Tanggal:25 April 2024

Apa itu Resiko Usaha? Pengertian, Contoh, Jenis, dan Solusinya

Terkadang saat ingin memulai sebuah bisnis, kita tidak memikirkan bagaimana nanti jika ada peluang-peluang risiko yang akan datang. Dalam berbisnis, kita harus mempertimbangkan apa saja plus minus-nya. Jika kamu tidak mau terpuruk dalam sebuah masalah saat sedang berbisnis, kamu perlu memperhatikan apa itu risiko usaha.

Baca Juga : 7 Strategi Dalam Pengembangan Usaha

Pengertian Resiko Usaha

Free Foto stok gratis analisis, berdiskusi, bisnis Stock Photo

Kata “risiko” diambil dari kata yang berasal dari bahasa Inggris yaitu “risk”. Kata “risk” memiliki arti kegagalan, hambatan, kendala, bahaya atau kerugian. Jadi, risiko usaha dapat diartikan sebagai suatu hal hambatan dan merugikan yang bisa saja terjadi kapan saja ketika membangun usaha.

Baca Juga : Apa Itu Entrepreneur

Darimana risiko usaha muncul? Risiko dalam membangun usaha biasanya akan muncul dari berbagai macam hal, mulai dari hal terlihat sepele hingga hal yang terlihat rumit. Hal-hal yang dimaksud, seperti permasalahan yang dialami oleh seorang wirausahawan dengan karyawannya, sistem manajemen usaha yang berantakan, tidak melakukan riset ketika membangun usaha, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Strategi Pemasaran di Masa Pandemi

Contoh Resiko Usaha

Free Foto stok gratis alat, bekerja, bekerja bersama Stock Photo

Berikut ialah contoh-contoh risiko usaha yang wajib kamu ketahui:

Baca Juga : Tips Pemasaran Digital Untuk Bisnis

1. Teknologi yang Semakin Berkembang

teknologi memiliki dua sisi, yaitu sisi yang dapat menguntungkan usaha dan sisi yang dapat merugikan usaha. Sisi menguntungkan berupa usaha yang dibangun dapat meningkatkan kualitas produk usaha. Sedangkan, sisi yang merugikan berupa tidak dapat mengikuti atau beradaptasi dengan teknologi yang berkembang pesat.

Baca Juga : Surat Izin Tempat Usaha

2. Konsumen Sudah Mulai Tidak Percaya

Kepercayaan konsumen pada suatu produk usaha dapat meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu, produk usaha harus dijaga kualitasnya, baik dari harga atau pengiriman. Jika kualitas produk usaha tidak dijaga, maka kepercayaan konsumen akan hilang. Bahkan, para konsumen bisa meninggalkan produk usaha tersebut.

Baca Juga : Cara Temukan Peluang Bisnis dari Lingkungan Sekitar

3. Persaingan Antar Usaha

Persaingan antar usaha memang harus dihadapi oleh para pengusaha supaya membuktikan produk mana yang paling baik. Namun, persaingan antar usaha yang tidak sehat akan memunculkan risiko usaha yang sangat tinggi. Dalam keadaan terburuk, pengusaha bisa mengalami kerugian yang cukup besar.

Baca Juga : Peluang Usaha Makanan Laris 2022

4. Peraturan Pemerintah yang Berubah

Peraturan pemerintah yang berubah akan memunculkan risiko usaha. Hal ini bisa terjadi karena perusahaan harus melakukan penyesuaian kembali, baik dari segi produk, pemasaran, dan penjualan.

Baca Juga : Promosi

Jenis-Jenis Resiko Usaha

Free Wanita Muda Berjabat Tangan Dengan Bos Setelah Presentasi Bisnis Stock Photo

1. Perusahaan

Kondisi dimana perusahaan dan saham didalamnya mengalami kerugian sehingga akan berdampak pada kondisi perusahaan tersebut. kondisi seperti inilah yang dimaksud dengan resiko yang mungkin terjadi di dalam lingkup sebuah perusahaan.

Baca Juga : Kenali Business Model Canvas

2. Keuangan

Resiko ini cukup sering dialami oleh sebuah bisnis baik kecil maupun besar yaitu kerugian pada keuangan perusahaan. Ketika keuangan perusahaan mengalami kerugian maka akan berdampak luas pada segala aspek didalamnya. Sayangnya justru kondisi seperti inilah yang cukup sering terjadi dan dialami oleh para pelaku usaha.

Baca Juga : Strategi Marketing Bisnis Untuk Menaikkan Penjualan

3. Permodalan

Resiko lainnya terdapat pada permodalan usaha yang menyebabkannya mengalami penurunan secara drastis. Penyebabnya adalah kerugian penjualan dan likuiditas yang dialami oleh perusahaan. Hal ini menyebabkan keuangan perusahaan mengalami penurunan tajam.

Baca Juga : Konsumen Yang Loyal

4. Pasar

Resiko pada pasar bisa terjadi sebagai akibat dari persaingan antara usaha dengan gaya hidup yang berlaku pada diri konsumen. Penyebab lainnya yaitu adanya perubahan pola persaingan dengan kompetitor serta kemunculan pesaing baru pada pasar produk kamu.

Baca Juga : Strategi Pemasaran dalam Bisnis Franchise

5. Operasional

Apakah yang dimaksud dengan resiko operasional dalam usaha itu? Yaitu sesuatu hal yang terjadi akibat kesalahan dalam membuat prediksi. Atau bisa dikatakan resiko operasional terjadi karena adanya penyimpangan dalam hasil prediksi yang telah dibuat.

Baca Juga : Validasi Ide dalam Rencana Bisnis

Mengapa kondisi seperti itu bisa terjadi? Ada beberapa faktor penyebabnya. Faktor-faktornya antara lain yaitu penetapan keputusan tertentu yang kurang sempurna, adanya sumber daya manusia yang tidak sesuai kualifikasi, pengaruh kemajuan teknologi serta perubahan terhadap sistem inovasi dan mutu produk.

Baca Juga :

Solusi Resiko Usaha

Free Foto stok gratis bekerja bersama, brainstorming, diskusi Stock Photo

Bagaimana cara mengatasi terjadinya risiko usaha? Solusi mengatasi risiko usaha dapat kamu simak ulasannya di bawah ini.

1. Mengenal Usaha yang Sedang Dibangun

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi risiko usaha adalah mengenal usaha yang sedang dibangun. Untuk mengenal usaha tersebut, dapat dimulai dari mengetahui visi dan misi suatu usaha.

Baca Juga : Cara Membangun Mental Bisnis

2. Mengukur Besar Kecilnya Kerugian Risiko Usaha

Buatlah daftar besar kecilnya kerugian dari risiko usaha yang terjadi. Solusi ini perlu untuk dilakukan supaya dapat mengidentifikasi kerugian risiko usaha sehingga dapat menentukan permasalahan yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Percaya Diri Mengambil Keputusan

3. Membuat Perencanaan Risiko Usaha

Setelah mengukur kerugian besar kecilnya risiko usaha, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat rencana untuk menyelesaikan masalah tersebut. Perencanaan yang matang dalam mengatasi risiko usaha perlu dilakukan supaya permasalahan tersebut dapat segera diselesaikan.

Baca Juga : Procurement Dunia Bisnis

4. Belajar dari Kesalahan

Setelah melakukan ketiga hal tersebut, langkah terakhir dalam mengatasi risiko usaha adalah jangan mengulangi permasalahan yang sama. Setiap masalah yang sudah terjadi harus dipelajari dengan baik-baik supaya di kemudian hari dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang baru.

Baca Juga : Produk Bundling

Itulah rangkuman Vocasia mengenai risiko usaha. Sebelum memulai sebuah usaha, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu risiko usaha, ya. Mulailah bisnismu dengan persiapan matang dan jangan lupa berdoa!

Baca juga: 5 Cara Menentukan Lokasi Usaha Yang Strategis Untuk Bisnismu

Public relation masterclass
scale up bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *