melakukan tindakan kriminal. Jika seorang polisi melakukan suatu tindakan kriminal seperti pembunuhan atau penipuan, hal ini bisa menjadi alasan kuat polisi tersebut dipecat.

Di mata hukum semua setara, maka dari itu polisi yang melakukan tindakan kriminal akan ditindak secara tegas. Selain pemecatan, sanksi yang akan diterima oleh oknum polisi pelaku kriminal akan sesuai dengan hukum yang berlaku.

3. Selingkuh

Berselingkuh bisa mencoreng martabat

Berselingkuh bisa mencoreng martabat – @rawpixel.com

Alasan yang ketiga yaitu berselingkuh. Di Indonesia, berselingkuh merupakan hal yang bisa mencoreng nama baik atau martabat seseorang. Tak terkecuali bagi orang yang beprofesi sebagai aparat penegak hukum.

Perselingkuhan merupakan hal yang tidak bermoral dan sangat tidak patut untuk dicontoh. Tak jarang aparat penegak hukum terjerat dalam kasus perselingkuhan. Perselingkuhan yang dilakukan seorang polisi akan mencoreng nama baik institusi kepolisian sekaligus juga menghianati janji suci pernikahan.

Ditambah lagi bagi polisi yang sudah memiliki jabatan tinggi beresiko kehilangan kewibawaannya. Maka dari itu, polisi bisa akan dipecat jika memang terbukti melakukan perselingkuhan yang menyebabkan tercorengnya kewibawaan dan pemecatan yang dilakukan yaitu dengan pemecatan tidak hormat.

4. Tidak disiplin

Sebagai sebuah institusi penegak hukum, sikap disiplin merupakan hal penting yang harus ditrapkan dalam bekerja. Seperti yang kita tahu bahwa pelatihan dan proses seleksi untuk menjadi seorang polisi menuntuk setiap peserta untuk bersikap sangat disiplin.

Sebagai seorang polisi, mereka juga memiliki batasan peraturan yang wajib mereka patuhi sama seperti peraturan yang berlaku di lingkungan masyarakat.

Polisi memiliki beberapa peraturan yang wajib mereka patuhi apalagi saat mereka menggunakan seragam polisi. Parahnya lagi, jika seorang polisi melakukan tidak disiplin apalagi saat bertugas, besar kemungkinannya akan ditindak proses pemecatan secara tidak hormat. Sanksi yang diberikan kepada polisi yang kurang disiplin biaya berupa skor sebelum berujung pada pemecatan tidak hormat.

Sangat diwajibkan untuk setiap polisi selalu berprilaku disiplin, karena mereka memiliki kewajiban untuk menjaga nama baik institusi kepolisian. Tidak hanya itu, hal ini bisa berdampak kepada nama baik pribadi dan keluarga.

Demikian 4 penyebab polisi dipecat. Semoga Bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *