Tanggal:25 April 2024

5 Prospek Kerja Jurusan Matematika dan Gajinya!

Hal pertama yang menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah yang cocok adalah melihat prospek kerja, selain itu sebelum memasuki dunia pekerjaan tentu kamu perlu melihat dulu bagaimana prospek dan gaji dari pekerjaan yang dilakukan bukan? Salah satunya jurusan matematika.

Jurusan matematika adalah ilmu mengenai angka dan perhitungan. Tak hanya kedua aspek tersebut, matematika juga menjadi dasar dari ilmu pengetahuan terapan lainnya. Matematika juga digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya untuk memprediksi peristiwa alam, membuat dan mengembangkan teknologi dan sebagainya.

Lulusan jurusan matematika bisa bekerja di banyak profesi yang menawarkan gaji terbaik. Lulusan dari jurusan ini bisa menggeluti profesi paling bersinar di 2025 menurut World Economic Forum. Bahkan, lulusan matematika bisa bekerja dengan profesi kekinian seperti youtuber hingga menduduki posisi strategis di perusahaan.

Jurusan ini memang tidak sepopuler pendidikan dokter. Namun jika Kamu mengenal lebih jauh, jurusan matematika memiliki peluang atau prospek kerja yang menjanjikan. Apa saja itu? Berikut ini ada 10 peluang atau prospek kerja matematika lengkap dengan perkiraan gajinya.

Prospek Kerja Matematika Beserta Gajinya 

Jurusan matematika dapat disebut sebagai dasar dari segala jurusan lainnya. Bahkan ilmu sosial seperti ekonomi dan akuntansi juga berlandaskan ilmu matematika. Oleh karena itu, sebenarnya banyak sekali pekerjaan yang dapat kamu geluti jika memilih jurusan matematika. Berikut prospek kerja jurusan matematika:

1. Aktuaris

Jurusan Aktuaria. Sumber: pexels.com

Peluang atau prospek kerja matematika adalah menjadi aktuaris yang bekerja di perusahaan asuransi dan investasi. Kamu berpotensi mengaplikasikan ilmu keuangan dengan statistika untuk menyelesaikan persoalan bisnis aktual. Secara garis besar, Kamu memiliki tugas melakukan pengukuran dan manajemen risiko dalam suatu bisnis, misalnya dalam asuransi.

Aktuaris adalah profesi yang diincar karena perannya yang penting dan gajinya yang sangat tinggi. Saat ini bekerja menjadi seorang aktuaris merupakan salah satu pekerjaan yang sangat populer. Kamu memiliki peluang yang sangat besar untuk terjun di profesi ini, karena ilmu aktuaria adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu risiko keuangan dengan berbagai macam metode matematika dan statistik yang biasa digunakan di bidang asuransi.

Ilmu aktuaria ini digunakan untuk menganalisis keuangan dan memecahkan berbagai masalah keuangan untuk bisa melihat perkiraan di masa depan tentang suatu perusahaan. Gaji aktuaris bisa mencapai angka fantastis lho. Gaji yang Kamu terima mulai dari Rp4.000.000 sampai dengan Rp7.000.000 per bulan.

Baca Juga: 7 Prospek Kerja Teknik Elektro Dan Gajinya!

2. Tenaga Pengajar Matematika

Prospek Kerja Matematika “Tenaga Pengajar Matematika ” (lpexels)

Kamu bisa menjadi tenaga pengajar matematika. Kalau memilih cabang Matematika, Kamu bisa memutuskan untuk menjadi seorang tenaga pengajar. Tenaga pengajar baik guru atau dosen yang telah mendapatkan sertifikasi akan mendapatkan bayaran memuaskan lho. 

Meskipun Kamu tidak dipersiapkan secara khusus untuk menjadi pengajar, tapi Kamu tetap bisa memilih profesi ini. Kamu bisa menjadi tenaga pengajar untuk sekolah-sekolah atau bisa juga lembaga bimbingan belajar. Dari profesi ini, Kamu bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp3.500.000 per bulan.

3. Peneliti atau Ahli Matematika

peneliti

Ilustrasi peneliti (cr. pixabay)

Bekerja sebagai seorang peneliti adalah hal yang sangat menyenangkan, apalagi jika memang passion-mu ada di bidang tersebut. Orang yang ahli Matematika memiliki kesempatan untuk meniti karir lebih cemerlang baik menjadi pegawai, konsultan dan lain-lain. 

Kamu berkesempatan bekerja di berbagai bidang baik sains atau manajemen. Kamu pun bisa masuk ke dunia pendidikan dengan menjadi dosen ahli atau sejenisnya. Meneliti sebuah persoalan matematika adalah hal yang menantang dan berguna untuk masa yang akan datang.

Baca Juga: 8 Prospek Kerja Manajemen SDM Dan Gajinya

4. Akuntan

Prospek Kerja Matematika “Akuntan” (lpexels)

Kamu bisa berkarir sebagai seorang akuntan. Lulusan dari jurusan Matematika bisa membawa prospek karir mentereng sebagai seorang akuntan. Tentu Kamu yang mencintai dunia penghitungan bakal lebih mudah mempelajari akuntansi. Kamu bisa menerapkan ilmu akuntansi lebih mudah.

Akuntan mempunyai tugas untuk memeriksa, menganalisa serta mengartikan data akuntansi. Seluruh tugas ini akan bermain dengan angka dan perhitungan sehingga tidak lepas dari penerapan ilmu matematika. Gaji seorang akuntan di Indonesia sendiri bisa mencapai angka jutaan hingga belasan juta rupiah per bulan. Jika Kamu baru bekerja, gaji yang Kamu dapatkan sekitar Rp5.000.000 per bulan.

5. Insinyur

Prospek Kerja Matematika “Insinyur” (lpexels)

Kamu bisa berkarir sebagai seorang insinyur. Jurusan Matematika bisa membawa karir yang mapan untuk Kamu yang ingin menjadi insinyur aplikasi atau insinyur perangkat lunak. Matematika dasar merupakan ilmu yang wajib Kamu kuasai kalau bercita-cita menjadi ahli mekanik, ahli teknik dan lain-lain. 

Gaji yang Kamu dapatkan dari profesi ini sekitar Rp6.000.000 per bulan. Tentu kamu harus mengambil jurusan tambahan untuk menguasai penuh teknik mengimplementasikan matematika untuk pekerjaanmu.

Baca Juga: Intip, Prospek Kerja Aktuaria Dan Perkiraan Gajinya! 

6. Blogger

Prospek Kerja Matematika “Blogger” (lpexels)

Kalau kamu ada ketertarikan untuk membuat sebuah tulisan, kamu bisa memulai untuk menulis blog dan membahas tentang ilmu matematika. Karena kalau blog kamu mendapatkan banyak pembaca, maka kamu juga bisa memasang iklan maupun menjual produk secara langsung untuk bisa mendapatkan uang dari internet. Jadi, kamu bisa menyalurkan informasi mengenai pendidikan matematika di berbagai tulisan kamu.

Demikian, peluang atau prospek kerja matematika lengkap dengan perkiraan gajinya. Dari prospek tersebut, mana yang bakal Kamu pilih? Yuk, tentukan jurusan yang akan membawa masa depanmu lebih cerah mulai dari sekarang!  Untuk mendapatkan artikel yang menarik lainnya kamu bisa kunjungi blog Vocasia di sini! 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *