Tanggal:23 July 2024

Mengenal Profesi Travel Writer, Ketahui Prospek Dan Skill Yang Harus Dimilikinya

Travel writer merupakan pekerjaan yang identik dengan membuat tulisan yang berdasarkan pengalaman traveling. Apabila kamu memiliki pengalaman travelling dan hobi menulis blog, travel writer adalah salah satu karier yang wajib banget kamu coba. Sebab tak hanya rasa puas karena jalan-jalan mengunjungi destinasi baru, namun kamu juga akan mendapatkan penghasilan yang cukup besar.

Untuk menjadi seorang travel writer, ada banyak aspek yang bisa kamu tulis, lho. Seperti menulis tentang suasana tempat wisata, cara menuju tempat tersebut, keberagaman budaya, kuliner, tempat belanja, dan masih banyak lagi lainnya. Yang perlu diingat, ketika membuat travel writing memerlukan pendekatan yang sedikit berbeda dari tulisan-tulisan pada umumnya.

Nah, apabila kamu tertarik untuk terjun ke dalam bidang pekerjaan ini, yuk ketahui dulu prospek dan skill yang harus dimilikinya, di bawah ini. Simak ya!

Baca juga: Apa Itu Ghost Writer? Berikut Pemahamannya

Apa Itu Travel Writer?

Apa Itu Travel Writer? Sumber: unsplash.com

Pada dasarnya, travel writer adalah pekerjaan jurnalistik yang berkonsentrasi pada berbagai aspek yang ada dalam suatu perjalanan. Sederhananya, travel writer adalah orang yang mengisahkan perjalanan mereka ke berbagai tempat di seluruh dunia.

Umumnya, sebelum pergi ke suatu tempat, travel writer melakukan riset dan memperbanyak informasi di tempat destinasi. Dengan adanya informasi atau pengalaman yang disampaikan para travel writer, masyarakat akan lebih mudah melakukan perjalanan ke sana. Tentunya, hal ini akan sangat membantu para petualang yang mungkin baru pertama kali berkunjung.

Adapun tujuan travel writer adalah sebagai berikut:

  • Menginformasikan budaya atau adat istiadat.
  • Membantu merencanakan travelling.
  • Memperkenalkan destinasi baru.

Baca juga: Mengenal Content Writer, Profesi Penulis yang Paling Dicari

Prospek Kerja Travel Writer

Prospek Kerja Travel Writer. Sumber: istockphoto.com

Salah satu prospek kerja travel writer yang paling umum adalah bekerja untuk sebuah media. Di sana kamu bisa menulis perjalanan yang kamu lakukan di media seperti koran, majalah, atau media online. Biasanya mereka memiliki kanal travel khusus.

Selain itu, kamu juga bisa bekerja untuk sebuah agensi, biro, travel agency, konsultan, dan sebagainya. Tidak jarang travel writer juga diundang khusus oleh pemilik hotel, tempat wisata, restoran, hingga brand transportasi untuk menikmati dan menulis review menarik tentang hal-hal tersebut.

Namun, banyak travel writer memulai kariernya dari sebuah blog perjalanan yang sederhana dan menjadi seorang freelancer. Nah, kamu juga bisa mengikuti langkah tersebut. Tulislah berbagai perjalanan yang pernah kamu lakukan secara menarik dan dilengkapi dengan foto.

Kemudian, kamu bisa upload foto-foto perjalananmu di media sosial dan menyertakan link blog-mu. Dengan begitu, orang lain bisa melihatnya dan mengetahui bahwa kamu adalah seorang travel writer.

Baca juga: Mengenal UX Writer, Profesi Menjanjikan di Era Digital

Skill yang Wajib Dimiliki Travel Writer

Skill yang Wajib Dimiliki Travel Writer. Sumber: istockphoto.com

1. Keberanian

Seorang travel writer tentu akan mencoba berbagai hal baru yang belum pernah dilakukannya. Kamu akan bertemu dengan berbagai macam orang, kuliner, suasana, dan hal-hal baru lainnya. Ada pula kemungkinan untuk kamu menemukan berbagai kendala ketika kamu traveling, terutama jika kamu melakukan solo traveling.

Oleh karena itu, diperlukan keberanian yang tinggi untuk menjadi seorang travel writer. Ada sebuah kutipan populer mengenai traveling, “Let’s get lost.” Kamu harus berani mencoba, berani mengambil risiko, hingga berani tersesat.

2. Mudah Beradaptasi

Sebagai seorang travel writer, kamu akan pergi ke berbagai tempat yang memiliki suasana dan lingkungan yang berbeda. Oleh karena itu, travel writer harus mudah beradaptasi dengan keadaan yang ada. Seorang travel writer harus berupaya untuk menyesuaikan diri dengan tempat yang sedang didatanginya.

3. Komunikatif

Menyambung dari poin sebelumnya, seorang travel writer juga akan bertemu banyak orang. Kamu akan berkomunikasi dengan pemilik tempat wisata, penjaga museum, koki sebuah restoran, dan orang-orang tidak terduga lainnya untuk mendapatkan informasi yang kamu butuhkan.

Untuk itu, skill penting travel writer lainnya adalah komunikasi. Lebih baik lagi jika kamu bisa menggunakan dasar-dasar bahasa daerah atau asing yang digunakan di lokasi tersebut.

Baca juga: Apa itu Copywriter? Profesi Bergengsi dan Kekinian bagi Generasi Milenial

4. Menulis dan Menyampaikan Gagasan

Sesuai nama pekerjaannya, skill yang dibutuhkan travel writer selanjutnya adalah menulis. Kamu harus paham bagaimana cara menulis perjalanan yang baik dan mudah dipahami orang lain.

Biasanya, tulisan perjalanan seorang travel writer lebih sering digunakan sebagai patokan orang lain yang ingin traveling ke tempat tersebut. Oleh karena itu, kamu harus berusaha menyampaikan gagasan dan pengalamanmu tersebut dengan baik.

5. Fotografi

Tidak jarang seorang travel writer harus melakukan perjalanan dan liputan sendiri. Kamu mungkin akan melakukan perjalanan tanpa seorang fotografer, tetapi kamu harus tetap menyertakan foto dalam artikelmu.

Oleh karena itu, penting bagi seorang travel writer untuk mengetahui teknik-teknik dasar fotografi. Atau kamu juga bisa mempelajari teknik fotografi pada smartphone jika kamu tidak mengambil foto menggunakan kamera.

6. Marketing konten

Kemudian, skill yang perlu dikuasai seorang travel writer adalah content marketing atau pemasaran konten. Selama menulis, yang terpenting dalam skill travel writer adalah dapat mempromosikan atau memasarkan tempat yang dikunjungi agar dikenal luas. Umumnya berupa artikel blog, buku, atau penulisan kreatif.

Baca juga: Yuk Mengenal Apa Itu Writer Block Beserta Cara Mengatasinya

Nah, itulah pengertian, prospek, hingga skill yang harus dimiliki oleh seorang travel writer. Apabila kamu berminat untuk menjadi seorang travel writer, kamu harus memenuhi terlebih dahulu skill-skill di atas.

Salah satu hal yang dapat membantumu mendapatkan skill tersebut, bisa dengan mengikuti course online Digital Marketing. Kursus ini akan mengajak kamu bagaimana untuk sukses dengan memasarkan tempat yang kamu kunjungi agar dikenal luas secara digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *