Tanggal:28 March 2024

6 Tips Mudah Beriklan di Facebook Untuk Pemula

facebook ads

Baca Juga | Kata-Kata Promosi di Facebook yang Menarik untuk Bisnismu

Tahukah kamu? Indonesia menepati nomor 4 pengguna facebook terbanyak di dunia. Menurut data melalui website teknologi bisnis.com Indonesia total pengguna akun facebook pada tahun 2019 sebanyak 120 juta atau 44.94 dari total populasi dan setiap tahunnya posisi itu menaik sampai saat ini. Ini menandakan bahwa kamu mempunyai kesempatan menggunakan aplikasi facebook sebagai wadah tempat promosi yaitu dengan menggunakan fitur facebook advertising yang dimana ini merupakan langkah awal untuk mamasang iklan di facebook, Instagram, messenger. Di Fitur facebook advertising pun saat ini sudah terhubung sebanyak 1,6 miliar orang lohh ini bisa sebagai bentuk promosi produk Anda ke semua pengguna facebook sehingga ini dapat meningkatkan omzet penjualanmu. Dengan aplikasi Pengelola Iklan untuk iOS dan Android, Anda bisa terus memantau kampanye kapan saja dan di mana saja. Anda tetap bisa membuat dan mengedit iklan, melacak kinerjanya, dan mengelola anggaran serta jadwal iklan di mana pun Anda berada.

Baca Juga | Kata – kata Promosi Menarik untuk Bisnis Onlinemu di Instagram

Ilustrasi facebook ads (Techfor.id)

Dengan ini kamu bisa mencoba tips-tips ini sebagai panduan untuk memasang iklan secara mudah.

1. Memilih Tujuan Anda Untuk Memulai Iklan

Ilustrasi laman tujuan (Facebook.com)

Baca Juga | 5 Fungsi Manajeman Operasi pada Bisnis, Optimalkan Pencapaian Perusahaan!

Tujuan ini menentukan fokus yang akan Anda ingin capai. Iklan Facebook ini akan membantu kamu mendapatkan sasaran kampanye atau kategori iklan yang sesuai dengan produk Anda. Ini adalahp pilihan pertama saat kamu membuka laman untuk membuat iklan.

·      Brand Awarness

Meningkatkan ad recall atau kesadaran orang untuk tertarik mengunjungi iklan yang ditampilkan melalui postingan halaman maupun tayangan video.

Baca Juga | 7 Cara Mudah Membangun Brand Sendiri, Dijamin Berhasil!

·      Menampilkan jangkauan

Anda dapat menampilkan iklan sebanyak mungkin tanpa melampaui anggaran dana atau bisa juga memilih hanya untuk menjangkau orang yang berada di sekitar lokasi bisnis Anda.

2. Memilih target pemasaran

Ilustrasi laman target pemirsa (Facebook.com)

Baca Juga | 5 Tips Pasang Iklan di Tokopedia Agar Jumlah Pengunjung Meningkat

Facebook akan menampilkan secara otomatis jika calon pengunjung Di dalam facebook ada 3 macam-macam fitur pemirsa, yaitu:

  • Pemirsa Inti

Menentukan pemirsa berdasarkan kriteria seperti usia, minat, lokasi geografis, dan lain-lain.

  • Pemirsa Khusus

Kembali terhubung dengan orang yang pernah berinteraksi dengan bisnis Anda, baik secara online maupun offline. Misalnya : Daftar kontak, pengunjung situs, pengguna aplikasi.

  • Pemirsa Serupa

 Jangkau orang baru yang minatnya serupa dengan para pelanggan terbaik Anda.

3. Menentukan Penempatan yang Bagus Untuk Memasang Iklan

Ilustrasi laman Penempatan Iklan (Facebook.com)

Baca Juga | 6 Tips Mudah Beriklan di Shopee untuk Kamu yang Baru Memulai Bisnis

Tergantung tujuan yang dipilih saat membuat kampanye, iklan Anda bisa muncul di Facebook, Instagram, Messenger. Mengelola Iklan dikelompokkan berdasarkan cara orang melihat iklan Anda di seluruh platform. Misalnya, orang memiliki pengalaman serupa dengan iklan Stories di Facebook, Instagram, dan Messenger.

4. Menentukan Biaya Iklan

Ilustrasi lama Penetapan Anggaran dan Jadwal (Facebook.com)

Baca Juga | Simak 6 Cara Mudah Memasang Iklan di Bukalapak

Masukan biaya harian atau masa promosi dan periode waktu yang inginkan selama menjalankan iklan. Beberapa jenis iklan tingkat lanjut membutuhkan jumlah belanja minimal agar bisa dijalankan. Anda akan diberi tahu tentang hal ini saat membuatnya. Biaya ini semua bisa anda control secara keseluruhan.

5.  Memilih Format Iklan

Ilustrasi laman Format (Facebook.com)

Baca Juga | Berikut 6 Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Memilih salah satu dari enam format yang telah disediakan oleh facebook secara fleksibel, semuanya dirancang agar berfungsi efektif di semua perangkat dan kecepatan koneksi . Anda bisa mengedit iklan dalam bentu video atau gambar yang dilengkapi caption sesuai produk Anda menjadi sebuah cerita bisnis Anda. Tampilkan bisnis Anda secara menonjol di Facebook, Instagram, Messenger, dengan iklan yang menjangkau konsumen melalui perangkat Anda.

6. Mulai Mengelola Akun

Ilustrasi laman ukur dan Kelola iklan (Facebook.com)

Baca Juga | Simak Yuk 10 Cara Mudah Beriklan di OLX

Setelah selesai terupload, iklan akan masuk ke laman lelang iklan yang akan membantu mengarahkan ke pengguna tepat. Setelah itu Anda dapat melacak kampanye dan mengedit di laman Pengelola Iklan. Track secara berkala apakah iklan yang Anda pasang meningkat atau mungkin sebaliknya menurun jika dibandingkan dengan iklan yang lain. Jika iya Anda bisa mengatur perubahan dan melakukan penyesuaian.

Nah itu semua tips – tips untuk memasang iklan di facebook. Gimana mudah kan? Oh iyaa.. Jangan lupa untuk fokus memposting sesuai target pasarmu agar mereka tertarik dengan produkmu dan mendapatkan peluang lebih besar untuk mereka like, comment dan share postingan Anda.

Baca Juga | Kata – kata Promosi Whatsapp yang Menarik untuk Olshop Anda

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *