Tanggal:25 November 2024
MS Excel

Panduan Rumus CHOOSE Excel

Buat kamu yang saat ini sedang mempelajari cara menggunakan excel dengan optimal, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan membahas tentang rumus CHOOSE sekaligus cara penggunaannya.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak pembahasan ini dengan seksama!

Pengertian rumus CHOOSE excel

Rumus yang satu ini merupakan salah satu rumus excel yang masuk dalam kategori rlookup dan refference. Dimana fungsi ini dimanfaatkan untuk memilih sebuah nilai dari populasi argument nilai yang diberikan berdasarkan nomor indeks atau urutan tertentu,

Jika dilihat secara sekilas, rumus CHOOSE sangat mirip dengan rumus INDEX. Persamaan dari kedua rumus ini yakni sama-sama memberikan informasi index nilai tertentu. Bedanya, rumus INDEX menghasilkan informasi berupa kolom atau baris sedangkan CHOOSE mengasilkan nomor urut dari daftar argumen nilai atau range yang ditentukan.

Cara menggunakan rumus CHOOSE excel beserta contohnya

Formula rumus CHOOSE excel:

Formula rumus CHOOSE excel - @kelasexcel.id

Formula rumus CHOOSE excel – @kelasexcel.id

Index_num    Diperlukan. Menentukan argumen nilai mana yang dipilih. Index_num harus berupa angka antara 1 dan 254, atau rumus atau referensi ke sel yang berisi angka antara 1 dan 254.

    • Jika index_num adalah 1, CHOOSE mengembalikan nilai1; jika 2, CHOOSE mengembalikan nilai2; dan seterusnya.
    • Jika index_num lebih kecil dari 1 atau lebih besar dari angka nilai terakhir dalam daftar, CHOOSE akan mengembalikan nilai #VALUE! nilai kesalahan.
    • Jika index_num adalah pecahan, maka dipotong menjadi bilangan bulat terkecil sebelum digunakan.

Value1, value2, …     Nilai 1 diperlukan, nilai berikutnya bersifat opsional. Argumen nilai 1 sampai 254 yang darinya CHOOSE memilih nilai atau tindakan yang harus dilakukan berdasarkan index_num. Argumen dapat berupa angka, referensi sel, nama terdefinisi, rumus, fungsi, atau teks.

Contoh penggunaannya :

Data
23
45
1.2
10
Rumus Deskripsi (Hasil) Hasil
=SUM(A2:CHOOSE(2,A3,A4,A5))

Menjumlahkan rentang A2:A4. Fungsi CHOOSE mengembalikan A4 sebagai bagian kedua rentang untuk fungsi SUM.

80
Setiap argumen dipisahkan oleh tanda baca koma.

Demikian adalah pengertian, cara menggunakan rumus CHOOSE di excel beserta contohnya.

Ada event menarik nih buat kamu yang sedang ingin mempelajari sekaligus mempraktikan langsung mengenai rumus-rumus yang ada pada excel, dengan mengikuti program bootcamp excel dari Vocasia berikut ini.

Bootcamp Excel "How To Become An Advance In Excel" dari Vocasia.id

Bootcamp Excel “How To Become An Advance In Excel” dari Vocasia.id

Yuk daftarkan dirimu segera sebelum kehabisan! Klik di sini untuk daftar!

"Basic Excel Training For Professional Employees & Recruitment Selection Candidates" dari Vocasia

“Basic Excel Training For Professional Employees & Recruitment Selection Candidates” dari Vocasia

Buat kamu yang ingin mengunakan excel secara profesional untuk di dunia kerja, kamu bisa mengikuti kursus “Basic Excel Training For Professional Employees & Recruitment Selection Candidates” dari Vocasia. Kursus ini sangat cocok buat kamu yang masih pemula dalam menggunakan Excel.

Dengan mengikuti kursus ini kamu akan mendapatkan beberapa benefit seperti:

  • Mampu mengenali basic tools yang ada di Excel
  • Mampu menggunakan Aplikasi Excel

Nikmati diskon hingga 84%!

Kamu akan mendapatkan 3,5 jam+ video yang terbagi dalam 60 materi pembelajaran dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun!

Klik disini untuk daftar sekarang!

Sumber: kelasexcel.id & microsoft.com

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia
pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *