Tanggal:29 March 2024

Begini Sejarah Singkat Perkembangan Teknologi Komunikasi

Ada banyak pakar yang melukiskan sejarah perkembangan teknologi komunikasi. Sebenarnya, tidak ada satu pakar pun yang menceritakan secara khusus tentang perkembangan teknologi komunikasi. Tetapi perkembangan yang diceritakan jelas berkaitan dengan teknologi yang digunakan umat manusia. Sebab, kaitan antara manusia dengan teknologi begitu erat. Awalnya, manusia menciptakan teknologi untuk mempermudah aktivitas. Kemudian berkembang pesat yang pada akhirnya membuat kehidupan mereka tergantung pada teknologi itu sendiri. Begitu seterusnya sejarah perkembangan manusia dengan teknologi yang terus mengalami kemajuan.

Baca Juga: Ketahui Proses Implementasi Teknologi Bagi Organisasi

Dalam hal ini, sejarah teknologi komunikasi sejalan dengan peradaban manusia. Dengan.kata lain, saat kita menceritakan perkembangan teknologi komunikasi. Berarti juga bercerita tentang sejarah peradaban manusia, begitu pun sebaliknya. Manusia yang mempunyai teknologi, menciptakan peradaban umat manusia. Peradaban manusia itu berubah dan berganti. Bahkan antar daerah atau negara berbeda, sangat tergantung pada teknologi yang digunakan. Pada peradaban di negara Barat (yang sering dikatakan maju) berbeda dengan peradaban Timur. Karena perbedaan penggunaan teknologi tersebut. Jadi, menceritakan sejarah peradaban umat manusia sekaligus perkembangan teknologi komunikasi. Berdasarkan sumber buku Perkembangan Teknologi Komunikasi (2017). Berikut adalah penjelasan mengenai sejarah singkat dari perkembangan teknologi komunikasi. Simak dibawah ini yuk!

Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi

Alvin Toffler, pada tahun 80-an pernah menulis The Third Wave (Gelombang Ketiga). la membagi perkembangan peradaban manusia dengan teknologinya menjadi tiga bagian, yakni:

  • Di gelombang pertama disebut fase pertanian,
  • Di gelombang kedua disebut fase industri,
  • Pada gelombang ketiga disebut dengan fase pasca industri.

Pasca industri inilah yang disebut dengan gelombang ketiga dan dialami manusia sekarang ini. Selain itu, gelombang ketiga juga disebut dengan gelombang atau fase jasa dan komunikasi. Dimana jasa serta komunikasi memegang peran sangat penting dalam aktivitas manusia sehari-hari.

Baca Juga: Penyebab Fenomena Munculnya Masyarakat Pemberontak Teknologi

Tahapan Perkembangan Teknologi Komunikasi

Munculnya, gelombang pertama pada 8000-7000 tahun SM. Merupakan fase dimana ada perubahan cara hidup manusia dengan bercocok tanam. Dengan bercocok tanam, manusia sudah mulai mengenal pertanian (mengolah persawahan, cara bertani, memanen). Saat itulah adanya peralihan manusia dari kegiatan mengumpulkan hasil hutan ke era pertanian. Era pertanian adalah era dimulainya manusia menetap di suatu lokasi dari berpindah-pindah (mengumpulkan hasil hutan). Tak hanya itu, gelombang ini juga disebut fase dimana manusia menggantungkan kehidupannya dari hasil pertanian. Beberapa ciri yang menyertai gelombang pertama ini antara lain, sebagai berikut.

  • Tenaga utama manusia dan binatang,
  • Mobilitas manusia dan informasi berjalan sangat lambat,
  • Energi yang digunakan adalah otot,
  • Pendapatan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja
  • Hidupnya sangat tergantung pada kondisi alam,
  • Masih memakai hukum homo monim lupus. (manusia adalah serigala bagi sesamanya, siapa kuat dialah yang menang).

Sedangkan, gelombang kedua ( muncul pada 1700 SM-1970), ditandai dengan ciri utama munculnya revolusi industri. Kalau gelombang pertama manusia banyak mengandalkan tenaga hewan dan manusia. Nah di gelombang kedua ini sudah digantikan dengan mesin. Peradaban kehidupan manusia juga dianggap lebih maju. Dengan dijadikannya mesin sebagai teknologi penting bagi kehidupan. Maka dikenal pula transportasi, pendidikan, bisnis, perdagangan dan lain-lain. Selain itu, gelombang kedua bisa dikatakan sebagai era “manusia ekonomis” yang rakus. Dari era inilah muncul gelombang imperialisme dan kolonialisme. Tujuannya, untuk mencari kejayaan, agama, dan penyebaran agama (glory, gold, god).

Baca Juga: Faktor Pengaruh Teknologi Komunikasi

Bisa dikatakan pula era ini pemikiran manusia semakin maju, bahkan mulai berpikir. Bagaimana memanfaatkan sumber daya alam untuk kepentingan hidupnya. Dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ditemukan, manusia punya mobilitas tinggi. Revolusi industri telah memunculkan ekspansi ekonomi ke berbagai wilayah. Apalagi sejak ditemukannya mesin cetak oleh Johannes Gutenberg, hasil cetakan bisa ditingkatkan ratusan kali lipat per jam. Sementara itu, gelombang ketiga (muncul pada 1979-2000). Ditandai dengan penggunaan energi yang dapat diperbaharui (renewable energy).

Teknologi Komunikasi Gelombang Ketiga

Sejarah teknologi komunikasi dapat dilihat dalam berbagai sudut pandang. Dalam bagian ini, disajikan gambaran perkembangan teknologi komunikasi yang lebih spesifik. Dengan memberikan uraian singkat dalam pembahasannya. Pembahasan pada bagian ini akan menjelaskan perkembangan teknologi komunikasi gelombang ketiga. Berikut dibawah ini penjelasannya.

1. Era Cetak

Penemuan mesin cetak dianggap sebagai penyempurnaan paling besar dari perkembangan teknologi komunikasi. Saat belum ditemukan mesin cetak, tepatnya sebelum abad ke-15. Orang-orang Eropa biasa memproduksi buku dengan menyiapkan manuscripti (manuskrip) berupa salinan yang dicetak dengan menggunakan tangan. Asa Briggs dan Peter Burke (2006) pernah mencatat bahwa manuskrip ini sudah diproduksi dua abad sebelum ditemukannya mesin cetak. Walaupun, hal demikian merupakan perkembangan bagus dalam dunia tulisan, proses tersebut sering tidak lepas dari kesalahan. Lebih penting lagi adalah jumlah buku yang disediakan sama sekali terbatas. Yang jelas, cetakan membawa perubahan yang fantastis.

2. Era Elektronik

Pada era elektronik ini ditandai dengan penemuan telegraf. Telegraf yang ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse (dikenal dengan Morse). Telah mengubah proses pengiriman pesan dari cetak ke elektronik yang jauh lebih cepat. Perkembangan selanjutnya, orang-orang di seluruh dunia kemudian ikut mengembangkan telegraf tersebut. Berlanjut muncul media elektronik. Seperti telepon kabel, film, rekaman audio, radio, televisi, televisi kabel, dan televisi satelit.

3. Era Digital

Pada era ini merupakan transisi dalam mode pengiriman pesan yang memakai alat bantu. Meskipun sudah berubah ke era digital, namun isinya dalam beberapa kasus tidak banyak perubahan. Dengan media lain, seperti media sosial. Isi digital menjadi media baru bagi orang yang berkomunikasi. Kemudian setelah munculnya era ini. Maka penggunaan komputer, internet bahkan sekarang ponsel pintar pun tak luput dari segala aktivitas di kehidupan setiap manusia.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai sejarah singkat dari perkembangan teknologi komunikasi. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa cek postingan artikel yang lainnya, ya!

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js
Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *