Tanggal:26 April 2024

5 Peralatan untuk Live Streaming yang Wajib Kamu Punya!

Ingin menjajal fitur live streaming di platform tertentu? Bila iya, ada beberapa peralatan live streaming yang wajib kamu siapkan terlebih dahulu. Tak bisa dipungkiri, live streaming merupakan salah satu langkah yang efektif untuk menyebarkan konten.

Bahkan, menurut riset Tech Jury, industri streaming di seluruh dunia diperkirakan akan meraup untung hingga 184,27 miliar dolar AS pada tahun 2027 mendatang. Oleh karenanya, kamu harus memahami cara produksi siaran langsung agar kontenmu bisa berjalan dengan efektif dan optimal.

source: freepik

Lalu, apa saja sih peralatan siaran langsung yang perlu dipersiapkan? Kali ini Vocasia telah merangkum beberapa daftarnya untukmu. Dicatat, ya!

Peluang Karier sebagai Streamer

Sebelum membahas daftar peralatannya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tentang peluang karier sebagai streamer yang cukup menjanjikan. Tak bisa dipungkiri, industri live streaming mengalami perkembangan yang sangat pesat selama beberapa tahun terakhir, khususnya pada bidang game.

source: freepik

Menurut situs Allcorrectgames, jumlah gamer di Tanah Air mencapai angka 116 juta orang dan 114 jutanya merupakan mobile gamer. Pada akhir tahun lalu, Indonesia menempati urutan dua pengunduh aplikasi mobile game terbanyak, naik 26 persen dari tahun sebelumnya. Waktu yang dihabiskan bermain kurang lebih 8,54 jam per pekan, dengan market size US$1,6 miliar dan average revenue per user US$10,09.

Besarnya pangsa pasar itu dimanfaatkan oleh perusahaan tertentu untuk menawarkan layanan iklan kepada para pebisnis. Beberapa perusahaan tersebut menawarkan tempat iklan saat seorang gamer melakukan live streaming di kanal media sosial mereka. Biasanya, aktivitas yang dilakukan para streamer tersebut yaitu mabar atau main bareng dan menarik jumlah penonton sebanyak mungkin. Jumlah penonton yang banyak biasanya dapat dikonversi menjadi pundi-pundi rupiah juga, lho.

Baca juga: 10 Tips untuk Jadi Streamer Game Handal

Sebenarnya, tak sebatas player game saja. Layanan live streaming juga bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan dan menjual produk. Biasanya, para seller melakukan siaran langsung untuk memberikan kesan eksklusif dan limited edition kepada para pelanggan setianya. Sebagai pelaku usaha, apa salahnya mencoba inovasi teknologi ini untuk mengembangkan usahamu?

Alat-alat Live Streaming yang Perlu Kamu Persiapkan

Sebelum memulai siaran langsung, pastikan kamu menyiapkan beberapa alat berikut:

1. PC atau laptop

Peralatan live streaming

source: unsplash

Peralatan siaran langsung paling dasar yakni PC atau laptop. Meskipun PC merupakan pilihan yang populer untuk streaming video, laptop dianggap lebih fleksibel untuk digunakan di mana pun.

Walaupun kamu tidak memerlukan rig kelas atas untuk menyiarkan video, cobalah untuk gunakan device yang dilengkapi dengan beberapa port USB. Pastikan pula peralatan setidaknya memiliki 8GB RAM bersama dengan SSD. Semua spesifikasi tersebut diperlukan kalau kamu akan melakukan live streaming dalam waktu yang lama.

2. Kamera

Peralatan live streaming

source: logitech

Dikutip dari Wave Video, peralatan yang akan selalu dibutuhkan untuk siaran langsung adalah kamera. Sejatinya, terdapat banyak pilihan kamera yang dapat kamu gunakan untuk keperluan tersebut. Akan tetapi, jika kamu adalah seorang pemula, sebaiknya kamu memulainya dengan kamera entry-level.

Kehadiran lighting yang ideal, kategori kamera ini dapat memberikanmu kualitas video yang cukup bagus. Tak hanya itu, kamu juga tak perlu merogoh kocek lebih besar karena harga kamera entry-level bisa dikatakan tidak terlalu mahal.

Berikut ini adalah daftar rekomendasi kamera entry-level yang bisa kamu manfaatkan untuk live streaming:

  • Logitech C922 Pro
  • Razer Kiyo
  • Canon FS300
  • Canon Legria HF S30

Baca juga: 10 Rekomendasi Kamera untuk Pemula di 2022

3. Microphone

source: freepik

Menurut penelitian Vtrep, saat streaming, kualitas audio dianggap lebih penting bagi audiens daripada kualitas video. Jika video streaming tersendat, pengalaman pengguna tidak akan buruk selama audionya tetap berkualitas apik. Atas dasar riset tersebut, nilai yang bisa dipetik adalah peralatan audio pada dasarnya lebih krusial bagi kualitas live streaming-mu.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu untuk menggunakan mikrofon lavalier berkabel 3,5 mm daripada menggunakan mikrofon internal pada PC. Tapi, jika ingin memaksimalkan kualitas audio siaran langsung, kamu bisa mempertimbangkan mikrofon XLR.

Baca juga: Voice Over : Pengertian, Fungsi, dan Tugas Pekerjaannya

4. Mixing

Peralatan mixing memungkinkanmu untuk merekam beberapa video atau sumber audio, dan beralih di antaranya selama siaran berlangsung. Sebenarnya, alat satu ini termasuk opsional. Namun, jika kamu melakukan pengambilan gambar dengan teknik multikamera, peralatan mixing sifatnya menjadi penting.

Contoh dari alat mixing profesional adalah Blackmagic Design ATEM Television Studio Pro 4K Live Production Switcher. Perangkat ini memungkinkanmu untuk menghubungkan hingga 4 kamera HDMI dan 4 kamera SDI. Ia juga memiliki kamera 8 SDI yang dapat dimanfaatkan.

5. Encoder

Peralatan live streaming

source: vmmix

Encoder digunakan untuk mengompres dokumen video sehingga tidak disimpan sebagai sebuah gambar individual, tetapi sebagai satu file khusus video. Walaupun encoder biasanya digunakan oleh tim content marketing perusahaan besar, alat satu ini bisa membuat video siaran langsungmu lebih berkualitas.

Umumnya, ada dua jenis encoder yang bisa kamu gunakan, yakni hardware dan software encoder. Tapi sebagai pemula, sebaiknya kamu menggunakan software encoder. Mengapa demikian? Sebab, software encoder lebih mudah digunakan. Yang kamu butuhkan hanyalah menggabungkan encoder-nya dengan capture card agar mampu merekam video.

Berikut ini adalah daftar software encoder yang dapat kamu manfaatkan:

  • vMix
  • Wirecast
  • OBS Studio

Itu dia lima peralatan yang wajib kamu siapkan sebelum memulai rekaman siaran langsung. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 5 Cara agar Video TikTok Kamu FYP

Kursus belajar jadi video editor vocasia

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *