Tanggal:16 April 2024
Telepon

Telesales: Tugas, Jenis, Kualifikasi dan Skill Yang Dibutuhkan

Telepon

Di era kini, perusahaan besar biasanya memasarkan produknya melalui teknologi komunikasi. Pemasaran bisa dilakukan melalui telepon, platform media sosial, surel, dan juga blast whatsapp.

Tujuannya untuk memasarkan produk atau jasa yang mereka berikan dengan cepat dan juga efektif.

Salah satunya adalah pemasaran melalui telepon, ternyata ada loh! pekerjaan yang fokus dalam penjualan melalui telepon yaitu telesales.

Nah, apakah sobat di sini pernah mendengar apa itu telesales? Nah, artikel ini akan membahas apa itu telesales

Apa itu Telesales?

Telesales adalah orang yang bekerja di bidang pemasaran melalui telepon. Tujuan utama dari telesales adalah mempromosikan secara langsung kepada konsumen tentang apa produk dan layanan yang perusahaan kita berikan.

Selain itu, telesales harus bisa menciptakan hubungan yang baik terhadap pelanggan yang sudah pernah atau belum sama sekali membeli produk atau jasa layanan kita.

Biasanya telesales lebih memahami apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Sebab ia berkomunikasi secara langsung sehingga memahami keluh kesah konsumen. 

Ternyata telesales dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu Outbound Telesales dan juga Inbound Telesales. Selanjutnya akan kita bahas perbedaan keduanya

Apa saja jenis Telesales?

Outbound Telesale

Outbound Telesale merupakan jenis telesales yang memiliki tugas untuk melakukan panggilan keluar yang tertuju langsung kepada pelanggan.

Pekerjaan Outbound Telesales ini biasanya yang menawarkan dan menjelaskan produk yang dijual. Mulai dari fungsinya, kelebihannya, dan juga keunggulan lainnya.

Dengan demikian, Outbound Telesales-lah yang berkewajiban untuk melakukan ajakan kepada pelanggan untuk membeli produk kita.

Inbound Telesales

Inbound Telesales merupakan kebalikan dari Outbound Telesale. Inbound Telesales memiliki tugas untuk menerima telepon masuk dari para pelanggan.

Dapat dikatakan bahwa Inbound Telesales ini adalah Customer Service dari perusahaan.

Bagian inilah yang biasanya menerima keluh kesah dari para pelanggan. Mulai dari permasalahan yang sepele sampai yang kompleks.

Oleh karena itu, Inbound Telesales harus mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh konsumen.

Itulah beberapa jenis Telesales yang ada di sebuah perusahaan. Nah, kira-kira tugas telesales itu apa saja sih? Mari kita bahas jobdesk dari telesales.

Apa saja tugas Telesales?

Direct Sales 

Tugas utama dari seorang telesales adalah direct sales atau biasanya disebut dengan “penjualan secara langsung”.

Dengan menggunakan telepon, seorang telesales dapat secara langsung memasarkan produk perusahaan sampai terjadinya transaksi.

Hal ini dapat meningkatkan penjualan suatu perusahaan secara efektif dan juga minim biaya. Dengan begitu, perusahaan mendapatkan keuntungan lebih dari kinerja seorang telesales.

Order Processing

Selain menawarkan produk secara langsung melalui telepon, seorang telesales juga harus bisa memproses pesanan.

Setelah memberi penawaran dan mencapai kesepakatan, tugas yang harus dilakukan adalah memproses pesanan tersebut sampai transaksi selesai. Telesales harus memastikan data dari pembeli, produk yang dibeli, dan juga tujuan pengiriman produk tersebut ke konsumen.

Jangan sampai terjadi sedikit kesalahan karena hal tersebut dapat membuat kepercayaan konsumen kita goyah dan juga brand image yang akan dianggap buruk.

Customer Service

Tugas yang tak kalah penting bagi seorang telesales adalah memberikan pelayanan yang terbaik melalui telepon. Salah satunya adalah customer service. Biasanya seorang konsumen menghubungi customer service karena adanya masalah atau kesulitan yang dialami.

Dengan begitu, seorang telesales harus bisa memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi konsumen. Jangan sampai konsumen merasa diabaikan karena masalah sepele bisa membuat kepercayaan konsumen menghilang. 

Bagi kalian yang tertarik menjadi seorang telesales, ada beberapa kemampuan dan keahlian (skills) yang kalian harus miliki agar menjadi seorang telesales yang profesional.

Kualifikasi dan Skill yang dibutuhkan Telesales

Beberapa kualifikasi atau kemampuan yang dibutuhkan agar menjadi seorang telesales yang profesional adalah:

  • kemampuan public speaking yang mumpuni;
  • informatif dan komunikatif;
  • fast response;
  • problem solving;
  • pintar membangun relasi; dan
  • mampu bersikap persuasif

Perbedaan Telesales dan juga Telemarketing

Terkadang ada beberapa orang yang keliru dalam membedakan antara Telesales dan juga Telemarketing. Walaupun memang kedua pekerjaan ini mirip, tetapi ada beberapa perbedaan dari kedua pekerjaan ini.

Telesales adalah seseorang yang menjual produk langsung melalui telepon. Kegiatan telesales biasanya mengarah pada konsumen yang potensial; sedangkan telemarketing adalah seseorang yang menentukan konsumen potensial terhadap telesales. Telemarketing berfokus pada informasi layanan, bukan langsung menjual seperti telesales.

Sekian pembahasan kita mengenai telesales. Apabila ada yang berminat untuk menjadi seorang telesales dan ingin meningkatkan skill public speaking.

Kalian bisa mengikuti course Vocasia tentang kiat Sukses Karir Profesional Melalui Komunikasi Publik agar public speaking kalian makin berkualitas. Klik tombol di bawah untuk mengikuti kursus ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *