FAQ

Apa yang ingin kamu ketahui ?

Temukan jawabannya disini
Akun
  • Kamu bisa mendaftar dengan mengunjungi website Vocasia.
    1. Pada halaman awal, Kamu bisa klik tombol Daftar pada sudut kanan atas.
    2. Lalu isi form pendaftaran, pastikan email yang kamu daftarkan aktif, setelah selesai silahkan klik tombol Daftar dibawahnya.
  • Kamu bisa mengganti nama profil dengan masuk pada halaman utama setelah login.
    1. Klik icon/gambar profil pada navigasi paling kanan atas.
    2. Pilih menu profil pengguna.
    3. Silahkan ganti dengan merubah data pada formulir yang ada seperti first name dan last name.
    Perlu diingat bahwa nama profilmu akan tertera pada sertifikat yang akan kamu dapatkan. Sertifikat yang sudah diterbitkan tidak akan bisa diganti kembali namanya, jadi pergantian nama sertifikat hanya berlaku untuk sertifikat yang akan didapatkan.
  • Vocasia dapat diakses melalui smartphone dan laptop. Kamu dapat mengakses akun Vocasia mu secara bersamaan.
  • Beberapa kemungkinan yang ada meliputi :
    1. Email yang kamu masukkan tidak terdaftar di Vocasia. Apabila lupa email yang kamu daftarkan di Vocasia, kamu bisa menghubungi kami untuk di proses.
    2. Kata sandi / password yang kamu masukkan salah. Apabila kamu lupa password, kamu bisa mengikuti petunjuk pengubahan / reset password.
    Apabila kamu mengalami kendala selain yang disebutkan diatas, kamu bisa menghubungi kami.
    1. Buka halaman website atau aplikasi Vocasia.
    2. Tekan tombol Masuk.
    3. Masukkan email dan password kamu.
    4. Tekan tombol masuk.
  • Kamu dapat atur ulang / reset password dengan cara:
    1. Tekan tombol "lupa password" pada halaman masuk/login.
    2. Masukkan email kamu yang telah terdaftar pada Vocasia.
    3. Tekan tombol "Atur ulang kata sandi".
    4. Ikuti langkah yang telah dikirimkan pada email kamu.
  • Kamu dapat mengganti password akun dengan cara:
    1. Klik foto profil di kanan atas pada halaman utama Vocasia, lalu klik Profil Pengguna.
    2. Pilih dan klik tab "Akun" dari 3 menu dibawah foto profil.
    3. Isikan password kamu sebelum diganti dan isikan password kamu yang baru pada formulir lalu klik tombol "Simpan".
Membeli kursus di Vocasia
    1. Buka portal vocasia https://vocasia.id
    2. Membuat akun Vocasia
    3. Pilih kursus yang diinginkan
    4. Klik opsi “Miliki Sekarang”
    5. Setelah klik Miliki Sekarang, akan masuk ke menu checkout, lalu klik “Continue”
    6. Selanjutnya akan masuk pada menu Metode Pembayaran, pilih metode pembayaran
    7. Lalu klik Pay Now
    8. Setelah melakukan pembayaran, cek di menu “Kursus saya”
    9. Enjoy the course!
  • Pembayaran pembelian kursus di Vocasia dapat dilakukan dengan Debit Card (VISA, MasterCard, JCB), Transfer Bank (ATM Bersama, Prima, dan Alto), dan melalui Gopay.
  • Kamu dapat menghubungi tim layanan Vocasia baik melalui instagram @vocasia, atau bisa hubungi customer kami di +62 822 1111 0086 dan kamu bisa jelaskan mengenai detail kesalahan pembayaran. Sertakan juga informasi-informasi berikut.
    1. Kode invoice transaksi pembayaran yang dilakukan.
    2. Email yang kamu daftarkan di Vocasia.
    3. Nomor telepon.
    4. Bukti pembayaran jika sudah membayar (dengan nomor virtual account jika transfer melalui bank).
    5. Informasi lain yang sekiranya dibutuhkan.
  • Masukkan kode voucher yang kamu miliki pada halaman detail kursus dengan menekan tombol "Tukar Kupon". Apabila kode voucher yang kamu gunakan valid, nominal yang harus kamu bayarkan akan otomatis terpotong dari harga awal.
  • Kamu bisa membeli dengan jumlah lebih dari satu kursus dengan cara menambahkan ke dalam keranjang belanja, lalu pembelian dilakukan dari menu keranjang belanja.
  • Pastikan user Vocasia yang digunakan sama dengan user saat membeli kursusnya
Kursus
  • Terdapat beragam kategori kursus berdasarkan materi yang disampaikan. Tidak hanya materi mengenai pengetahuan teknis, Vocasia juga menyediakan kursus-kursus untuk melatih soft skill kamu. Info lebih lengkap mengenai kategori-kategori kursus dapat kamu lihat di laman Kategori.
  • Dalam satu course yang kamu beli, kamu bisa mempelajari materi-materi yang disediakan dalam bentuk dokumen ataupun video. Setelah itu, kamu bisa mengerjakan kuis, dan pre-exam untuk menguji pemahaman kamu dan exam untuk mendapatkan sertifikat kelulusan.
  • Setelah melakukan pembayaran Kamu dapat mendaptakan materi kursus melalui halaman Kursus Saya yang dapat diakses pada bar bagian atas. Di dalam menu tersebut, kamu dapat melihat daftar kursus yang kamu ikuti beserta masing-masing progress dari kursus tersebut.
  • Kamu dapat mengetahui kursus apa saja yang pernah, sedang, dan akan/harus kamu ikuti dengan mengunjungi laman "Kursus Saya" yang dapat diakses pada bar bagian atas. Di dalam menu tersebut, kamu dapat melihat daftar kursus yang kamu ikuti beserta masing-masing progress dari kursus tersebut.
  • Materi pembelajaran yang ada di Vocasia tidak dapat diunduh.
  • Pembelajaran melalui video, sehingga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.
  • Tidak ada batas waktu, Kamu dapat mengakses materi selamanya.
  • Pastikan user Vocasia yang digunakan sama persis dengan user saat membeli kursusnya.
Sertifikat
    1. Selesaikan seluruh rangkaian kursus berupa materi pembelajaran dan tes yang tersedia (statusnya sudah 100%)
    2. Download sertifikat Anda pada halaman belajar. Sertifikat akan tersaji dalam bentuk .pdf dalam akun Vocasia Anda
  • Kamu tidak bisa mengganti nama pada sertifikat yang sudah kamu dapatkan. Namun, kamu dapat mengganti nama yang dicantumkan di sertifikat yang akan kamu dapatkan dengan melakukan langkah-langkah penggantian nama profil untuk memastikan nantinya nama yang kamu inginkan tertera di sertifikat sudah sesuai.
  • Silahkan hubungi Customer Care Vocasia melalui email support@vocasia.id atau WA di nomor +62 822 1111 0086 dengan menyertakan screenshot.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maximal untuk dowload sertifikat disarankan menggunakan komputer / laptop.
Refund
  • Bisa, namun proses ini hanya berlaku untuk kondisi:
    1. Pembayaran untuk satu kursus sudah terverifikasi dengan dua atau lebih invoice. Refund akan diberikan hanya untuk satu invoice.
    2. Salah memasukkan nominal transfer, dengan transfer uang lebih banyak dari yang seharusnya perlu dibayar.
    1. Anda dapat mengajukan pengembalian dana (refund) dengan cara menghubungi Vocasia melalui email support@vocasia.id dengan subjek REQ_REFUND
    2. Lampirkan bukti transaksi seperti Nomor invoice, bukti transfer, serta alasan mengapa refund dilakukan
    3. Vocasia akan mengkaji permintaan pengembalian dana berdasarkan kebijakan pengembalian dana yang telah ditentukan