Dengan berkembangnya kemajuan industri teknologi, tidak aneh kalau banyak sekali orang yang minat dengan pekerjaan di dunia media digital. Beberapa contoh profesinya adalah Social Media Specialist, SEO, Marketing, dan masih banyak lagi. Kali ini, kita akan membahas digital media planner dan tugas-tugasnya.
Apa sih yang dimaksud dari digital media planner? Dapat disimpulkan bahwa mereka adalah seseorang yang mengatur dan mengurus kampanye. Mereka juga bertugas untuk beberapa tugas lainnya yang berkaitan dengan campaign yang berlangsung. Yuk kita lihat tugas-tugas berikutnya!
1. Analisis Data
Tugas pertama yang dikerjakan oleh digital media planner adalah menganalisis data. Data yang dianalisis sendiri adalah data-data yang berkaitan dengan kampanye yang akan dilakukan. Dengan data yang sudah dianalisis, mereka akan mendapatkan kelebihan dan kekurangan dari setiap medianya!
2. Analisis Media
Setelah dilakukan analisis data, saatnya analisis media. Mereka harus memastikan media yang mereka sudah analisis memiliki tujuan yang sama dengan kampanye.
3. Membuat Strategi Campaign
Langkah berikutnya adalah membuat strategi kampanye yang akan dibuat. Tetapi, banyak divisi kok yang menghandle tugas ini!
4. Evaluasi Campaign Plan
Setelah membuat strategi kampanye, kamu harus langsung mengevaluasi strategi kampanye yang telah dibuat. Pastikan hasil strategi evaluasi itu sudah final dan tidak diubah-ubah lagi.
5. Negotiation
Kalau kamu ingin menjadi digital media planner, harus bisa negosiasi! Dengan negosiasi berlangsung saat akan mengirimkan proposal kampanye,
6. Campaign Evaluation
Setelah melakukan semua tahap-tahap di atas, saatnya evaluasi kampanye yang sudah berjalan. Kamu harus memastikan bahwa kampanye itu efektif dan mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dari awal hingga evaluasi yang diterapkan.
Leave a Reply