Tanggal:28 March 2024

Resolusi: Pengertian, Manfaat, Cara Mewujudkan dan Pentingnya

Di penghujung tahun biasanya banyak warganet yang mengucapkan resolusi pergantian tahun, tidak sedikit pengguna internet menjadikan kata ‘resolusi’ sebagai guyonan di akhir tahun. Seringkali orang salah mengartikan kata ‘resolusi’, ‘evolusi’, dan ‘revolusi’.

Resolusi dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) diartikan sebagai “suatu keputusan atau kebulatan ataupun tuntutan”. Resolusi juga bisa diartikan sebagai pernyataan tertulis yang berisi tuntutan tentang suatu hal. Biasanya resolusi akan dibuat oleh seseorang untuk memutuskan tindakan apa yang akan dilakukan di masa mendatang.

Di artikel kali ini, Vocasia akan membahas tentang pengertian dari resolusi, pentingnya resolusi, manfaat dari resolusi dan terakhir cara mewujudkan resolusi. Mari simak penjelasan lebih detail di bawah ini!

Pengertian dari Resolusi

Resolusi secara umum adalah tindakan atau keputusan yang diambil untuk mengembangkan ataupun memperbaiki kebiasaan seseorang dari tahun sebelumnya ke tahun yang akan datang.

Menurut KBBI, resolusi mempunyai arti kebulatan pendapat berupa permintaan yang ditetapkan dalam rapat (Musyawarah, sidang). Biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.

Mengambil keputusan merupakan hal yang mudah karena kamu hanya perlu memikirkan apa yang akan kamu lakukan di tahun yang akan datang.

Dengan memiliki resolusi, kamu tidak perlu bingung karena kamu telah memiliki target yang perlu dicapai dan dipenuhi. Namun seberapa penting kita untuk membuat resolusi di akhir tahun?

Pentingnya Membuat Resolusi

Dikutip dari seseorang fasilitator bernama Thomas F. Chapman, Family Cancer Wellness di Piedmont, Dennis Buttimer. Banyak orang yang ingin memperbaiki kehidupannya di tahun yang akan datang. “Saya pikir kebanyakan orang menginginkan kesempatan kedua untuk meningkatkan kulitas hidup mereka.”

“Tahun baru menawarkan catatan kosong yang baru, kesempatan untuk memperbaiki keadaan. Saat kita menetapkan resolusi tahun baru, kita menggunakan konsep yang sangat penting yang disebut self-efficacy yang berarti mencapai tujuan berdasarkan cita-cita dan menindaklanjuti,” kata Buttimer.

Manfaat Membuat Resolusi

Dikutip dari Yoursun, berikut manfaat membuat resolusi menjelang tahun baru:

1) Menjadi Motivasi Diri

Membuat resolusi dan menjalankannya dengan sungguh-sungguh akan memberikan rasa gembira jika kita dapat mewujudkannya. Sebagai contoh, saat kamu berhasil mendapatkan nilai memuaskan di sekolah. Lalu di tahun baru; kamu menjadi lebih rajin belajar, berdiskusi, dan masih banyak lagi. Jika target kamu mendapatkan nilai yang memuaskan tercapai, ini bisa menjadi motivasi untuk mencapai resolusi lainnya.

2) Membuat Seseorang Lebih Baik

Manfaat lainnya dari membuat resolusi adalah dapat membantu kamu dalam merenungkan masa lalu, masa sekarang dan masa depan. Selain itu, resolusi juga menjadi sarana untuk mencari tahu pencapaian apa yang sudah berhasil dan yang masih belum diraih.

3) Memberikan Tujuan

Dengan memiliki resolusi akan membantu kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan, apa yang penting untuk dilakukan di masa depan. Alhasil, resolusi akan memberi kamu tujuan dalam hidup.

Cara Mewujudkan Resolusi

1) Tentukan resolusi yang realistis

Membuat resolusi yang besar merupakan hal yang baik, tetapi sebelum mengambil langkah yang besar kamu bisa coba dengan langkah yang lebih sederhana. Karena kalau kamu memiliki resolusi yang tidak realistis dan kamu tidak dapat mencapainya, hal yang terjadi adalah kamu akan merasa frustasi dan akan mempengaruhi hidup kamu.

2) Resolusi yang ingin kamu wujudkan adalah hal yang penting

Setelah mengambil langkah kecil untuk berubah, kamu bisa pastikan kembali apakah resolusi yang kamu pilih merupakan hal yang benar-benar penting atau tidak bagi hidup kamu. Kalau membuat resolusi hanya karena rasa benci pada diri sendiri atau melampiaskan penyesalan, biasanya keinginan tersebut tak berlangsung lama.

3) Pilih resolusi yang spesifik

Resolusi yang kamu buat harus memiliki tujuan yang jelas. Menurut Profesor Bidang Informasi dan Keputusan di Wharton School of the University of Pennsylvania, Katherine L. Milkman, mengungkapkan bahwa resolusi yang baik harus dibuat secara konkret. Misalnya kamu ingin menurunkan berat badan, itu tidak cukup. Kamu juga harus menetapkan target-target yang lebih spesifik, seperti jumlah berat badan yang ingin diturunkan dan dalam waktu berapa lama agar target tersebut bisa tercapai.

4) Catat Kemajuannya

Setelah menentukan resolusi yang tepat, kamu juga perlu mencatat kemajuan dalam mencapai resolusi. Penulisan resolusi bisa di dalam sebuah jurnal atau di ponsel. Ini dilakukan untuk membantumu dalam mengetahui atau mengukur seberapa besar keberhasilannya.

Itulah ulasan tentang apa itu resolusi, manfaat, dan cara mewujudkannya

Berikut ulasan tentang apa itu resolusi, manfaat, pentingnya resolusi dan bagaimana cara mewujudkanya. Apakah sudah ada resolusi kamu yang sudah terwujud ditahun 2023 ini? Tetap semangat ya untuk mewujudkan resolusinya!

Baca Juga: Ini Lho Skill Yang Dibutuhkan Tahun 2022, Persiapkan Dari Sekarang!

Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *