Tanggal:18 April 2024
Rawpixel.com

Tutorial Cara Mendesain Ikon

Merancang ikon yang efektif adalah tantangan yang unik. Baik itu ikon tunggal atau kumpulan ikon untuk digunakan dalam UI, karya desain grafis, atau ikon aplikasi mandiri.

Baca Juga | 7 Software Desain Grafis Gratis Terbaik Di 2022

Pengertian Icon Design

Desain ikon adalah gambar kecil yang mewakili suatu objek atau program. Ikon adalah gambar sederhana yang digunakan dalam konteks untuk mengkomunikasikan sesuatu. Mereka sangat berguna dalam aplikasi yang menggunakan windows karena dengan mengklik tombol mouse Anda dapat mengecilkan seluruh jendela menjadi ikon kecil. Mereka mudah dikenali dan mudah diingat. Ikon adalah fitur utama antarmuka pengguna grafis. Asal usul namanya menarik. Itu berasal dari bahasa Yunani (“eikona”), yang berarti “gambar”, yang pada gilirannya berasal dari eikénai (sebuah infinitive), yang berarti “menjadi serupa”, “tampil.” Kata itu digunakan pertama kali untuk menunjukkan representasi suci yang dilukis di atas meja. Ikon digital muncul ketika sistem operasi GUI pertama keluar, seperti Macintosh dan Microsoft. Program atau file, yang dapat dibuka dengan mengklik dua kali pada ikon.

Baca Juga | 10 Tools Penting yang Wajib Kamu Kuasai Saat Belajar Adobe Illustrator

Langkah-langkah Mendesain Ikon

Manfaatkan Grid

Pilihlah fondasi desain ikon Anda dengan benar menggunakan icon sebanyak yang Anda bisa; ini berlaku untuk fase sketsa dan pekerjaan digital yang Anda lakukan di layar. Ambil buku sketsa dengan icon atau temukan beberapa templat kisi titik yang dapat dicetak untuk membantu Anda menjelajahi ide ikon dengan kontrol yang lebih baik atas keseimbangan dan struktur desain Anda.

Ketika menyusun ikon digital Anda, icon dan templat ikon dapat membantu Anda menyusun desain Anda. Google menawarkan template icon desain ikon gratis untuk Adobe Illustrator di situs mini Desain Material mereka.

Menggunakan pixel grid (seperti yang disertakan dalam Template Desain Ikon Google) dengan opsi ‘Snap to Grid’ atau ‘Snap to Pixel’ di dalam Illustrator akan membantu memastikan bahwa garis dan bentuk Anda ditampilkan lebih baik pada ukuran yang lebih kecil. Garis dan bentuk harus memenuhi seluruh kotak pada kisi piksel Anda sehingga detailnya tetap pada skala.

Gunakan Geometri Sederhana

Ikon  mewakili objek, action, atau ide dengan cara yang paling sederhana. Detail dan bentuk yang rumit akan hilang pada ukuran yang lebih kecil, jadi selalu ada baiknya untuk menyusun semua ikon Anda dengan bentuk geometris dasar.

Semakin kecil sebuah ikon, semakin sederhana geometri keseluruhannya. Semakin sedikit garis dan bentuk yang dapat Anda gunakan untuk mewakili ide yang sama, semakin baik.

Fokus pada Konsistensi

Ikon yang sukses bekerja dengan baik dengan sendirinya, tetapi juga harus menjadi pemain tim yang baik! Jika Anda mendesain sekumpulan ikon, harus ada hubungan visual yang jelas antara setiap ikon yang Anda buat; ini berarti menempel pada karakter yang serupa, menggunakan lebar goresan yang sama dan bobot visual yang konsisten, penyelarasan elemen, dan spasi di seluruh. Anda masih dapat menambahkan banyak variasi ke ikon Anda, tentu saja, tetapi memiliki aturan tentang seberapa tebal garis Anda, berapa banyak warna atau nada yang akan Anda gunakan, seberapa bulat sudut Anda, dll. semuanya membantu Anda untuk menentukan gaya yang dapat dibawa ke beberapa ikon.

Ikon yang hebat juga akan menjadi perpanjangan dari merek atau proyek tempat mereka dirancang juga, dengan mempertimbangkan isyarat desain atau identitas merek yang ada sehingga ikon tidak hanya konsisten satu sama lain, tetapi juga ekosistem yang lebih luas yang digunakannya di poin ini terutama benar jika Anda mendesain ikon solo atau ikon aplikasi.

Jangan ragu

Memadatkan ide atau tindakan rumit menjadi satu ikon kecil sangat sulit, terutama jika Anda mencoba membuat sesuatu yang unik untuk hal lain di luar sana, tetapi lebih sering daripada tidak, lebih masuk akal untuk langsung menggunakan simbologi atau metafora standar yang paling jelas daripada mempertaruhkan sesuatu yang lebih unik dan memiliki potensi membingungkan orang lebih tinggi.

Setelah Anda merasa nyaman dengan kemampuan Anda, Anda akan lebih mengeksplorasi lebih banyak metafora abstrak dan kreatif dan mungkin sedikit lebih menarik secara visual, tetapi juga sedikit lebih abstrak.

Anda malah dapat membuat ikon Anda unik dengan hiasan dan gaya visual Anda sendiri; ingat bahwa simbol inti itu sendiri tidak harus benar-benar unik, dan cara Anda menyelesaikan dan menghias ikon Anda bisa menjadi tempat Anda melenturkan otot desain Anda.

Ukuran Dengan Mata Anda

Saat Anda membuat sekumpulan ikon, Anda mungkin berpikir bahwa semua ikon Anda harus memiliki tinggi dan lebar yang sama, tetapi itu jarang terjadi, dan untuk alasan yang sangat bagus. Anda memang ingin kanvas ikon Anda sama di seluruh set Anda, tetapi seberapa banyak ruang yang digunakan ikon Anda secara visual lebih penting daripada memastikan tinggi dan lebar yang lebih akurat secara matematis. Tentu saja Anda ingin menggunakan sebanyak mungkin kanvas persegi Anda, tetapi bentuk yang berbeda membutuhkan lebih banyak ruang ‘secara visual’ daripada yang lain.

Baca Juga | Tutorial Flat Design Long Shadow Menggunakan Adobe Illustrator

autocad
adobe illustrator
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *