Tanggal:25 April 2024
finance staff adalah

Finance Staff: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Selain akuntan, finance staff adalah sebuah profesi yang bergerak dalam bidang keuangan perusahaan. Oleh sebab itu, ia dituntut untuk memiliki ketelitian yang tinggi karena berhubungan langsung dengan keuangan perusahaan.

finance staff adalah

source: freepik

Namun, apakah finance staff sebatas mengurus keuangan saja? Realitanya, ia punya tugas lain juga, lho. Kira-kira, apa sajakah itu? Jika kamu ingin tahu jawabannya, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Apa itu finance staff?

Finance staff adalah profesi yang bertanggung jawab untuk menangani keuangan sebuah perusahaan. Ia berhubungan dengan pengawasan, penciptaan dan studi keuangan, kredit, investasi, aset, dan liabilitas yang membentuk sistem keuangan sebuah perusahaan.

source: pexels

Atau sederhananya, staf keuangan adalah profesi yang bertanggung jawab terhadap segala aktivitas keuangan. Oleh sebab itu, dalam melakukan tugasnya finance staff harus selalu teliti.

Tugas finance staff

Di perusahaan, finance staff tak bertugas mencatat kondisi finansial perusahaan. Ini merupakan tugas seorang akuntan. Lalu, apa tugas seorang staf keuangan yang sebenarnya? Berikut adalah daftar tugas seorang staf keuangan:

1. Mengumpulkan dana perusahaan

Sebuah perusahaan tentu akan banyak kegiatan operasional yang membutuhkan dana. Untuk itu, dana harus selalu tersedia. Dengan demikian, staf keuangan bertugas untuk mengumpulkan dana perusahaan, baik itu yang bersumber dari pemasukan ataupun juga pinjaman kepada bank.

2. Melakukan pembayaran tagihan

source: pexels

Tugas finance staff yang kedua adalah melakukan eksekusi pembayaran tagihan. Perusahaan tentu wajib membayar pajak. Selain itu, gaji karyawan dan tagihan-tagihan lain juga harus dipenuhi.

Nah, seorang staf keuangan bertanggung jawab melakukan eksekusi pembayaran tagihan tersebut. Selain itu, mereka juga menangani berbagai dokumen administrasi yang terkait dengan pelunasannya.

3. Memastikan keakuratan laporan keuangan

Perusahaan pastinya punya sebuah neraca atau laporan keuangan. Untuk itu, staf keuangan adalah orang yang bertanggung jawab memverifikasi kebenarannya.

Ketika ada angka yang kurang wajar, mereka juga akan melakukan investigasi. Dengan demikian, laporan keuangan menggambarkan keadaan perusahaan yang sebenarnya.

4. Membuat anggaran dan analisis

source: pexels

Staf keuangan juga membuat anggaran (budgeting) dan analisis neraca perusahaan. Mereka akan diminta untuk menekan budget, namun mendatangkan keuntungan yang besar.

Kemudian, rencana budget itu dilaporkan kepada para petinggi perusahaan. Walaupun keputusan ada di tangan petinggi-petinggi ini, mereka tetap membutuhkan saran staf keuangan yang ahli dalam bidangnya. Pasalnya, tidak semua jajaran petinggi mengetahui risiko keuangan perusahaan. Untuk itulah finance staff bisa membantu mereka memahami semua ini.

5. Mengurus surat berharga perusahaan

source: pexels

Tugas staf keuangan yang terakhir adalah mengurus surat berharga perusahaan. Jika berada di posisi ini, kamu akan sering dilibatkan dalam pengurusan surat berharga perusahaan. Biasanya kamu akan mencatat, mengecek aktivitas modal kas kembali, sampai menyimpan surat berharga sesuai kebijakan.

Skill apa saja yang harus dikuasai oleh finance staff?

Setelah mengetahui beberapa tugas yang harus diemban oleh profesi ini, sekarang mari kita bahas apa saja skill yang harus dikuasai oleh staf keuangan.

1. Akuntansi

Secara umum, dunia keuangan selalu membutuhkan keterampilan akuntansi. Nah, jika kamu ingin menjadi staff finance, akuntansi akan menjadi keterampilan paling dasar yang wajib kamu kuasai.

source: pexels

Terlebih lagi, dalam melakukan tugas kamu akan memverifikasi laporan keuangan. Untuk itu, secara otomatis ilmu akuntansi harus kamu kuasai. Akan lebih baik lagi jika kamu punya sertifikat resminya.

2. Matematika dan ilmu statistika

finance staff adalah

source: pexels

Karena kamu akan bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan perusahaan, tentunya kemampuan matematika, utamanya statistika dan persamaan adalah keterampilan yang tak kalah penting. Skill matematika dan statiska ini akan membantu kamu dalam melakukan berbagai analisis keuangan.

3. Microsoft Excel

Dalam mengemban tugasnya, finance staff biasanya menggunakan Microsoft Excel. Di era sekarang, laporan keuangan ditulis dalam dokumen ini. Itulah mengapa skill ini sangat dibutuhkan. Jika tak mampu menggunakan software ini, staf keuangan bisa kesulitan bekerja.

Setidaknya staf keuangan harus mampu menguasai tiga rumus Excel berikut:

  • Tabel pivot
  • VLOOKUP
  • Rumus IF

4. Analisis

Seorang staf keuangan juga harus mampu menganalisis. Ia harus mampu menginvestigasi suatu masalah yang berhubungan dengan keuangan dan mencari solusi ideal atas masalah tersebut.

Itu dia pembahasan seputar profesi finance staff. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk meniti karier di bidang ini? Komen di bawah, ya!

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *