Tanggal:20 April 2024
Personal shopper

Profesi Personal Shopper, Cocok untuk Kamu yang Hobi Belanja

Siapa di antara kamu yang hobi berbelanja? Tahukah kamu bahwa sekarang hobi tersebut bisa jadi suatu profesi, lho. Penasaran? Yap, profesi tersebut adalah personal shopper. Personal shopper adalah pekerjaan yang cukup berkembang pesat saat ini.

Kursus online belajar grammar vocasia

Baca Juga:

Dilansir dari zippia, pada tahun 2020 silam orang-orang yang bekerja sebagai pembelanja pribadi menyentuh angka 33.568, lho. Angka yang luar biasa! Profesi yang satu ini hampir mirip dengan jasa titip. Tetapi, ternyata keduanya adalah hal yang berbeda.

Baca Juga:

Sebenarnya, apa itu personal shopper? Vocasia akan menjawab pertanyaan tersebut melalui artikel berikut ini. Simak dengan baik, ya.

Baca Juga | Mengenal Impulsive Buying, Kebiasaan Boros Yang Semakin Menjamur Di Masa Kini

Pengertian Personal Shopper

Personal shopper

Source : freepik

Personal shopper adalah seseorang yang bekerja dengan membelanjakan suatu barang untuk kliennya. Simpelnya, ia bisa juga disebut sebagai pembelanja pribadi. Meskipun terlihat sepele, profesi yang satu ini cukup menarik untuk dicoba. 

Baca Juga:

Seorang pembelanja pribadi harus memastikan bahwa barang yang dibelinya itu memiliki kualitas yang terbaik. Sebab, pengalaman belanja yang baik harus didapatkan oleh kliennya. Selain itu, ia juga memiliki wewenang memberikan saran terbaik untuk sang klien. 

Baca Juga | Admin Purchasing: Pengertian Dan Tugasnya Dalam Perusahaan

Barang yang dibeli pun beragam. Contohnya seperti pakaian, aksesori, bahkan perabotan rumah. Setelah membeli barang-barang permintaan klien, ia akan mengirimkannya secara mandiri ke alamat klien. 

Di beberapa tempat, personal shopper bekerja sebagai stylist pribadi si klien, lho. Sementara itu, di beberapa departement store ataupun butik juga tersedia layanan pembelanja pribadi.

Baca juga | Ghost Shopping, Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan

Deskripsi Pekerjaan

Setelah mengetahui pengertiannya, sekarang kamu juga harus tahu deskripsi pekerjaan seorang personal shopper. Berikut di antaranya:

1. Memberikan pengalaman pembelian terbaik untuk klien

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, seorang pembelanja pribadi wajib memberikan pengalaman pembelian terbaik untuk klien. Sebab, sang klien telah mempercayainya. Untuk mencapai hal tersebut, pembelanja pribadi harus memberikan saran terbaik dan membimbing klien dalam menentukan produk yang akan ia beli. Selain itu, pembelanja pribadi juga harus menjalin hubungan yang baik dengan para klien.

Baca Juga | Yuk, Kenali Perbedaan Customer Care Dan Customer Service

2. Memproses pembayaran belanjaan klien

Setelah klien memutuskan pilihan barang belanjaan yang diinginkan, personal shopper selanjutnya akan memproses pembayarannya. Seorang pembelanja pribadi harus mengerti sistem pembayaran yang ada pada toko atau tempat pembelian barang tersebut. Jika diperlukan, ia juga bisa membantu sang klien dalam membuat rencana pembayaran.

Baca Juga | Ini Dia 7 Metode Pembayaran Online Paling Populer Di Indonesia

3. Tanggung jawab sales

Kamu mungkin kebingungan membaca deskripsi pekerjaan yang satu ini. Personal shopper biasanya memiliki suatu target dari tim sales. Target tersebut berupa jumlah perjanjian dengan klien, kuota penjualan barang, dan juga kualitas pengalaman pembelian terbaik yang harus ia capai.

Baca Juga | Perbedaan Marketing Dengan Sales

Kualifikasi dan Skill yang Dibutuhkan

Source : freepik

Jika kamu tertarik dengan profesi ini, yuk simak beberapa kualifikasi dan skill yang dibutuhkan seorang personal shopper. Berikut di antaranya:

  • Terampil dalam komunikasi interpersonal
  • Memiliki keterampilan komunikasi secara tertulis dan verbal
  • Dapat menyelesaikan banyak tugas dengan lingkungan kerja yang dinamis
  • Terampil matematika dan komputer dasar
  • Melek akan tren dan perkembangan fashion menjadi nilai tambah tersendiri

Baca Juga | Apa Itu Komunikasi Pemasaran? Pengertian, Tujuan Dan Manfaatnya

Itulah penjelasan mengenai personal shopper. Mulai dari pengertian, deskripsi pekerjaan, hingga kualifikasi dan skill yang dibutuhkan. Bagaimana? Kamu yang hobi belanja tertarik menggeluti profesi ini? Jangan lupa asah skill kamu, ya.

Baca Juga:

Kamu bisa mengikuti kursus “Keterampilan Dasar dalam Berkomunikasi” di Vocasia. Tidak perlu ragu karena materi yang akan kamu dapatkan langsung dari ahlinya. Tentunya integritas sudah pasti terjamin. Setelah mengikuti serangkaian kursusnya, kamu akan mendapatkan e-sertifikat, lho. Yuk, buruan cek website Vocasia dan dapatkan kursusnya!

Baca Juga | Ternyata Mudah Sekali Belanja Di TikTok Shop, Ikuti Tutorial Berikut!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *