Marketing Automation adalah kegiatan marketing yang dipadukan dengan pemanfaatn teknologi.
Manfaat utama dari marketing automation adalah untuk menyelaraskan, mengotomatisasi, serta mengukur performa dari seluruh kegiatan dan proses marketing dalam bisnis secara lebih khusus dan luas.
Keunggulan dari marketing automation sendiri yaitu perusahaan mampu menambah keuntungan dengan cara meningkatkan efektivitas dan efisiensi seluruh kegiatan dan proses pemasaran pada bisnis. Tidak hanya itu, marketing automation juga bisa diimplementasikan di berbagai macam aspek selama berbasis digital.
1. Online shop
Tak jarang pengunjung toko online memasukan produk pada wishlist atau daftar belanjar mereka namun tidak segera melakukan pembayaran
Dengan mamanfaatkan marketing automation, system akan otomatis memberikan pengingat kepada pelanggan untuk melanjutkan proses pembeliannya.
Biasanya pengunjung akan menerima pesan melalui sms, email, notifikasi dari aplikasi atau website toko online tersebut
Tidak hanya itu, notifikasi baru mengenai produk baru juga akan terkirim secara otomatis kepada pelanggan.
2. Game
Seorang pemain game yang sudah bermain satu game dengan waktu yang cukup lama biasanya akan mendapatkan notifikasi penawaran item pada game tersebut.
Marketin automation akan segera menyadari hal tersebut dan akan segera meresponnya dnegan memberikan penawaran item dengan murah atau bahkan diberikan secara cuma-cuma alias gratis. Walaupun gratis, pihak game biasanya akan memberikan syarat khusus seperti misalnya wajib memposting game tersebut ke social media seperti facebook atau twitter.
Hal tersebut secara tidak langsung merupakan kegiatan marketing terhadap aplikasi game tersebut.
Dari dua contoh di atas menggambarkan bagaimana peran penting dari marketing automation. Kamu bisa juga mempelajari marketing automation lebih lanjut dengan mendaftar kursus di Vocasia.