Site icon Vocasia

Kenali Perbedaan Vellfire dan Alphard!

alphard vellfire

sumber: https://moas.muf.co.id/

Vellfire dan Alphard sama-sama dikeluarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Alphard pertama kali diperkenalkan oleh Toyota pada tahun 2002, sedangkan Vellfire pada tahun 2015

Meskipun berasal dari perusahaan yang sama, kedua mobil berjenis MPV premium ini memiliki perbedaan dalam beberapa hal, misalnya pub pada jok. Lantas, apa saja perbedaan tersebut? Simak paparan di bawah ini, yuk!

Baca juga: 8 Tips Membeli Mobil Bekas, Dijamin Tidak Salah Pilih!

Perbedaan Vellfire dan Alphard

Toyota Alphard (sumber: toyota.astra.co.id)

Kedua model MPV yang dibuat untuk menawarkan kenyamanan dan nilai yang tinggi di kelasnya ini memiliki karakter yang berbeda. Misalnya, Toyota Alphard yang lebih terkesan berkelas, sedangkan Toyota Vellfire mengedepankan sisi modern. Perbedaan selengkapnya akan dibahas pada berikut ini. 

Baca juga: Profesi Yang Cocok Dengan Jenis Mobil, Berikut Listnya!

1. Perbedaan dalam Eksterior 

Meski dikeluarkan oleh perusahaan yang sama, kedua mobil MPV ini dirancang dengan tujuan masing-masing. Hal ini dapat terlihat dari eksterior yang ditonjolkan kedua mobil MPV ini. Hal ini dapat terlihat dari Toyota Alphard yang menonjolkan kelas premium dan mewah dengan dikemas secara dynamic formal. Sementara itu, Toyota Vellfire dirancang lebih modern dan sporty di kelasnya. 

Sekarang Vocasia akan beranjak membahas bagian depan dari kedua mobil ini. Toyota Alphard didesain dengan grill yang besar dan memiliki aksen krom yang kuat dan mencolok. Bahkan, grill tersebut seolah membelah bagian depan hingga bawah mobil. Adapun Toyota Vellfire memiliki grill dengan mengarah ke arah horizontal. 

Dari logo yang digunakan pun, kedua mobil ini dibuat berbeda. Alphard memiliki logo yang didesain secara khusus. Sedangkan, logo yang digunakan Vellfire masih bertahan dengan logo Toyota. 

Bagian headlights keduanya juga memiliki jumlah berbeda, seperti Alphard dengan satu bagian tunggal dan Vellfire dengan dua buah headlights yang dibuat terpisah. Sisi lain dari kedua mobil ini terhitung dirancang sama. 

Setelah mengetahui bagian eksteriornya, Vocasia akan membahas mengenai spesifikasi dari Toyota Vellfire, yaitu: 

Adapun spesifikasi Toyota Alphard, ialah: 

2. Perbedaan Interior

Setelah membahas bagian eksteriornya, kini Vocasia akan mengajak Anda untuk mengetahui perbedaan kedua mobil MPV milik Toyota ini. 

Interior yang ditonjolkan oleh Toyota Alphard ialah ornamen panel kayu yang memberikan kesan mewah dan berkelas. Sedangkan, Toyota Vellfire yang memiliki kesan modern dan sporty difokuskan pada warna metalik dan hitam. 

Toyota Vellfire (sumber: toyota.astra.co.id)

Untuk bagian penumpang, Alphard memiliki kabin yang lebih lapang daripada Vellfire. Meskipun demikian, keduanya tetap mampu dinaiki oleh maksimal tujuh orang penumpang dengan tingkat kenyamanan paling tinggi di kelasnya. 

Dalam unsur keselamatan, Toyota Vellfire menghadirkan fitur blind spot monitor untuk meminimalisir titik buta. Keduanya juga dirancang memiliki digital rear view mirror untuk parkir, sehingga lebih aman. 

Toyota Vellfire (sumber: toyota.astra.co.id)

3. Perbedaan dari Mesin 

Perbedaan yang mencolok dari dua mobil MPV ini terletak pada mesinnya. Vellfire dirancang dengan memiliki satu tipe varian saja, yaitu 2.5 G A/T. Meskipun demikian, mobil ini memiliki tipe mesin DOHC 4 silinder segaris dengan teknologi Dual VVT-i berkapasitas 2.494 cc. Daya maksimum yang dapat dihasilkan oleh mobil ini sekitar 180 ps/6.000 rpm.

Adapun mesin yang digunakan Alphard memiliki tiga varian, yaitu 2.5 G A/T, 2.5 X A/T, dan 3.5 Q A/T. Tipe pertama Alphard memiliki spesifikasi yang sama dengan Vellfire. Sedangkan, tipe varian 3.5 memiliki kapasitas mesin hingga 3.500 CC dengan daya maksimum 275 ps/6.200 RPM, termasuk besar untuk kelas mobil MPV luxury.

Baca juga: Sangat Menjanjikan, Berikut 9 Cara Membuka Usaha Cuci Mobil Dan Motor

Demikian penjelasan mengenai perbedaan antara dua mobil MPV yang dikeluarkan oleh Toyota, Alphard dan Vellfire. Keduanya memiliki fungsi dan ciri khasnya masing-masing. Penentuan mana yang lebih cocok digunakan, ditentukan oleh fungsi dan kebutuhan Anda masing-masing. 

Exit mobile version