Tanggal:29 March 2024

Simak Perbedaan Web Page dan Website Berikut ini!

Ilustrasi Akses Website (pexels)

Dalam mengakses suatu laman, sering kali kamu tidak mengenali jenis dari laman tersebut. Kamu sebagai pengguna internet harus ikut memahami apa saja perbedaan laman di internet. Untuk itu, kamu bisa belajar mengenali perbedaan dasar web page dan website yang bisa digunakan. Tentu kamu sudah sering mendengar istilah keduanya, bukan? Ya, namun kamu belum memahami secara sepenuhnya. Web page merupakan bagian dari website yang diibaratkan sebuah buku dan halaman-halamannya. Saat membuka sebuah situs dari suatu alamat, sebenarnya kamu sedang membuka buku. Saat konten-konten di dalam site tersebut diklik, itulah yang disebut halaman atau web page.

Sedangkan website merupakan kumpulan dari URL yang saling bertautan pada alamat utama. Pencarian menggunakan kata kunci di mesin pencari bisa membawa kamu langsung ke URL ini meskipun sebenarnya tetap terhubung pada situs web itu sendiri. Saat web page berkaitan dengan halaman konten, website justru sebaliknya. Website lebih dominan pada URL yang saling bertaut satu sama lain. Misalnya saat kamu hendak mencari sesuatu di situs internet. Tentu kamu akan mencari kata kunci yang sesuai. Lalu, base data di internet akan membawa kamu menemukan website yang sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Yuk, pelajari perbedaan web page dan website lebih detail lagi.

Perbedaan Web Page dan Website

1. Perbedaan arti

Website merupakan kumpulan beberapa atau banyak halaman yang saling berkaitan (URL-URL) dan tertuju pada satu titik alamat (domain). Web page adalah masing-masing halaman atau link konten di dalam sebuah situs website, tetapi tetap terkait pada domain web. Layaknya induk dan anaknya, website berperan utama dalam menggabungkan beberapa halaman melalui URL. Secara mudah kamu bisa mengenali website sebagai sebuah situs di internet.

2. Kegunaannya

Web page digunakan untuk memuat satu konten baik itu teks, gambar, suara, atau  video. Singkatnya, hanya ada satu entitas di dalam sebuah halaman web. Sedangkan website difungsikan untuk menampung banyak entitas atau halaman yang saling berkaitan. Ibarat buku, website memuat bab/chapter, sub-bab, dan isi tiap-tiap bab tersebut. Untuk itu, kamu bisa mencari sumber informasi spesifik dengan membaca sebuah web page. Dari sana kamu akan memperoleh fokus konten sesuai kebutuhan informasi yang dicari. Sedangkan website akan membantu kamu menemukan beragam informasi dari chapter yang berbeda.

3. Koneksi domain

Sebuah web page memiliki alamat atau URL yang harus bergantung atau terkait pada domain website. Halaman web tidak bisa berdiri sendiri tanpa ditautkan pada domain ini. Kamu hanya bisa mengakses web page pada domain utama website. Sedangkan sebuah situs web tidak perlu atau tak tergantung pada alamat halaman website. Website mampu berdiri sendiri dan memuat beragam jenis konten. Website lebih bersifat kompleks dan kaya akan ragam informasi.

4. Lamanya waktu development

Perbedaan web page dan web site selanjutnya adalah waktu pembuatannya. Membuat atau membangun sebuah website jauh lebih lama daripada web page. Pengerjaan website juga jauh lebih rumit. Sedangkan membuat web page tidak selama membangun situs web karena komponen penyusunnya lebih sedikit. Website terbilang lama dan sulit untuk dibuat. Komponen di dalamnya memuat beragam unsur yang tak dapat dipisahkan. Proses pembuatan pun tak hanya sampai di situ saja. Website perlu dilakukan pengembangan untuk lebih meningkatkan performa kinerjanya.

Baca Lebih Banyak : Mengenal Kriteria Website User Friendly

Itulah perbedaan utama dari web page dan website. Web page tak bisa berdiri sendiri dalam sebuah laman. Web page harus bergantung pada sisi utama dari website. Sedangkan website mampu berdiri sendiri dengan modal URL yang ada. Isi kontennya pun jauh lebih beragam. Website dapat memuat beragam jenis konten yang bisa membuat kamu semakin kaya dan perluas wawasan.

Kursus desain website HTML CSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *