Tanggal:25 April 2024

10 Skill yang Dibutuhkan di Masa Depan untuk Menunjang Karier!

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, berdampak pada kehidupan kita sehari-hari. Manusia dituntut untuk dapat berdapatasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Misalnya, zaman dahulu orang-orang tidak diwajbkan untuk bisa mengoperasikan komputer, beberapa orang yang bisa melakukannya merupakan dari golongan tertentu.

Dengan perkembangan teknologi yang ada, membuat manusia harus bisa beradaptasi dengan keadaan. Terlihat saat ini, kemampuan untuk mengoperasikan komputer merupakan basic skill yang harus bisa dilakukan, khususnya bagi pekerja kantoran.

Bahkan saat ini, pekerjaan yang seharusnya membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya. Kini dapat dilakukan dengan mudah dan di mana saja. Tak sedikit orang-orang saat ini dapat melakukan pekerjaannya tanpa harus keluar rumah atau work from home.

Nah, dari adanya perkembangan dan perubahan tersebut. Pastinya kita harus mempersiapkan diri untuk dapat beradaptasi kedepannya, bukan? Untuk itu, yuk, simak beberapa skill yang dibutuhkan di masa depan berikut!

Sebelum kita masuk kepembahasan mengenai apa saja 10 skill yang dibutuhkan di masa depan, kita bahas dahulu, yuk, apa itu skill dan apa saja jenis skill yang ada.

Skill dalam bahasa Indonesia berarti keahlian, keterampilan, atau kepandaian. Secara istilah skill memiliki arti kecapakapan seseorang dalam melakukan suatu hal. Kecapakan ini mencakup pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan hal-hal operasional.

Sebuah skill bisa didapat, diasah dan dikembangkan melalui pengalaman kerja ataupun pelatihan. Skill merupakan suatu hal yang dapat dan tidak diukur dengan angka misalnya, skill seseorang dalam berbahas Inggris. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dan dinilai melalui tes TOEFL, IELTS, atau TOEIC.

Skill dibagi menjadi dua; hard skill dan soft skill. Lalu apa, sih, bedanya? Berikut penjelasannya.

Soft skill adalah kemampuan yang sulit diukur dengan angka, soft skill lebih cenderung kepada kemampuan sosial, komunikasi, dan kecerdasan yang berciri khas. Dalam melatih soft skill kita tidak melulu harus sekolah atau belajar secara formal.

Soft skill dapat diasah melalui kehidupan sehari-hari misalnya, ketika seseorang aktif sebagai ketua Karang Taruna di lingkungannya tinggal. Kemampuan leadership yang didapat merupakan bentuk soft skill. Selain itu, soft skill juga bisa menjadi pelengkap dari hard skill.

Hard skill sendiri berarti suatu kemampuan atau keterampilan yang spesifik misalnya, kemampuan akuntansi, desain interior, progamming, dan masih banyak lagi. Hard skill dapat dinilai dengan angka dan perlu pelatihan khusus untuk mendapatkannya.

Baca Juga : Hard Skill dan Soft Skill, Apa Bedanya?

Apa Saja Skill yang Dibutuhkan di Masa Depan?

Dari pengertian soft skill dan hard skill di atas, bisa diketahui bahwa memiliki sebuah skill adalah hal yang penting ketika ingin terjun ke dunia kerja. Untuk itu langsung saja simak 10 skill yang dibutuhkan di masa depan berikut.

Baca Juga : Berikut Skill yang Harus dikuasai Sebelum Memulai Karir

1. Leadership

Skill pertama yang harus dimiliki adalah kemampuan dalam memimpin. Salah satu soft skill ini, menuntutmu untuk dapat memimpin, baik diri sendiri ataupun orang lain. Hal yang perlu dilakukan untuk melatih skill leadership adalah dengan memupuk keberanian saat melihat peluang saat muncul kesempatan.

Kemampuan leadership juga menuntut kamu untuk memiliki wawasan yang luas, berpikiran terbuka, berani mengambil resiko, dan memutuskan suatu hal dengan bijak yang berorientasi pada kepentingan bersama.

Baca juga: 7 Digital Skill Yang Dibutuhkan Di Masa Depan, Kamu Wajib Tahu!

2. Teamwork

Teamwork atau kerja sama tim adalah soft skill selanjutnya yang harus kamu miliki di masa depan. Skill ini sangat dibutuhkan saat kamu terjun di dunia kerja secara langsung.

Teamwork menjadi suatu kemampuan yang perlu dikuasai ketika melakukan pekerjaan yang melibatkan banyak orang dengan latar belakang dan karakteristik yang berbeda.

selama ini mungkin kemampuan teamwork kamu sudah terasah dalam kehidupan sehari-hari. Seperti, melakukan kerja sama dalam keluarga untuk bersama-sama membersihkan rumah. Dengan menguasai skill ini, kamu dapat lebih mudah bersaing di masa depan.

Baca Juga : Yuk, Kenali Teamwork dan Pentingnya dalam Dunia Kerja!

Skill Teamwork Berguna untuk Masa Depan (Sumber: Pixabay)

3. Public Speaking

Salah satu soft skill ini terkadang dihindari oleh beberapa orang, khususnya mereka yang merasa malu untuk bicara di depan umum atau menjadi pusat perhatian. Public speaking adalah cara berkomunikasi dalam menyampaikan pesan, informasi, atau memengaruhi khalayak umum atau suatu kelompok.

Kamu bisa melatih kemampuan public speaking dengan memupuk rasa percaya diri terlebih dahulu. Sering-sering berlatih di depan cermin dan membayangkan dirimu sedang berbicara di depan audiens dapat menjadi pilihan.

Baca juga: 11 Cara Agar Public Speaking Bagus Buat Si Pemalu

4. Kreatif

Seseorang dengan soft skill kreatif cukup banyak dicari saat ini, seiring berkembangnya zaman, keterampilan ini akan menjadi modal yang besar dalam dunia kerja di masa depan. Orang kreatif banyak dicari dalam suatu perusahaan karena perannya yang dapat memberikan ide-ide baru.

Kamu dapat melatih kemampuan berpikir kreatifmu dengan banyak-banyak melakukan riset atau berpikir secara out of the box. Dengan melatih pola pikir yang “berbeda” dari orang kebanyakan. Akan memicu munculnya ide-ide baru dalam pikiranmu.

Baca juga: Industri Kreatif Di Indonesia : Pengertian, Jenis, Contoh, Dan Kebijakan Pemerintah

5. Time management

Time management atau kemempuan manajemen waktu menjadi soft skill terakhir yang dibahas dalam artikel ini, sebelum kita masuk pada hard skill yang perlu dimiliki di masa depan.

Skill time management perlu untuk dimiliki karena saat bekerja, pengelolaan dan pembagian waktu adalah hal yang sulit dilakukan. Ketika kita dalam kondisi sibuk pada pekerjaan, terkadang kita sulit untuk mengatur waktu. Apalagi jika ada pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

Skill ini dapat kamu latih dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari, masukan juga waktu kapan kamu bekerja, istirahat, ataupun bermain supaya kehidupan yang dijalani juga seimbang.

Kemampuan Time Management yang Baik. (Sumber: Pixabay)

Baca Juga : Cara Membagi Waktu Kerja dan Usaha

6. Artificial Intelligence

Seiring perkembangan zaman dan teknoogi, terlebih pada penggunaan smartphone. Hal yang di masa depan banyak dibutuhkan tenaganya adalah orang-orang yang memiliki hard skill Artificial Intellligence (AI).

AI atau kecerdasan buatan adalah bidang ilmu komputer yang bertujuan untuk memecahkan masalah kognitif terkait kecerdasan manusia, seperti pemecahan masalah, pengenalan pola, dan pembelajaran.

Skill AI dapat kamu pelajari dengan mengikuti pelatihan atau mengenyam bangku kuliah pada program studi bersangkutan untuk dapat menguasai dan mendapatkan seritifikat atau ijazah kredibel.

7. Manajemen Data

Manajemen data adalah teknologi sistem informasi untuk aktivitas manajerial. Dengan sistem kerja mengelola data perusahaan, supaya dapat memberikan informasi yang diperlukan kepada stakeholder atau pimpinan. Dengan adanya data yang akurat, akan memudahkan optimalisasi dalam pengambilan keputusan bisnis oleh pimpinan.

8. Penggunaan Komputer

Saat ini perangkat komputer sudah menjadi “makanan sehari-hari” dalam aktivitas pekerjaan. Bahkan saat kita pergi ke coffee shop, terkadang terlihat beberapa orang sedang berada di depan laptopnya dan melakukan suatu pekerjaan. Untuk itu salah satu hard skill ini sangat dibutuhkan pada masa ini ataupun masa depan.

Dengan menguasai perangkat komputer dan berbagai apllikasi di dalamnya, akan memudahkan pekerjaan dan menyenangkan perusahaan karena pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien.

Pentingnya Skill Penggunaan Komputer. (Sumber: Pixabay)

9. Riset

Riset menjadi hard skill yang banyak dibutuhkan di masa depan karena kebutuhan perusahaan terhadap berbagai inovasi. Sebelum adanya ide atau inovasi baru dalam perusahaan. Diperlukan riset terlebih dahulu secara mendalam dan matang, untuk memastikan bahwa inovasi yang dilakukan tepat dan sesuai.

10. Analytical Reasoning

Banyak perusahaan yang saat ini mencari tenaga untuk dapat memecahkan suatu masalah yang kompleks dan membantu dalam membuat keputusan yang baik, serta mudah dipahami oleh perusahaan. Analytical Reasoning menjadi salah satu hard skill yang cukup berpengaruh terhadap keputusan yang akan diambil oleh perusahaan. Untuk itu skill ini akan banyak dibutuhkan di masa depan seiring perkembangan teknologi dan informasi.

Itulah 10 skill yang dibutuhkan di masa depan yang dapat menunjang karier kamu atau menentukan skill apa yang ingin kamu pelajari kedepannya. Salah satu skill yang tadi dijelaskan adalah skill public speaking. Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan atau berlatih public speaking. Vocasi menyediakan kursus “Public Speaking Hack”.

Dalam kursus tersebut kamu akan menguasai teknik public speaking dengan baik, memiliki kepercayaan diri, mampu berbicara di depan khalayak umum, dan memahamai cara menarik perhatian audiens. Kamu bisa mengikuti kursusunya di sini.

Baca Juga : Pengertian dan contoh Hard Skill

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *