Seorang customer service dan teller merupakan pekerjaan yang berbeda. Tetapi, ada beberapa hal yang dapat kamu temukan dari keduanya yang memiliki kesamaan. Lalu, dua pekerjaan ini bisa ditemukan di bidang kerja apa sih? Tentunya, kamu dapat menemukannya di bank-bank. Bank sendiri harus memiliki seoran teller dan juga customer service di setiap cabangnya untuk melayani para customer (nasabah). Kamu sudah pernah ke bank belum?
Kamu sendiri sudah tahu belum nih perbedaan-perbedaan yang dapat dibahas dari customer service dan teller? Ternyata, tugas dari kedua pekerjaan ini berbeda lho, walaupun sama-sama dapat bekerja dalam suatu kantor atau gerai bank. Kira-kira apa aja sih perbedaannya? Yuk kita simak dan cek bareng!
Tugas Seorang Customer Service:
- Melaporkan komplain terhadap layanan bank seperti transfer tidak sampai dan meminta rekening koran kepada nasabah.
- Memberikan pelayanan kepada nasabah yang berkaitan dengan pembukaan rekening tabungan, giro, pembukaan deposito, permohonan nasabah yang lainnya.
- Menerima, melayani dan mengatasi permasalahan yang disampaikan oleh nasabah sehubungan dengan ketidakpuasan nasabah atas pelayanan yang diberikan oleh pihak nasabah.
- Mengadministrasikan daftar hitam Bank Indonesia dan daftar rehabilitasi nasabah serta file nasabah.
- Mengadministrasikan resi permintaan dan pengembalian buku cek dan bilyet giro serta surat kuasa.
- Memberikan informasi tentang saldo dan mutasi nasabah.
- Mengadministrasikan buku cek, bilyet giro, dan buku tabungan.
- Memperkenalkan dan menawarkan produk dan jasa yang ada dan yang baru sesuai dengan keinginan dan kebutuhan nasabah.
- CS biasanya berada di bagian depan pintu masuk
Tugas Seorang Teller:
- Menerima setoran tabungan, deposito berjangka dan angsuran kredit
- Membayarkan pencairan tabungan, deposito berjangka dan kredit atas persetujuan Direksi.
- Menyetorkan uang setoran kredit, tabungan dan deposito ke bank
- Mencatat transaksi penerimaan dan pengeluaran kas dalam buku kas Teller Harian.
- Membayarkan pengeluaran kas atas biaya-biaya atau pembelian barang atas persetujuan Head Marketing and Finance atau Direksi.
- Menyetorkan kas Teller sore hari kepada Koordinator Administrasi dan Keuangan untuk diperiksa kebenarannya.
- Melakukan kas opname atas posisi Kas Harian bersama Koordinator Administrasi dan Keuangan dan atau Staf Akunting.
- Menangani kas kecil rutin dan biasanya teller berada di bagian belakang customer service.
Nah, kamu sekarang sudah bisa dong cara membedakan antara customer service sama teller? Jangan sampai salah lagi ya!, klik tautan dibawah jika kamu tak ingin ketinggalan diskon khursus dari Vocasia.