Tanggal:24 April 2024

10 Situs Untuk Download Font Gratis

Secara psikologis, font juga dapat mempengaruhi pengunjung website lho! Pilihan font yang tepat akan membuat mereka semakin nyaman membaca dan menjelajahi setiap halaman situs kamu. Sebagai seorang front end developer, kamu bisa mencari di berbagai situs font gratis untuk menentukan font atau typography pada website kamu agar terlihat jauh lebih menarik.

Memanfaatkan font unik adalah bagian penting untuk membuat semua jenis desain terlihat lebih profesional. Tentu saja, kamu tidak selalu harus unduh font keren premium untuk mencapai tingkat profesionalisme yang sama. Jika kamu tidak mampu mengeluarkan uang untuk download kumpulan font keren premium demi membuat desain kamu tampak hebat, kamu dapat beralih ke salah satu dari ribuan font gratis.

Di bawah ini kami rekomendasikan situs font aesthetic gratis yang pastinya mengikuti tren desain grafis di mana kamu dapat menghemat uang dan fokus pada pembuatan aplikasi besar.

Baca juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Tanda Tangan Digital

10 Situs Font Gratis

10 Situs Font Gratis. Sumber: unsplash.com

Ada begitu banyak situs download font gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan website kamu, di antaranya:

1. Google Font

Sumber: Google Font

Google Font adalah salah satu website yang menyediakan font gratis terbaik. Situs Google Font ini banyak digunakan oleh front end developer, karena website ini memiliki banyak font terbaik seperti Montserrat, Open Sans, Roboto, dll.

Google Font menawarkan CDN yang cepat dan nyaman. Sehingga membuatnya sangat mudah untuk memasukkan font dan digunakan ke website tanpa harus meng-host-nya terlebih dahulu. Selain itu, website ini bersifat open-source, sehingga kamu bebas menggunakannya untuk komersial.

2. 1001 Font

Sumber: 1001 Font

1001 Font mencakup lebih dari 9.000 font. Situs ini menampilkan koleksi font gratis berkualitas tinggi yang sering diperbarui. Banyak font tersedia untuk penggunaan komersial. Kamu juga dapat menelusuri font di 1001 Font sesuai dengan gaya font, ukuran, dan bahkan berat font untuk dengan cepat menemukan font yang cocok dengan kebutuhan kamu.

3. Free Font Project

Sumber: Free Font Project

Free Font Project adalah sebuah situs yang menawarkan segudang pilihan font yang dipublikasikan secara gratis oleh masing-masing desainernya. Pembagian font gratis ini bertujuan untuk meningkatkan popularitas dan ketersediaan seni tipografi di dunia digital. Jika kamu menyukai font yang kamu temukan di sini, kamu juga dapat memberikan donasi yang nantinya akan diteruskan ke sebuah organisasi amal bernama ON your heart.

Baca juga: 5 Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik

4. Font Squirrel

Sumber: Font Squirrel

Font Squirrel merupakan salah satu website download font gratis yang terpercaya berkualitas tinggi. Sebagian besar font yang tersedia dilengkapi dengan lisensi komersial yang dapat diperiksa sebelum mengunduhnya. Selain itu, Font Squirrel juga dilengkapi dengan Generator Webfont yang dapat membantu kamu untuk mengonversi font TrueType / OpenType ke webfonts dan Font Identifier yang dapat mendeteksi dan menemukan font berdasarkan gambar.

5. Fontfabric

Sumber: Fontfabric

Siapa sangka, Fontfabric yang mempunyai klien brand ternama dunia seperti Nike, Nestlé, dan Hyundai, juga menyediakan font keren yang bisa kamu unduh secara gratis. Sayangnya, meski mempunyai tampilan yang bersih dan sederhana, website ini tidak menyediakan fitur filter yang lengkap. Akan tetapi, Fontfabric hadir dengan menu Case Study yang memberikan kamu inspirasi bagaimana font yang kamu pilih nantinya digunakan dalam produk desain grafis.

6. FontSpace

Sumber: Fontspace

Kamu tak perlu khawatir kesulitan menemukan font yang kamu inginkan di website ini, karena ada lebih dari 70.000 font tersedia dan sekitar 15.000 diantaranya bisa digunakan untuk kebutuhan komersial. Kemudian, FontSpace juga menyediakan navigasi website yang sangat bersahabat. Di menu Style, misalnya, kamu dapat dengan cepat menemukan pilihan font berdasarkan gayanya—seperti weddings, birthdays, cartoon, atau vintage—hanya dengan sekali klik.

Baca juga: 9 Situs Mempersingkat Link Gratis dan Mudah

7. Befonts

Sumber: Befonts

Tak lengkap rasanya membahas daftar situs penyedia font keren gratis tanpa menyebut Befonts. Kabar baiknya, kamu tak akan membutuhkan waktu lama menemukan font gratis untuk keperluan bisnismu, karena situs ini secara khusus menyediakan menu bernama For Commercial Use.

Nah, untuk kategori font yang bisa kamu unduh di Befonts di antaranya yaitu Script, Brush, Calligraphy, dan Handwritten. Kemudian jika kamu kebingungan mengetahui jenis font yang ingin digunakan, kamu juga dapat memaksimalkan Font Identification tool yang disediakan situs ini.

8. Fontsly.com

Sumber: Fontsly.com

Fontsly hadir dengan fitur navigasi dan pencarian yang user-friendly. Kamu dengan mudahnya bisa menemukan font berdasarkan ukuran bitmap, gaya, maupun popularitasnya. Fontsly memiliki Textbox yang memudahkan kamu melihat tampilan font secara langsung. Dan tak hanya itu, Fontsly juga memiliki kustomisasi yang sangat lengkap, seperti mengatur warna dan ukuran tulisan sesuai preferensimu.

9. Creative Market

Sumber: Creative Market

Creative Market adalah sebuah online marketplace untuk menjual dan membeli aset desain digital. Setiap minggu, Creative Market menawarkan konten gratis, termasuk font. Konten gratis yang didapatkan juga berganti-ganti tiap minggunya dan hanya dapat diunduh pada rentang waktu terbatas. Font yang ditarwarkan di Creative Market pada umumnya adalah font premium dan berkualitas. Maka dari itu, jika kamu ingin mengoleksi font premium berkualitas secara gratis, kami sangat merekomendasikan Creative Market.

Baca juga: Kumpulan Situs Pembuat Logo Online Gratis

10. Graphic Design Freebies

Sumber: Graphic Design Freebies

Graphic Design Freebies adalah situs lain yang menampilkan font gratis dengan ratusan font bergaya modern. Kamu bisa menemukan semua jenis font di situs ini termasuk skrip, serif, kuas, dan banyak lagi. Sebagian besar versi gratis tersedia untuk penggunaan pribadi saja. Tetapi ada beberapa font yang disediakan untuk penggunaan komersial.

Itulah beberapa situs terbaik untuk mengunduh font gratis yang, esthetic, keren, dan menarik. Variasi font memang menarik untuk mata, tetapi ingat, jangan over menggunakan font, ya! Alih-alih bagus, malah kelihatan norak. Lebih baik, gunakan font secukupnya saja, agar website-mu tidak terlalu ramai dan nantinya malah membuat mata yang melihatnya menjadi pusing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *